Give Away

Lamunan Gaji Pertama Magang Sewaktu Tes di PT Keju

November 20, 2013

Siapa sih yang engga inget sama hal-hal yang berbau pertama, mulai dari cinta pertama, pacar pertama, mantan pertama *Ea galau* terus laptop pertama, dan semua hal yang baru bisa kita rasain pertama kali pasti akan selalu diingat. Termasuk juga yang namanya gaji pertama. Aku sih sebenernya seorang mahasiswa semester 5 sebuah politeknik swasta di daerah Sunter. Bisa dibilang kampusku lumayan diberi kemudahan dalam menyalurkan anak didiknya ke lapangan pekerjaan. Secara kampusku dibawah naungan sebuah grup perusahaan besar di Indonesia. Tadi siang aja, aku baru mengikuti tes magang di salah satu perusahaannya, sebut saja PT. Keju (Baca : CIST). Tentunya ada surat pendfataran yang mana tertulis pertanyaan mengenai keinginan pemberian gaji dan besarnya. Oalah ko sudah bahas gaji yo, wong lolos masuk aja belum tentu, toh ngelamarnya juga buat magang biar bisa bikin TA bukan ngelamar buat kerja disana. Tapi apa mau dikata lah udah ditanya berarti kita harus bisa jawab toh… hehe

Akhirnya aku merenung sejenak, kira-kira nanti aku pengen dapet gaji berapa dan buat apa ya? itulah yang terbersit langsung dibenakku. Kalau dulu sewaktu aku jadi salah satu volunteer di sebuah surat kabar nasional aku dapetnya gak tentu, kadang uang, kadang tiket nonton, voucher buku, voucher makan dan lainnya yang bersifat hiburan. Tapi kali ini uang men beda sama yang kemaren…. Akhirnya aku berfikir yang lebih *sok* bijak lagi… Apa ya kebutuhan yang aku perlu pas magang, terutama magang di PT. Keju itu. Ya seperti pada anak perantauan lainnya, kalo pas magang dan mendapatkan uang ada rasa bangga, langsung pengen berbagi terutama kepada orang tua buat nunjukkin “Ini loh buk, pak, anakmu udah magang bisa kerja sendiri… sekarang ndak usah ngirimin aku lagi ya, malah aku mau ngirimin ibuk duit buat tambah-tambahan belanja“. Nah berarti gajiku nanti setidaknya bisa membantu biaya hidupku yang notabene memang sudah mendapat beasiswa dari kampus dan bisa ngirimin orang rumah uang seadanya.

Terus kalo aku magang di PT Keju yang bisa dibilang besar itu, tentunya aku perlu sedikit perubahan penampilan *Ea* alias perlu uang untuk sedikit bebenah diri. Biasanya dikampus pake baju apapun gak keliatan soalnya ditutupin pake seragam “biru” tapi kalo magang disana aku harus pake baju bebas. Nah bajunya gak boleh sembarangan dong harus yang rapi dan bagus dong. Jadi uangnya harus bisa dipake buat beli baju paling gak 1-3 baju sebulan biar bisa ganti-ganti. Terus gak ketinggalan sepatu, kalo dikampus biasanya pake sepatu sport yang udah belel banget tapi aku cinta mati sama dia atu sepatu karet yang enak banget dipake apalagi pas ujan tapi kali ini gak boleh dong. Masa’ nanti pas rapat bareng yang lain sepatuku dari karet ati udah belel. Ya harus bisa toleransi jugalah sama temen-temenya biar sama *alasan*. Oke berarti uangnya harus bisa dibuat paling gak 2 flatshoes lah tapi belinya di gaji pertama aja lah kan nantinya awet.

Terus apalagi ya yang kira-kira aku perlu? kayaknya udah deh… Gaji pertama magang, pengennya dipake buat ngirimin si mbok, beli sepatu sam baju. Heum kayaknya konsumtif banget tapi gak apalah toh jarang-jarang dan pertama kali yeeee… Atau biar gak terlalu konsumtif gaji pertama magang dipake buat benerin printer yang emang diperlukan pas nanti nyusun TA…ย  Wuih semoga aja bisa nyisa… Setelah menimbang dan memikirkan *etdah* aku tulis lah angka yang aku pengenin. Ya engga ngerti itu sesuai ato engga tapi kan aku udah memperhitungkan… hihi… Bayangin aja kayaknya enak banget ya apalgi kalo udah dapet ya… Belum lagi gaji pertama pas kerja… Wah bisa jadi lebih banyak list belanjaan yang bakal aku beli heheh… Tapi baiknya sih mendahulukan infaq biar rejekinya berkah… *duh sok bijak* ^_^… Yah itulah sedikit cerita tentang impian gaji pertama magangku… Bagaimana denganmu?

Tulisan ini diikutsertakan dalam Giveaway Berbagi Inspirasi First Salary yang diadakan Wamubutabi

Let's write your opinion

%d bloggers like this: