Curhat | Essay

Sumpah Pemuda Masa Kini

November 20, 2013

Ya, pemuda diibaratkan tulang punggung suatu negara dimana ia akan menopang bangsanya kedepan yang jika patah maka akan menghancurkan negara tersebut. Sebegitu pentingnya sampai Ir. Soekarno sebagai Proklamator dan Presiden pertama Indonesia mengatakan “Beri aku 10 pemuda, maka akan kuguncang dunia”

Namun apa yang terjadi pada pemuda di jaman globalisasi saat ini?  Secara tidak sadar mereka “dijajah” kembali oleh bangsa lain. Masuknya budaya asing memang menambah keanekaragaman budaya bangsa ini. Namun pemuda sebagai agen perubahan kurang dapat menyeleksi budaya-budaya tersebut sehingga dengan serta merta menyerapnya yang berakibat lunturnya rasa cinta tanah air.

Misalnya saja K-POP, buikan maksud untuk menjelekkan karena saya sendiri juga suka terutama Drama-K nya. Namun disini yang dilihat adalah banyaknya konser artis Korea yang dengan mudah tiket laris manis terjual. Hal ini membuat promotor terus menerus melaksanakan konser lagi dan lagi. Berbeda dengan pameran budaya atau pertunjukan kesenian tradisional yang terkadang dilaksanakan secara gratis masih saja sepi pengunjung.

Belum lagi, permasalahan pemuda yang diramaikan dengan pesta narkoba, minuman keras, dan tawuran menjadi perusak moral dan boomerang pemecah persatuan dan kesatuan Indonesia. Dengan bangsa sendiri saja tidak akur, lalu akan seperti apa jikat tiba-tiba penjajah yang sebenarnya datang? mereka dengan mudah terpecah kembali.

Nah, sudah saatnya kita melakukan pembaharuan. Tidak perlu berkoar-koar melakukan demonstrasi menyalahkan pemerintah yang memang sudah buruk dan carut marut. Yang dibutuhkan adalah tindakan nyata pemuda untuk bersatu melakukan kegiatan positif dilingkungannya. Menghidupkan kembali karang taruna di tempatnya untuk melakukan kegiatan yang bermanfaat seperti mengajar, membuat perpustakaan, berwirausaha atau mengadakan kerja sosial lainnya. Hal – hal kecil sepert ini jika dilakukan serentak di seluruh Indonesia maka dampaknya akan sangat terasa.

Jadi sumpah pemuda saya saat ini adalah “Menjadi pemuda yang lebih bermanfaat bagi masyarakat sekitar dan menularkan semangat ini kepada pemuda lainnya”

Salam Pemuda.

Let's write your opinion

%d bloggers like this: