Self Reflection

Tidak Hanya Kreatif Tapi Juga Inisiatif

November 26, 2013

Assalamualaikum Warrahmatullahi Wabrrakatu…

Kreatif dan Inisiatif

Kata-kata ini aku dengar sewaktu penjelasan pembekalan magang yang disampaikan oleh Sekretaris Prodi, mas Radix Rascalia. Yak, hari itu kita sekelas diberi sedikit tips dan trik ketika nanti menjalankan praktek kerja industri dan pengerjaan projek Tugas Akhir. Nah salah satu poin yang harus dimiliki mahasiwa selama magang adalah KREATIF dan INISIATIF..

Kalo biasanya kan kreasi, inovasi de el el… namun ini kok pake inisiatif yah? Lalu aku berfikir sejenak dan mengingat pembicaraan bersama salah satu teman yang sudah bekerja sebagai HRD disebuah perusahaan mengenai Generasi W(baca :Way). Kata dia generasi seperti ini memiliki tingkat kreatifitas yang sangat tinggi seiring pemanfaatan teknologi yang diserap secara maksimal. Sehingga generasi ini kadang lebih suka disibukkan di depan komputer dan gadget masing-masing ketimbang bercengkrama dengan orang lain. Oleh karena itu mereka cenderung lebih suka bekerja secara personal. Terus hubungannya apa dengan inisiatif?

Ya seperti yang kita ketahui bahwa kadang seseorang tidak bertindak jika tidak mendapat perintah. Mereka seolah acuh terhadap permasalahan yang ada karena mereka sekali lagi, malas terlibat seuatu hal yang tidak bekenaan terhadapa dirinya. Mereka hanya mengurusi persoalannya sendiri dengan caranya sendiri. Nah itulah permasalahannya. Jika seseorang dapat memecahkan permasalahannya sendiri memang suatu hal yang bagus karen aberarti mereka berfikir kreatif namun sikap acuh yang dimiliki itulah yang seharusnya diubah. Mereka seharusnya juga peka terhadapa permasalahan yang ada untukj segera mengatasinya tanpa harus diperintah terlebih dahulu.

Jadi saat ini di kalangan industri ataupun perusahaan, mereka kehilangan sosok karyawan yang semangat untuk mengembangkan sesuatu atau memecahkan permasalahan melalui ide yang mereka implementasikan. mereka masih menunggu tuntutan dari atasan baru dikerjakan. Dari situlah muncul kriteria kreatif dan inisiatif, harapannya selain mereka memiliki kemampuan tetapi mereka juga langsung mempraktikan atau mengerjakannya tanpa disuruh terlebih dahulu. Itulah sedikit penjelasan menurutku tentang kriteria karyawan yang harus kreatif dan inisiatif.

Semangat Berkarya !!!

Wassalamualaikum Warrahmtullahi Wabarrakatu

kei tral

  1. betul banyak yang bilang karyawan Indonesia itu kayak robot baru bergerak kalau disuruh , gak aad inisiatif

    1. hahaha tidak tidak ka roos .. ini tulisan tahun 2014 pas otak masih encer2nya soalnya masih kuliah hahahha

  2. uhuk..kalo menurut saya..kurang inisiatif karena dulu terlalu banyak dilarang dan selalu disuruh ama orangtua/gurunya..kurang diberi kebebbasan berekspresi

Let's write your opinion

%d bloggers like this: