Give Away

Gak Pake Gadget Seharian Bahkan Lebih, Siapa Takut?!

November 27, 2013

Dewasa ini, gadget menjadi sebuah kebutuhan yang harus ada bagi setip orang. Bisa dibilang gadget merupakan gaya hidup seseorang. Tapi sebenernya gadget itu apa sih??? menurutkuku  gadget merupakan alat elektronika yang berfungsi sebagai penghubung atau interaksi antar seseorang yang berukuran kecil dan portable alias mudah dibawa kemana-mana. Terus contoh gadget itu sendiri apa aja ya?? Em bisa aja handphone atau lebih ke smartphone sih seperti BB, Iphone, Ipad, PDA, Laptop, Tablet, dll…. Nah tentunya kita yang sekarang hidup di jaman modern susah tuh kalo enggak pake piranti-piranti tersebut. Kadang jarak deket aja ngomongnya lewat Hape via Whastapp, tuh kan jadi aneh, kenapa engga disamperin  terus ngomong langsung… Hadeeeeh….. Mentang2 dunia udah canggih bikin mager *males gerak* aja cuma jari doang yang gerak.

150fc5ef835db204a17756543717f2fa_tablet_group_test_206pca_206_photoshoot-212-300x200
Contoh Gadget
Diambil dari google.com

Efek kesehatan dari ketergantungan gadget seharusnya bisa menjadi pertimbangan untuk tidak terus menerus memakai gadget seharian penuh. Bahkan ada kasus seorang anak yang terlihat sehat tiba-tiba divonis terkena kanker otak. Ternyata dia seringmeletakkan  HP di dekat bantal dengan kondisi paket data di aktifkan. Hal itulah yang menyebabkan radiasi  langsung mengenai kepalanya. Duh ngeri banget kan kalo sampe kayak gitu. Efek lainnya, seperti mata cepat lelah, terus yang sering naruh laptop diatas paha tanpa alas hati-hati kena kanker kulit akibat panas yang dikeluarkan laptop, dan masih banyak lagi.

Untuk itu seharusnya kita harus bisa mengatur pemakaian gadget secara bijak. Kalo bisa nih kita mencanangkan “Sehari Tanpa Gadget” ya seperti mobil aja ada “Car Free Day” jadi enggak masalah dong untuk bisa melakukan itu. Lantas kita dapat mengisi hari tersebut dengan berbagai kegiatan  seperti :

1. Olah raga, di Weekend kita bisa bangun pagi-pagi lalu jogging di taman kota. Di sana kita bisa menyegarkan badan dan sekalian berinteraksi langsung dengan orang lain tanpa melalui gadget.

stock-photo-young-athletes-running-group-of-people-jogging-outdoors-training-for-marathon-happy-caucasian-105134579

2. Istirahat dengan tenang, ko gitu? Tanpa hape kita bisa istirahat atau tidur tanpa ada yang mengganggu , maksudnya kita tidak diributkan kegiatan angkat telfon, sms, WA, LINE, KAKAO, dan berbagai Sismec lainnya. Sebenarnya tanpa gadget itu Hidup lebih damai loh bro sis, yang berinteraksi dengan kita cukup orang sekitar kita tidak lagi orang lain di dunia maya sana.

1973194

3. Menjalankan hobi. Tanpa adanya HP kita masih bisa terhibur ko dengan melakukan aktifitas kegemaran kita, contohnya baca novel. Kita bisa lebih konsentrasi menyelami cerita dari novel yang kita baca. Selain itu yang suka main musik bisa meluangkan waktunya untuk memainkan bebrapa lagu yang lebih bisa membuat hati kita bahagia. dan masih banyak hobi lainnya yang bisa dikerjakan.

woman-reading-book1

4. Bisa juga kita belajar suatu ketrampilan, seperti memasak, menjahit, menyulam, berkebun, dan lainnya. Keterampilan yang selama ini tidak kita kuasai akibat tidak pernah mencoba bisa kita lakukan, toh kegiatan positif ini menghasilkan sesuatu yang menurutku bisa lebih memuasakan hati. Karena kita bisa langsung merasakannya. Beda dengan main game On Line yang ketika hasilnya memang yauda sesaat itu saja setelahnya tidak dirasakan lagi. Tapi kalau berkebun lalu taman rumah kita menjadi indah, kita bisa menikmatinya setiap hari… Bukan begitu ??

091332_berkebun

Nah kalau ditanya, Apa aku pernah melakukan kegiatan “Sehari Tanpa Gadget” ?

Aku bisa menjawab Ya pernah. Hobiku naik gunung memungkinkanku untuk bisa melakukan hal itu. Toh di gunung enggak ada sinyal dan engga mungkin juga bawa laptop dalam carrier. Jadi keterbatasan itulah yang mebuatku sehari bahkan 3 hari tanpa gadget.

Tapi kalo ditanya lagi, Itu kan gara2 hobimu yang memang gak memungkin bawa gadget, terus kalo hari-hari biasa pernah gak?

Ya pernah juga, seperti yang aku jelaskan diatas aku membiasakan diri tidak memakai gadget seharian terutama weekend. ya emang sih gak setiap weekend. Tapi paling enggak aku tidak memakai gadget minimal 4 hari sebulan biasanya jatuh di hari sabtu minggu. Aku yang biasa nge kost biasanya kalo hari itu pasti pulang ke rumah, jadi mending aku isi kegiatanku dengan ngobrol bareng adek2, baca novel, bantuin tante masak, bantuin om nyuci mobil, dan lainnya sehingga jangankan laptop, Hp aja engga aku pegang… hehehe….

Itulah sekilas ceritaku tentang sehari tanpa gadget yang semoga bisa bermanfaat buat kita semua.

“Tulisan ini diikutsertakan GA keren Sehari Tanpa Gadget di Blog Keajaiban Senyuman lhooooo”

Let's write your opinion

%d bloggers like this: