Essay | IT | Pendidikan

Ketika Pendidikan dan Teknologi Disatukan Melalui E-Learning

December 4, 2013
e-learning
Diambil dari google.com

Dunia pendidikan kian berubah sesuai dengan kebutuhan zaman saat ini. Proses belajar mengajar di sekolah semakin beragam. Pendidik dituntut supaya lebih kreatif dalam menyampaikan materi pelajaran agar murid dengan mudah dapat memahami dan menyerap materi tersebut dengan baik. Hal ini sangat diperlukan mengingat generasi saat ini memiliki kemampuan keingintahuan yang lebih besar serta pemikiran yang lebih kritis. Sehingga mereka suka bereksperimen hal-hal baru yang sebelumnya tidak ada. Tak jarang percobaan-percobaan tersebut melahirkan suatu bentuk penemuan baru. Dan untuk menunjang rasa penasaran yang mereka miliki, internet sebagai sumber informasi dan berbagi data menjadi tempat untuk menggali informasi yang mereka butuhkan.

Teknologi informasi dan komunikasi semakin berkembang begitu pesat. Perkembangan ini sebenarnya di tandai semenjak ada jaringan penghubung antar negara yaitu Internet. komputer bukan lagi hanya sebagai alat untuk bekerja, melainkan juga sebagai alat untuk komunikasi. Ketika sebuah komputer telah tersambung dengan internet maka batas antar negara, benua, dan bahkan perbedaan waktu bukan lagi halangan seseorang untuk berinteraksi dengan yang lain. Mereka dengan leluasa berkomunikasi, berbagi data, dan mencari informasi terbaru di luaran sana. Tentulah hal ini juga berpengaruh pada dunia pendidikan saat ini.

e-learning
Ilustrasi Interaksi E-Learning
diambil dari ictineflupelipc.blogspot.com

E-learning merupakan singkatan dari Electronic Learning dan menjadi  tools  yang menyatukan dunia pendidikan dan teknologi. Menurut Darin E. Hartley, “e-learning merupakan suatu jenis belajar mengajar yang memungkinkan tersampaikannya bahan ajar ke siswa dengan menggunakan media Internet, Intranet atau media jaringan komputer lain.” Bisa dikatakan bahwa proses belajar mengajar saat ini bisa dilakukan tanpa harus bertemu antara pendidik dan muridnya secara langsung. Mereka bisa berinteraksi melalui fasilitas yang dimiliki internet seperti web forum, milis, chatting atau menggunakan video call melalui skype dan aplikasi web lainnya. Dari interaksi tersebut jika ada tugas maka murid dapat mencari bahan-bahan yang diperlukan dengan mudah di internet.

Cara belajar jarak jauh ini menjadi lebih efektif dan efisien jika diterapkan di negara yang wilayahnya terpisah, seperti negara kita, Indonesia. Dengan adanya e-learning maka materi tetap bisa disampaikan menyeluruh, tidak ada lagi kasus kesenjangan pendidikan yang mampu mempengaruhi kemajuan suatu daerah, sehingga nantinya sistem ini dapat membantu proses pemerintah dalam mewujudkan pemerataan pendidikan di berbagai daerah.

Selain itu biaya pendidikan menjadi lebih hemat. Hal ini terlihat dari penyediaan modul yang selama ini membutuhkan biaya untuk percetakan bisa di ubah menjadi e-book, lalu keterbatasan ruangan yang selama ini diatasi dengan pembangunan gedung sekolah atau universitas tidak perlu lagi dilakukan. Kedua pengeluaran tersebut bisanya diambil dari anggaran pendidikan daerah dan negara yang rawan terjadinya korupsi. Untuk itu ketika e-learning mampu di wujudkan dengan baik maka dapat menekan pengeluaran anggaran pendidikan dan mencegah terjadinya korupsi di bidang pendidikan.

E-learning menjadi suatu bentuk perubahan yang baik dan bersinergi antara dunia pendidikan dan teknologi. Banyak manfaat yang dapat diperoleh dalam mewujudkan sistem pendidikan tersebut. Dan faktor terpenting adalah penggunaan internet yang lebih positif, efektif, dan efisien karena digunakan sebagai fasilitas untuk belajar. Belajar menjadi suatu kegiatan yang tidak terasa karena ketika menjelajah internet dengan tujuan mencari materi pelajaran, kita juga terhibur dengan tampilan visual dari web-web penyedia materi tersebut. Tentunya pikiran kita semakin terbuka dan berkembang akibat dari luasnya dan banyaknya informasi yang didapat melalui e-learning yang notabene bisa berskala internasional.

Tulisan Ini Diikutsertakan dalam Kontes Blog Pendidikan

1474440_627292684000484_1967180256_n

Let's write your opinion

%d bloggers like this: