Curhat

7: Jika Aku Jadi Tukang Masak

December 5, 2013

“Hummm Yummy” sebuah kealimat pendek yang penuh makna bagi setiap orang yang doyan makan. Dan itu pula bisa jadi sebuah sanjungan bagi koki yang sudah membuat makanan tersebut.

Kegiatan masak memasak memang sangat mengasyikan, gak ada salahnya kita jadi Tukang Masak, sebabnya selain bisa bereksperimen dengan mengolah rasa dari berbagai bahan seperti sayuran, ikan, daging serta bumbu-bumbu seperti garam, lada, penyedan dan lainnya. Otomatis kita terlatih membuat perkiraan komposisi yang pas agar rasa masakan kita enak. Komposisi ini bisa diperhitungkan dengan perbandingan takaran, tapi kalau perempuan lebih mengandalkan “hati” saat memasak.

Ngomomg-ngomong, Tukang masak ni, Dirumh bersama 3 Diva alias aku, bunda, dan eyang uti memiliki bakat masing-masing yang berbeda.

1. Bunda itu orang yang pinter banget membuat olahan dissert dan camilan. Apa aja yang ada di kulkas, tiba-tiba jadi kue aja, tiba-tiba jadi camilan apa gitu, atau tiba-tiba jadi es buah yang enak banget rasanya. Ice Cream dan Kue Kering menjadi andalan masakan bunda. Coba beliau disuruh masak makanan berat, contohnya soto ceker gitu. Heum rasanya rada gimanaaaaa gitu hehehe… Inget banget bunda pas masak soto itu, aku gak doyan makan sama sekali dan akhirnya aku masak ulang ditambah-tambahin bumbu ala mirna sampe akhirnay enak dimakan serumah hehe ^_^
2. Yangti, beliau adalah orang yang pinter masak, makanan berat, maksudnya yang bisa dimakan sama nasi. Keahliannya cukup membuatku terkesima *lebay* soalnya dengan bumbu sederhana cuma bawang putih, garam, gula, bayem, dan gambas alis oyong. Beliau udah bisa membuat sayur bening yang enaaaaak bgt. Pas gitu kalau bikin racikan. Menu andalan yangti itu Soto daerah apapun, Ayam Balado, Rawon, Tom Yam, Bistik, Kwitiew, dan aneka lontong seperti Lontong Mie, Balap, Lodeh, dan Cap Go Meh. Leker banget deh… Tapi kalo yangti bikin kue….  Bisa dijamin rasanya ya gitulah… seringnya yangti bantuin bunda bikin kue…. Tapi beliau pandai bikin kue apem looooh…
3. Aku, heeemmm… aku tukang cicip – cicip masakan mereka dan berkomentar, ini kurang dikit apanya, ini kebanyakan apanya, ini masih mentah, ini kematengan, dll… Dandari cicip2 itu aku termasuk yang bisa direferensikan mana makanan enak ato engga hehe. Tapi jangan salah loh… gara2 ngelihat bunda sama yangti yang memiliki kemampuan masak tertentu, aku jadi belajar keduanya… Ya bukan bener-bener bisa masak sih tapi aku sedang belajar bikin makanan yang bisa membuat lidah bergoyang hehhe *hehehe*… Aku suka masak makanan yang simple-simple… Menu andalanku yang sudah dapet tanggapan enak dari orang lain… Aneka puding, mulai puding biasa, lapis, berisi, dan pake fla… Kue apem juga lagi belajar dari yang… Kue kering isi coklat yang akhirnya aku bisa dapet resep yang ter-enak karena selama 2 tahun ini bereksperiemn menciptakan resep kue kering isi coklat sendiri hehehe…. Kalo makanan berat, aku bisa masalk sayur asem, sayur bening, soto, semur, ayam kecap, dan rendang yang kemarin sempet aku masak pas Lebaran Haji… mungkin itu sih…

Dan kalau aku menjadi Tukang Masak, sepertinya akan sangat aku nikmati, karena pada dasarnya aku doyan makan dan komentar, otomatis aku juga harus bisa mencoba masak makanan yang aku makan doong… hehehe 🙂 mungkin itu dulu postingan buat menjawab Interaktif 1 : Jika Aku Menjadi Tukang Masak di Emotional Flutter 30 days Blogging Challenge… ^_^

Let's write your opinion

%d bloggers like this: