Bahasa Pemrograman | Curhat | IT

Projek SIA – SIA

December 13, 2013

Assalamualaikum…

Holaaaa…. aduh rasanya gak nulis beberapa hari ini gak enak banget ya, masalahnya pengen cerita banyak hal tentang kegiatan yang akhir-akhir ini menyibukkanku. Yup sebagai mahasiswa prodi MI Polman Astra sudah menjadi tradisi bahwa setiap akhir semester diwajibkan membuat projek yang berupa aplikasi dari sistem yang dulunya manual menjadi komputerisasi atau bisa juga memperbaiki aplikasi yang sebelumnya sudah ada. Dan semakin naik semesternya harapannya aplikasi tersebut bisa benar-benar terpakai, tidak hanya di implementasi namun tidak berkelanjutan namun tetap diterapkan lalu dikelola dengan baik. Oleh karena itu kita engga bisa sembarangan soalnya kalau terjadi kesalahan sedikit maka akan mengakibatkan kerugian tertentu. Duh kayaknya serius banget ya… hehehe tapi ya begitulah…. Tradisinya selesai mengerjakan projek pasti sidang yang berupa persentasi dan demo aplikasi di depan penguji yang berasal dari dosen, user, dan gak jarang dosen luar atau orang industri.

Dan Alasan gak ngeblog kemarin, apalagi kalo bukan mempersiapkan sidang projek akhir semester 5. Projek kali ini bener2 BERBEDA, seperti :

1. Pengerjaan projek menggunakan metode Extreme Programming

2. Kelompok terdiri dari 6 orang tapi karena pake EX jadi dibagi lagi 2 orang sebagai pair programming

3. Tema sudah ditentukan yaitu Sistem Informasi Akademik yang terbagi atas Menu dan Sub Menu.

4. Dokumentasi tidak banyak seperti yang dulu2 akibat metode EX

home sia ta
Home SIA-TA
Doc. Pribadi

Kebetulan aku dapet SIA-Tahun Akademin dengan konstrasi di Sub Menu Jadwa Perkuliahan yang meliputi pengelolaan jadwal kuliah, jadwal praktek sistem blok, dan jadwal ujian. Ketiganya harus memiliki fungsi input (header detail form), edit, view, dan report yang bisa di export, import, dan print. Dan semuanya dikerjakan hanya 3 bulan dengan jadwal perkuliahan, ujian, dan tes magang yang dikerjakan bersamaan. Gimana gak puyeng euy… Apalagi Menu Tahun Akademik termasuk paling banyak, jadi 1 pair programming bisa ngerjain 9-12 form. Beda dengan Menu yang lain yang 1 pair cuma ngerjain 2-5 form aja. Tapi gak apalah toh dikerjain bareng-bareng sama kelompok, gak cuma pair doang jadi gak terlalu berat. And in this moment I want to say thank’s to my pair, Elvira, my team leader Tommy, My friend who always help me to erase error, Shabrina, Dias, dan Taufik. Many Thanks ya ngengs.

jdw ujian
SIA-TA : Tambah Jadwal Ujian
Doc. Pribadi

Pas sidang alhamdulillah lumayan lancar, tapi ya sedikit kendala seperti komputer nge-freez  ga tau kenapa gara2 pake power point Ms. Office 2013 jadi rada kagok pas hyperlinknya. Trus sempet muncul error dan beberapa fungsi yang gak jalan. Sedih sih tapi yah tetep semangat, toh bisa direvisi. revisinya pun dilakukan tiap hari per pair langsung ke dosen pembimbing, Ya semoga aja revisinya cepet selesai. saat aku nulis ini alhamdulillah dari 9 form sudah selesai 5 form tinggal 4 form lagi. Tentu harapannya juga nilainya bisa dapet ‘A’… hehe Aamiin.. Oke semangat…. Meski raga ini lelah namun jiwa ini pantang menyerah….  ^_^

Let's write your opinion

%d bloggers like this: