Pendidikan | Review

Merah Memang Lebih Memikat & Berkhasiat

March 27, 2014

Assalamualaikum, Semangat Pagi…

Warna merah selalu identik dengan sesuatu yang menarik, mencuri perhatian, dan memikat setiap orang yang melihat. Bisa dibilang merah merupakan simbol keberanian… Banyak benda di dunia ini yang berwarna merah, termasuk pada sayur dan buah. Biasanya ada sayur identik dengan warna hijau sedangkan buah lebih identik dengan warna cerah seperti kuning atau orange. Tapi kadang ada sayur dan buah yang memeiliki warna umum yang juga memiliki varietas warna merah… Dan biasanya sayur dan buah-buahan berwarna merah ini memiliki manfaat yang lebih ketimbang sayur dan buah serupa dengan warna yang bukan merah… Nah ini sedikt share, apa saja buah dan sayuran yang memeiliki varietas warna merah dan yang gak biasa.

A. Buah Naga Merah

Buah-Naga

Buah yang masih dari keluarga tanaman katus ini memiliki nama latin Hylocereus polyrhizus  yang tumbuh di daratan Amerika, Amerika Tengah dan Meksiko. Namun sekarang sudah dikembangkan di daerah Asia seperti di Taiwan, Okinawa Jepang, dan Indonesia.  Buah ini berbentuk oval dengan warna kulit buah merah sampai merah muda dan dikelilingi sejenis sisik berwarna hijau. Daging buahnya berwarna merah terang dan didominasi oleh biji-biji kecil yang berwarna hitam. Rasanya manis menuju hambar. Sebenarnya ada juga yang warna dagingnya putih namun kandungan dari Buah Naga Merah lebih bermanfaat, diantaranya : kalsium, betakaroten, gula sederhana, vitamin, B1, B2, B3 , vitamin C , fosfor dan lycopine.Sehingga Buah Naga Merah merupakan sumber anti oksidan yang baik.Selain itu manfaat lainnya adalah :

  1. Fiber atau serat juga berfungsi sebagai zat yang melawan dan mencegah penyakit seperti serangan jantung, stroke dan gangguan kardiovaskular.  Kandungan betakaroten dalam buah naga merah membuat vitamin A bekerja dan memperbaiki penglihatan.
  2. Kandungan vitamin B1 dan B2 dalam buah naga merah bisa menyebabkan nafsu makan kita bertambah, khususnya ketika dalam proses penyembuhan dari sakit.
  3. Kandungan vitamin C pada buah ini dapat menjaga daya tahan tubuh kita.
  4. Kandungan fosfor dan kalsium pada buah naga sangat baik untuk memperkuat tulang dan gigi.
  5. Manfaat buah naga merah berikutnya adalah berguna untuk merawat kesehatan kulit. Vitamin C yang terkandung dalam buah naga merah bisa juga digunakan untuk perawatan kulit. Yaitu dengan cara dibuat menjadi masker. Caranya adalah kupas kulit buah naga dan ambil dagingnya lalu blender sampai halus.  Masukan ke gelas dan ambil airnya lalu dioleskan kewajah. Masker ini bisa menjadi obat herbal untuk menghilangkan jerawat dan bekas jerawat.
  6. Buah naga merah mengandung gula fruktosa yang sederhana sehingga sangat bagus untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes, bahkan para penderita diabet dianjurkan untuk sering mengkonsumsi buah naga merah. Hal ini karena ada penelitian yang menunjukan bahwa dengan mengkonsumsi buah naga merah maka kadar glukosa dalam darah menjadi turun.

B. Bayam Merah

bayam-merah1

Nama latin tanaman ini adalah Blitum rubrum .  Tanaman ini tumbuh di iklim tropis maupun subtropis di seluruh dunia. Namun, jika untuk di budidaya, bayam akan tumbuh lebih subur di dataran rendah dengan tempat yang terbuka dan berudara panas. Bayam merah mengandung vitamin A, B, C, protein, kalium, zat besi, purin, karbohidrat, dan amarantin.. Senyawa kompleks yang ada pada bayam inilah yang menjadikan ia berkhasiat, diantaranya :

  1. Sama seperti sayuran lainnya yang kaya akan serat alami, bayam baik untuk sistem pencernaan Sehingga baik untuk mengobati penyakit sembelit atau susah buang air besar, terhindar dari beberapa penyakit berbahaya seperti usus besar, kencing manis, dan baik untuk menjalankan program diet.
  2. Manfaat bayam merah selanjutnya adalah membantu mengatasi anemia yang disebabkan oleh defisiensi zat besi. Memang bayam merah sudah lama dikenal kaya akan zat besi. Khusus yang anemia, itu bener banget soalnya aku pernah ngalamin sewaktu SMA kena anemia, sama dokter ahli gizi disaranin untuk mengkonsumsi bayam merah.
  3. Konsumsi bayam merah teratur kabarnya bisa menjaga keremajaan Anda. Ia, sama seperti terung ungu, dipercaya memiliki efek anti-aging yang tinggi dikarenakan pigmen ungunya.
  4. Manfaat bayam lainnya adalah untuk mengoptimalkan kinerja organ ginjal, menurunkan hipertensi dan kolesterol tinggi.
  5. Selain bagian daun, akarnya juga bermanfaat. Bagian tersebut sangat ampuh melawan penyakit disentri. Caranya cukup tumbuk bayam merah dan tambahkan garam halus, diaduk dan disaring. Minum sehari sekali sampai sembuh.
  6. Bayam merah juga dikenal mampu menguatkan akar rambut. Caranya cukup tumbuk daun bayam merah dan peras airnya. Minum rutin 2 sampai 3 kali dalam sehari. Kandungan protein dan zat besi pada bayam merah ini memang terbukti mambuat akar rambut lebih kokoh.
  7. Kandungan Zat besi dan kaliumnya mampu menjadi obat pertolongan pertama pada luka gigitan binatang berbisa. Caranya semua bagian bayam ditumbuk / dihaluskan lalu ditempelkan pada bagian yang terkena gigitan.

C. Rootbeet / Ubi bit/ Ubi Merah

Buah-bit

Ubi bit merah  atau dalam Bahasa Inggris disebut beetroot  dengan nama latin Beta vulgaris  hidup liar dan tumbuh subur di Amerika Utara dan Inggris. jienis tanaman ini adalah umbi-umbian, dagingnya berwarna merah tua dan kaya akan vitamin dan mineral. Beetroot dapat diolah menjadi berbagai jenis makanan yang sehat dan sangat berguna bagi tubuh kita, baik itu dibikin juice, di panggang, maupun direbus dan dijadikan salad.

Kandungan nutrient dalam 100 g ubi merah :

Air                        76,6%

Karbohidrat     20.4%

Protein               1.1%

Lemak                 0.8%

Fiber/serat       1.1%

Kalori                  336 kalori

Vitamin A         315 ugRE

Vitamin C          79 mg

Vitamin B1       0.24 mg

Vitamin B2       0.39 mg

Vitamin B3       3.15 mg

Kalsium             182 mg

Zat besi              8.7 mg

Sodium              472 mg

Potassium        2638 mg

Fosfor                620 mg

Manfaat Ubi Bit Merah

  1. Pigmen merah dalam bit diketahui berkhasiat sebagai agen anti kanker (Dr. Ferenziyang berpengalaman selama 18 tahun dalam merawat pasien kanker pernah meyatakan “Ubi bit merah mengurangi aktivitas sel-sel kanker”). Pigmen merah ini juga berkhasiat sebagai zat besi yang baik untuk anemia
  2. Membantu mnyembuhkan migrain
  3. Asam nukleat dari bit menyuburkan dan membantu lapisan sel
  4. mengandung vitamin A, B1, B2, B6, B12 dan C untuk menjaga kesehatan tubuh dan kecantikan kulit
  5. Mengandung komponen “betain” yang sangat berkhasiat membantu fungsi hati
  6. Mengandung beta karoten dan karotenoid yang merupakan antioksidan sehingga mampu mencegah kanker.
  7. Mengandung berbagai bahan dan gula asli yang secara ilmiah dapat membantu menjaga peredaran darah dan kesehatan jantung (Para agli penyakit jantung dari Universitas Winsconsin Madison, USA menyatakan “Ubi bit merah kaya akan asam folat, nutrisi yang membantu mencegah serangan jantung)
  8. kaya akan kandungan nitrat sehingga memelihara kesehatan jantung. .Dari percobaan menunjukkan tekanan darah menurun dalam waktu 1 jam setelah minum jus bit. Tiga sampai 4 jam setelah minum jus bit, penurunan tetap berlanjut dan bisa diamati sampai dalam waktu 24 jam. (BBC News, 6 Feb. 2008 by Prof. Amrita Ahluwalia dari Barts & London School of Medicine)
  9. Kaya akan kalium, niasin, asam folat, seng, magnesium, fosfor, kalsium, sulfur, fodin, zat besi, kuprum dan termasuk juga bahan yang sukar didapati rabidum dan cesium yang baik untuk pembentukan sel baru terutama bagi ibu hamil
  10. Membantu menyerap berbagai nutrisi yang diperlukan
  11. Perangsang dan pembersih ginjal
  12. Membuang toksik/racun
  13. Menjadi pewarna makanan alami sehingga baik untuk dijadikan jus dan kue, Seperti Kue Red Velvet di Amerika yang menggunakan pewarna merah dari buah ini.

D. Beras Merah 

10080809_m

Beras merah dengan nama latin oryza nivara ternyata menurut riset dan penelitian lebih banyak memberi manfaat bagi kesehatan tubuh dibandingkan dengan beras putih yang biasa dikonsumsi sehari – hari.

Beberapa manfaat beras merah bagi tubuh yang dikumpulkan dari beberapa riset dan penilitian para pakar :

  1. Beras Merah mempunyai kandungan vitamin B1, B6, dan B12 yang tinggi. Vitamin B memberi manfaat bagi pembentukan energi  tubuh manusia. Pembentukan energi di sel ini dicukupi oleh vitamin B yang salah satunya  ada di beras merah.
  2. Kandungan seratnya lebih tinggi dibandingkan beras putih yang biasa dikonsumsi. Seperti diketahui bersama manfaat dari serat tersebut untuk mengurangi penyerapan gula dalam karbohidrat, serta penyerapan lemak yang masuk bersama makanan sehingga akan lebih menyehatkan.
  3. Mengandung  Selenium  merupakan bagian dari  enzim glutation peroksidase, yang berfungsi sebagai katalisator dalam pemecahan peroksida menjadi ikatan yang tidak bersifat toksik. Peroksida mempunyai kemampuan untuk mencegah penyakit kanker dan penyakit degeneratif lain.
  4. Mengandung Magnesium yang mengatur irama saraf dan otot dengan menyeimbangkan aksi kalsium , menurut beberapa studi bahkan mampu menurunkan   keakutan asma, menurunkan tekanan darah tinggi, menurunkan frekuensi migrain, dan menurunkan risiko serangan jantung serta stroke.
  5. Selain mengandung karbohidrat, lemak, protein, serat, dan mineral, beras merah juga mengandung antosianin pada lapisan kulit beras merah ini berfungsi  sebagai antioksidan  yang mampu  mencegah penyakit hati (hepatitis),  kanker usus, stroke, diabetes, sangat esensial bagi fungsi otak dan mengurangi pengaruh penuaan  otak.
  6. Unsur gizi lain yang terdapat pada beras merah yaitu  fosfor yang banyak berfungsi bagi semua sel dalam tubuh, dan juga untuk otot tubuh.

Namun beras merah kurang diminati masyarakat karena teksturnya yang pera, kesat, dan tidak pulen sehingga kurang enak saat dimakan. Bau dari beras in setelah di masak pun kurang menggoda, baunya seperti sayur rebus yang kurang enak. dari sisi warna juga terlihat kusam kecoklatan saat sudah menjadi nasi. tapi ada cara mengolah beras merah agar memiliki rasa yang enak dan menggugah selera makan, yaitu :

  1.  Agar tekstur tidak pera, sebaiknya di rendam air sebentar. Apabila nasi dibuat dengan dikukus maka bisa direbus sebentar lalu dikukus, begitu juga di rice cooker jika mau.
  2. Memasak beras merah membutuhkan waktu yang lebih lama, oleh karena itu tambah takaran air sehingga bisa matang dengan sempurna
  3. Agar nasi terasa pulen dan enak, campur nasi merah dengan nasi putih, 1 : 2 (ala mirna) 1 untuk beras putih dan 2 untuk beras merah. Intinya kasih sedikit beras putih lah.
  4. Kasih daun pandan agar nasinya lebih wangi.
  5.  Makan selagi hangat karena jika dingin, nasi mudah mengeras dan rasanya lebih hambar.

E. Daun Sirih Merah

daun-sirih-merah

Sirih Merah memiliki nama Latin Piper Crocatum tanaman ini bisa di katakan juga sebagai tanaman Herbal karena sudah di Manfaatkan sejak Ribuan tahun silam oleh nenek moyang kita, bahkanketika masih di Zaman kerajaan tumbuhan ini sudah sangat populer untuk Kesehatan dan juga kecantikan tubuh manusia terutama Wanita.

  1. Mengatasi luka bakar : siapkan sejumput daun sirih merah dan cuci. Peras airnya dan kemudian berikan sedikit madu. Setelah itu tempelkan di tempat terjadinya luka bakar.
  2. Menghentikan mimisan : sediakan satu helai daun siri merah yang masih muda, kemudian gulung. Setelah taruh di lubang hidung yang mengeluarkan darah.
  3. Mengatasi maag : ambil sejumlah daun sirih merah,cuci bersih. Setelah itu giling sampai halus dan lumurkan dengan sedikit air panas di perut. Ganti dua kali sehari.
  4. Mengatasi gatal-gatal : Ambil 20 helai daun siri merah, masak dengan air mendidih. Lalu gunakan untuk mandi saat masih hangat.
  5. Menghilangkan mata merah : ambil 5 atau 6 helai daun yang masih muda, masak dengan air panas, kemudian tunggu sampai air dingin, kemudian basuhkan ke mata yang sakit. Lakukan tiga kali sehari sampai mata sembuh.
  6. Mencegah gusi berdarah : Panaskan empat helai daun siri merah di dua gelas air. Setelah agak dingin gunakan untuk berkumur.
  7. Mencegah sariawan : Ambil 1-2 helai daun dan kemudian cuci. Kunyah sampai hancur dan kemudian buang saat sudah terasa cukup.
  8. Mengurangi Bau Mulut: Siapkan dua atau empat helai daun, cuci dan peras. Seduh dengan air panas lalu minum.
  9. Untuk Menobati batuk : Siapkan 15 helai daun sirih merah dan tiga gelas air. Cuci daun dan panaskan sampai tinggal seperempatnya. Kemudian minum dengan madu.
  10. Bronkitis : Masak tujuh helai daun sirih merah yang telah dicuci bersama gula di dua gelas air. Tunggu sampai tinggal menjadi satu gelas. Dan kemudian minum tiga gelas setiap hari.
  11. Mengurangi bau badan : Ambil lima helai daun dan masak di dua gelas air. Tunggu sampai menjadi satu gelas lalu minum di siang hari.
  12. Mengurangi jerawat : Ambil   tujuh sampai 10 helai daun, cuci dan haluskan. Seduh dengan dua gelas air panas. Gunakan airnya untuk membasuh wajah. Lakukan 2-4 kali setiap hari untuk mendapatkan hasil terbaik
  13. Menyembuhkan payudara bengkak karena memberi ASI : Ambil beberapa helai, cuci dan oleskan sedikit minyak kelapa. Setelah panaskan sebentar di atas api sampai daun kisut. Taruh dibagian yang bengkak selagi masih hangat
  14. Mengatasi keputihan : Ambil dan seduh 10 helai daun sirih merah kemudian cuci dengan sekitar 3 litar air. Gunakan air rendamannya yang masih hangat untuk membersihkan organ kewanitaan

 

Nah, begitulah ulasan tentang yang “merah-merah” semuanya memang memiliki warna lain yang bisa dibilang “lebih normal” tapi karena perbedaan itulah yang membuat mereka lebih berkhasiat. Kalo boleh share, aku sendiri alhamdulillah sudah mengkonsumsi beras merah setiap hari, baik itu makan dirumah maupun di kantor. Tapi ya memang masih dicampur dengan nasi putih karena kalau nasi merah saja memang rasanya kurang enak. Harganya 12.ooo/liter dan bisa di beli dipasar tradisinal atau supermaket. Untuk bayam merah dan buah naga merah juga kadang2 masih mengkonsumsi. Sirih merah, kebetulan aku suka jamu jadi kadang2 juga minum, tapi awas rasanya heeem anyir pait gitu -_- tapi demi kesehatan dan kebersihan terutama organ dalam kita sebagai perempuan *upps ya harus mau ^^… Dan yang masih bikin penasaran itu beetroot, gimana ya rasanya??? kalo di healthy juice seperti Monster Indonesia punya nya Reni Sutiyoso itu sepertinya enak. . . aku berharap bisa mencobanya nanti… ^^

Oke sekian dari Keina Tralala,..

Sumber :

http://caraobat.blogspot.com/2013/09/manfaat-khasiat-bayam-merah-bagi-kesehatan-dan-ibu-hamil.html

http://menjadibijak.blogspot.com/2013/05/beragam-manfaat-bayam-merah.html

http://acityawara.com/Detail-2564-15-khasiat-atau-manfaat-buah-bit-merah.html

http://jawarakampung.blogspot.com/2011/06/6-kedahsyatan-manfaat-beras-merah-bagi.html

http://blog.grosirkebutuhanbayi.com/menilik-manfaat-beras-merah/

http://manfaattumbuhanbuah.blogspot.com/2013/12/khasiat-dan-manfaat-daun-sirih-merah.html

http://gedekaz.blogspot.com/2011/08/sumber-yahoo-image-beetroot-merupakan.html

 

Let's write your opinion

%d bloggers like this: