Curhat

Cerpen : Ulang Tahun 100 ribu

March 28, 2014

Cerita dibalik percakapan bapak dan anak yang membahas ulang tahun si adek…

Tut.. Tut… Tuuut…

Anak : Assalamua’alaikum pak, ada apa?

Bapak: Walaikumussalam yon, apa kabar?

Anak: Alhamdulillah baik pak, ibu sehat pak?

Bapak: sehat juga, yon s adek kan mau ulang tahun, dia minta di ajak makan ke Hoka-Hoka Bento di Purwokerto, ko dia tau tempat itu ya yon?

Anak : Oh iya, adek mau ulang tahun ya pak, itu mungkin gara-gara saya cerita ada tempat makan masakan jepang yang murah pak.

Bapak : Pantesan ko dia tau, kan di tempat Pubalingga ga ada, kira-kira harganya berapa ya yon?

Anak : Paling kalo berdua, seratus ribu (100rb) cukup pak

Bapak : oh gitu ya, yauda kalo gitu, kamu hati-hati ya, yang rajin sholat.

Anak : Iya pak, salam buat ibu sama adek, Assalamualaikum…

Bapak : Walaikumussalam…

 

Beberapa hari berikutnya

Anak : Assalamualaikum pak?

Bapak : Walaikumussalam, ada apa yon?

Anak : engga ada apa2 pak, cuma mau nanya gimana ulang tahun adek?

Bapak : Oh itu, jadi gini yon, bapak bawa uang seratus ribu seperti yang kamu bilang…

Anak : Jadi bapak bawa seratus ribu pas?

Bapak : Iya yon..

Anak : Trus ceritanya gimana?

Bapak : Jadi begini ceritanya,

Sore menjelang malam itu bapak sama adek setelah sholat maghrib sudah siap-siap dari rumah ke pusat kota purwokerto. Adek seneng banget tuh diajak pergi pas ulang tahun dia ke restoran jepang. Kita naik motor berdua. Setelah sampao di Purwokerto, kita muter-muter nyari Hoka – Hoka Bento yang dibilang. Singkat cerita, akhirnya ketemu tapi udah jam 9 malem lewat dan keliatannya sudah mau tutup. Adek aga kecewa sih terus, dia bilang “Pak… kalau gitu aku mau makan di KFC aja deh”,kata Adek. Untungnya KFC masih buka. Maka mereka turun dari motor lalu masuk dan antre untuk memesan makanan.

Saat antre adek nyeletuk “Pak ko mahal banget ya? kan cuma nasi sama ayam. Gak jadi aja pak”, kata adek sembari menarik tangan ayah keluar. Lalu bapak ngasih ide buat bel roti aja, kali ini belinya di bakery, biar enak. Akhirnya bapak beli 1 roti seharga 34 ribu, “Pak rotinya enak banget ya beda kayak kalo beli biasanya”, komentar adek. Sambil makan roti adek dan bapak mampir sebentar ke SPBU untuk mengisi bensin 10 ribu. “Dek kita makan ayam bakar aja yuk, kan ga kanyang kalo cuma makan roti?” ajak bapak yang langsung disambut dengan anggukan adek. bapak sengaja mencari warung ayam bakar yang searah dengan jalan pulang ke rumah.

Sesampainya di warung ayam bakar, bapak dan adek masing-masing memesan 1 jus alpukat dan nasi ayam bakar spesial. Nah sembari makan, si adek lagi-lagi nanya “Pak ini harganya kira-kira berapa ya?”, lalu bapak menjawab “Wah bapak gak tau dek”, terus adek langsung menjawab dengan nada takut “Nanti kalau kurang gimana ya pak, kan uang bapak tinggal dikit habis buat beli kue sama bensin”, sambung adek parau. Semenjak itu makan sudah terasa gak enak karena takut uangnya kurang, terutama adek. Nah sewaktu di kasir bener firasat adek hanya kurang sedikit, jadi pesanan itu harganya 65ribu berdua. Jadi tersisa hanya selembar uang 1000 rupiah di dompet bapak. Huh lega rasanya… Muka adek yang sedari tadi cemberut dan gak bisa menikmati makanannya dengan tenang langsung berubah ceria, waktu itu sudah larut malam kira-kira setengah sebelas… Dan malam itu adek pulang dibonceng bapak dengan bahagia. Walaupun gak jadi makan di Hoka – Hoka Bento… heheheh

Bapak : Jadi begitu ceritanya….

Anak : hahaha aduh kasian banget adek ga jadi makan.. tapi lucu kalo bayangin ekspresi adek pas makan dengan persaaan takut uangnya kurang.

Bapak : Nah itu yon, bapak udah coba tenangin dia, jawab sesantai mungkin, kamu tau sendiri lah bapak orangnya gimana, kalo emang kurang ya tinggal ninggal KTP aja lah heheheh…

Anak : Nah bapak dibilangin bawa uang 100 ribu ko bawanya nge pas banget.

Bapak : Lah bapak kan nurutin kamu yon, katanya menu makannya gak sampe segitu. Mana bapak tau kalo akhirnya gini. Tapi gak apa-apa, bapak jadi tau kalau anak bapak itu bertanggung jawab dan gak suka foya-foya, gak pernah nuntut yang aneh – aneh apalagi memaksakan diri.

Anak : Iya pak, tapi kasian juga adek, nanti kalo aku pulang bakal aku ajakin deh..

Bapak : Iya yon sesekali boleh tapi jangan keseringan toh ya masih enakan masakan ibumu hahaha… hidup sederhana itu indah yon…

Anak : Iya pak…

Bapak : yasudah kalo gitu ya, bapak udah panjang banget ceritanya, kamu belajar yang bener biar kuliahnya lancar, semangat ngerjain tugas akhirnya…

Anak : iya pak mohon doanya…

Bapak : Jangan lupa sholat sama ngaji ya yon…

Anak : Iya pak, salam buat ibu dan adek…

Bapak : Iya, yauda assalamualaikum…

Anak : Walaikumussalam…

Based on true story,,, about my final task partner and his father…
Cerita pembuka jumat pagi di kantor ^^

Let's write your opinion

%d bloggers like this: