Give Away | Self Reflection

Hitam Putih Kegalauan Manusia

June 2, 2014

Assalamaualaikum Warrahmatullahi Wabarrakatu…

danbo_06
Koleksi Pribadi

Istilah “Galau” begitu booming di tahun 2010an ke atas. Entah siapa yang mencetuskan pertama kali, tiba-tiba banyak orang yang berkata “Aku galau”, “Galau banget rasanya malam ini”, dan lain sebagainya. Penggunaan kata galau menjadi sesuatu yang lumrah dipakai terutama dikalangan remaja. Padahal taukah, galau itu apa? Galau adalah sebuah perasaan yang mampu mengacaukan pikiran, seperti rasa gelisah, gusar, bimbang yang kemudian diluaskan sebagai perasaan kalut karena sebenarnya dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, arti kata kalut adalah kekacauan pikiran, kita tidak bisa lagi mengontrol pikiran kita dengan baik semua hanya berdasarkan emosi. Biasanya seseorang yang galau akan berubah menjadi kalut. Namun jarang orang memahami hal tersebut, galau lebih dipilih menjadi diksi daripada kalut. Makanya jarang ada orang yang mengatakan “Aku Kalut”.

Kapan Galau itu terjadi??

Tentunya saat kita dihadapkan pada sebuah permasalahan, semakin kita memikirkan permasalahan itu secara berlebihan dan terus menerus makan emosi kita pun menjadi labil, tidak tenang, ada perasaan tidak enak yang kemudian membuat kita bingung harus melakukan apa. Maka dari itu kebanyakan orang galau itu menghabiskan waktunya untuk merenung alias bengong. Jenis permasalahannya pun bermacam-macam, namun kali ini saya akan menyebutkan permasalahan yang sering dihadapi remaja galau diantaranya…

1. Masalah percintaan

Virus merah jambu memang benar-benar mampu membahagiakan namun juga dapat menyakitkan bahkan menghancurkan seseorang. Namanya juga virus hehe…. Suatu hubungan memang tidak dapat berjalan dengan sempurna, karena sulit untuk menyatukan 2 orang dengan sifat, kebiasaan dan pemikiran yang berbeda. Nah, ketika seorang remaja yang belum mampu mengontrol emosi dengan baik lalu menghadapi permasalahan pada hubungan yang dijalani dan dia tidak memahami hal tersebut, maka dengan mudah dia merasa galau… stress, frustasi, dan ngerasa bad mood.. Oleh karena itu tak jarang galau menjadi plesetan seperti dibawah ini

galau
Koleksi Pribadi

2. Masalah  sekolah/kuliah/kerja

Masa-masa sulit mungkin sering kali kita hadapi saat sekolah misalnya ketika mendapat nilai ujian yang jelek padahal sudah belajar, Nyesek rasanya ada nilai 6 padahal ekspetasi kita mendapat nilai 10. Nah kekecewaan seperti ini membuat seseorang mudah sekali galau.

Untuk seseorang yang kuliah, biasanya galau di tingkat akhir seperti saat penempatan magang atau KKN yang kebetulan saya sendiri juga merasakannya, penantian panjang untuk mendapatkan kepastian tempat magang sempat membuatku galau, apalagi saat tu aku menjadi mahasiswa terakhir yang mendapatkan tempat magang. Kisahnya bisa dibaca di “Aku Sabar Menunggu” dan “Hari Pertama dengan Alat Berat”.Saat kuliah juga biasanya dibuat galau dengan Tugas Akhir atau Skripsi, hal ini biasa terjadi ketika bahan untuk menulis rasanya telah habis padahal masih banyak data yang dirasa kurang namun bingung harus memulainya dari mana.

Nah saat kerja, biasanya yang sudah memasuki waktu untuk bekerja namun belum mendapat tempat yang cocok maka kita akan merasa galau. Hal lain yang biasa terjadi ketika kita mendaftar lalu menunggu masa-masa untuk menjalani tes selanjutnya hingga mendapat kepastian bahwa kita di terima diperusahaan tersebut, masa penantian itulah yang membuat kita gelisah alias galau . Lalu saat sudah diterima kerja, namun ternyata pekerjaan tersebut tidak sesuai dengan yang diharapkan, maka kegalauan  yang berasal dar kebimbangan akan muncul kembali, apakah pekerjaan tersebut akan dilanjutkan atau tidak.

3. Masalah hubungan dengan orang tua atau teman

Permasalahan ini kadang membuat seseorang galau tapi kadarnya tidak terlalu akut ketimbang nomer 1 dan 2. Permasalahan ini biasanya lebih kesalahfahaman yang berakibat perkelahian kecil dalam arti mungkin adu mulut. Namun harus di ingat, bahwa mulut adalah pisau, karena setiap perkataannya bisa menyayat hati manusia, makanya bisa menjadi permasalahan penyebab galau.

Bagaimana cara mengelola rasa galau???

1. Berserah diri pada Allah

Tidak ada hal yang paling menenangkan selain berserah diri kepada Sang Pencipta, Allah SWT. Toh galau juga memiliki akronim yang baik seperti dibawah ini.

galo
Koleksi Pribadi

 Lalu kita pun harus menyadari bahwa firman Allah di surat Al Insyirah ayat 6 yang memiliki arti bahwa “Sesungguhnya setiap kesulitan itu ada kemudahan”. Setelah berserah diri yang kita lakukan adalah berdoa dan berprasangka baik.

ادْعُونِي أَسْتَجِبْ لَكُمْ إِنَّ الَّذِينَ يَسْتَكْبِرُونَ عَنْ عِبَادَتِي سَيَدْخُلُونَ جَهَنَّمَ دَاخِرِينَ

Artinya : “Berdoalah kepadaKu, Aku akan kabulkan doa kalian. Sungguh orang-orang yang menyombongkan diri karena enggan beribadah kepada-Ku, akan dimasukkan ke dalam neraka Jahannam dalam keadaan hina dina” (QS. Ghafir: 60)

انا عند حسنِ ظنِّ عبدي بي فليظنْ بِي ما يشاَء

Artinya:” Aku menuruti prasangka hambaku terhadapKu, maka silahkan untuk berprasangka sesuai apa yang dikehendaki.” (Ad-Darimi)

Adapun Surat yang kandungannya atau fadillah nya mampu menenangkan hati kita. Bisa dibilang ini Surat anti galau yang ada dalam Al Qur’an yaitu Surat Ar Rahman. Karena di dalamnya terdapat ayat yang diulang-ulang himgga 31 kali yang mampu membuat kita lebih ikhlas, bersyukur dan menenangkan hati. yaitu

فَبِأَيِّ آلَاءِ رَبِّكُمَا تُكَذِّبَانِ

Artinya : “Maka Nikmat Tuhan kamu manakah yang kamu dustakan?” (Ar Rahman : 3, 16, 18, 21, 23, 25, 28, 30, 32, 34, 36, 38, 40, 42, 45, 47, 49, 51, 53, 55, 57, 59, 61, 63, 65, 67, 69, 71, 73, 75, dan 77)

2. Curhat pada orang terdekat.

Seseorang yang memiliki masalah, baiknya jangan di pendam sendiri namun dibagi atau diceritakan kepada orang terdekat dan dipercaya seperti orang tua, saudara atau sahabat. Walaupun permasalahan itu tidak terselesaikan dengan cepat, setidaknya kita akan merasa lega karena sebagian beban permasalahan sudah kita keluarkan. Oleh karena itu, peran teman curhat sangat penting.

3. Melakukan hal-hal positif

Jika kita memiliki masalah, kita bisa mengalihkan fokus kita untuk melakukan hal yang lebih baik ketimbang merenung. Misalnya untuk melampiaskan rasa galau namun kita tidak berani menceritakan kepada orang lain, kita bisa menulisnya di blog atau buku diary yang lama kelamaan bisa kita rangkai menjadi sebuah cerita yang kemudian dicetak menjadi buku. Nah itu bisa menjadi prestasi  yang berawal dari sebuah rasa galau.

Jika kasusnya galau anak sekolah yang dapat nilai ujian jelek yang seperti contoh diatas, kita bisa menganggap permasalahan tersebut sebagai cambuk untuk lebih rajin belajar. Sama halnya untuk kasus skripsi, mungkin perlu refresing sebentar lalu kembali fokus menulis skripsi dengan pikiran yang tenang. Kedua permasalah tersebut akan membuahkan hasil yaitu prestasi berupa nilai yang baik bakan bisa menjadi yang terbaik.

4. Sabar

Nah kalo ini aku alami sendiri, ketika yang kucertakan bahwa aku harus menunggu dalam waktu yang cukup lama yaitu 2 bulan untuk memperoleh tempat magang sedangkan yang lain sudah hampir 4-6 minggu di tempat magang mereka, aku hanya bisa bersabar dengan tetap berdoa dan berusaha lagi. Namun toh usaha tetap diatur oleh kampus oleh karena itu yang kulakukan hanya bersabar. Sambil menuggu penempatan magang, aku mengisi hariku dengan menulis blog dan baca2 novel, walaupun tetap merasa galau namun dalam hatiku selalu ku tanamkan “Man Shabara Zafira”  yang artinya Barang siapa yang bersabar maka ia akan beruntung.

Dan akhirnya aku pun mendapat tempat magang, bukan main-main, di tempat yang pernah menjadi nomer 1 dalam doaku yaitu PT United Tractor Tbk sebuah perusahaan multinasional yang bergerak dibidang alat berat dan pertambangan terbesar di Indonesia. Aku ditempatkan pada Divisi Corporate Information System (CIS) dan langsung mengerjakan project untuk kepentingan Board of Director (BOD). Dan Alhamdulillah sampai aku menulis ini semua berjalan dengan baik bahkan project ku pun resmi selesai hari ini padahal masa  magangku masah 1 bulan lagi. Hal ini menjadi prestasi tersendiri bagiku. Walaupun project ini belum disidang sebagai Tugas Akhir di kampus setidaknya sudah di implementasi di perusahaan. Harapannya project Tugas Akhir ini juga akan mendapat nilai yang baik saat sidang sehingga bisa dinobatkan sebagai Tugas Akhir Terbaik… Aamiin..

Wassalamualaikum Warrahmatullahi Wabarrakatu

Tulisan ini diikutsertakan pada Giveaway “Ya Rabb Aku Galau” yang diselenggarakan oleh Aida MA.

ya rabb aku galau rev22-1-1
Cover Buku Ya Rabb AKu Galau

Let's write your opinion

%d bloggers like this: