Curhat

Berakhirnya Tugas Akhir

September 17, 2014

Assalamualaikum Warrahmatullahi Wabbarakatu

10617159_644924585621026_1416342404_a

Hai…. How are you all? I hope all of you still fine… Karena sudah lama tidak menulis blog lagi, alangkah baiknya dibuka dengan sesi curhat sekaligus alasan kenapa beberapa bulan ini aku kurang eksis menulis?

Sebagai mahasiswa tingkat akhir tentunya kesibukan tidak jauh-jauh dari yang namanya menyelesaikan Tugas Akhir setelah magang.  Akhir Juli kemaren aku resmi selesai sebagai mahasiswa magang di PT UT dengan hasil yang memuaskan karena sistem yang Timku develop berhasil di implementasikan dan bahkan sudah dipakai samapai saat ini. Alhamdulillah yah,,, pekerjaan ngoding yang selama ini kami lakukan tidak sia-sia. Oh ya nama sistem yang aku bangun adalah ITIS Management System PT United Tractors Tbk. Nama sistem ini sekaligus menjadi judul dari Tugas Akhir yang aku kerjakan.

Rasa malas, kurang fokus, dan udah bosen ngerjain itu-itu lagi (baca:TA) membuat menunda-nunda mengerjakannya. Apalagi jurusanku terkenal dengan belasan ato puluhan data yang harus dilampirkan. For Your Information, Lampiran TA-ku mulai dari abjad A sampai S … So ada 14 lampiran yang 1 lampirannya terdiri dari puluhan (24) diagram. Tp ada beberapa sih yang cuma 1 diagram tapi itu rumitnya minta ampun. Tapi namanya juga Bonek alias bondo nekat… Itu bukan hanya sekedar jargon tapi memang prinsip diriku…. Kalo orang jawa biasa ngomong “Alon alon asal klakon” it’s not my style. Bagiku “Biar Cepat Asal Selamat” hehe,,,, So dengan rasa deg-degan yang tinggi dibalut dengan rasa bonek yang berlapis-lapis (kayak beng2 aja) akhirnya aku memberanikan diri untuk daftar sidang TA bahkan di hari pertama, pengennya sih di sesi pagi tp apa daya aku dapet jadwal siang… Tapi tak apalah setidaknya aku nanti bisa lulus di hari pertama….

Draft dokumen Tugas Akhir sebagai persyaratan jalannya sidang pun aku kerjakan. Untungnya tidak semua diagram dalam lampiran disertakan. Cukup 3 diagram per lampiran sudah cukup untuk mewakili inti dari Tugas Akhir tersebut. Oleh karena itu dipilih diagram dan tabel yang menjadi poin penting dan berkesinambungan alias mengalir sehingga maksud dan tujuan Tugas Akhir tersebut dapat tersampaikan dengan baik. Begadang pun mulai dilancarkan demi terselesaikannya draft TA ini. Dan PPT pun dibuat sebaik mungkin (padahal sederhana bgt) demi kelancara proses presentasi.. PPT itu pun jadi selama 1 jam saja itu pun lantaran ditemenin yoni ngerjainnya… kalo engga ya entahlah gimana nasibnya… wong draft TA sampe H-1 aja masih kelimpungan nyusunnya…

Tapi hari itupun akhirnya datang juga. Ya masa-mas kuliah 3 tahun akan ditentukan oleh beberapa jam saja. Tepatnya 18 agustus 2014 jam 1 – selesai sidang Tugas Akhir dimulai. Di jadwal resmi sidang sih jam 13.00-15.00 tapi karena satu dan lain hal sidangnya dimulai dari 13.30-17.00 dan itu ternyata menjadi rekor sidang dengan waktu terlama diantara semuanya bahkan prodi lain. Wuuuh bisa dibayang gimana keseruan sidang kalo ternyata itu jadi yang terlama….

Ya namanya juga bonek,,,, agenda susunan sidang pun aku engga ngeh… Yang ternyata diawali dengan demo aplikasi terlebih dahulu… Dengan mengucap bismillah berharap engga ada data yang error aplikasi pun dijalankan sesuai dengan skenario abal-abal yang disusun detik itu juga… Dan Alhamdulillah semua atas izin Allah swt, aplikasi dapat dijalankan dengan baik tanpa error… adanya malah kita yang lupa step-step menjalankan aplikasinya… Maklum terakhir kali ngutak-ngatik aplikasi itu 15 Juli 2014 setelah sidang demo aplikasi jadi ya rada lupa… Apalagi setelah itu fokus sama dokumennya… Tapi skali lagi pertolongan Allah itu begitu dekat sehingga pada saat ujian yang tak terduga pertolonganNya mampu menyelamatkan kami.

Sesi selanjutnya adalah presentasi… Namun seperti yang diduga sama pada saat ketika sidang demo… PPT yang kami sajikan selalu mengundang alias berpotensi untuk ditanyakan… Jadi kalo agendanya pertanyaan sesudah presentasi itu tidak berlaku pada sidang kami. 1 Slide memunculkan setidaknya 1 pertanyaan… bahkan ada 1 slide yang menghabiskan waktu selama 1 Jam…. Coba bayangin gimana itu debatnya? ya slide Class Diagram tidak pernah terlupakan… Secara teori memang landasan yang kita pakai belum terlalu familiar… Best Practice yang kami gunakan dengan mengadopsi sistem di Microsoft ternyata terbantahkan secara teoritis oleh dosen. So what must we do? Yup we fight arguments…. Wuuu kalo inget-inget gimana serunya pasti bikin semangat… Secara semuanya keukeh dengan pendapat masing-masing… Apalagi masalah Best Practice Microsoft itu cuma ada 3 jurnal internasional yang membahasnya… Penggambaran dokumen dengan konsep MVC 4 pun belum banyak di pasaran, kebanyakan cuma cara koding saja namun dokumennya belum banyak dijelaskan…

Alhasil, pembimbing kami men – CUT debat itu… karena menurutnya kedua alasan antara kami dan penguji itu sama-sama benar, nah kesalahannya kami tidak terlalu membahasnya di landasan teori mengenai semua referensi yang kami gunakan. Kami hanya mencantumkan gambaran umum mengenai teori apa saja yang kami gunakan, so itulah yang menjadi solusi untuk kami. Kami tidak disalahkan namun harus merevisi dengan memberi penjelasan teori yang dipakai. Alhamdulillah pertolongan Allah begitu dekat.

Karena waktu yang digunakan untuk membahas teori Class Diagram tadi hampi 1 jam atau mungkin lebih maka sesi pertanyaan akan dipersingkat… Eitsss tapi jangan salah,,, pertanyaan dari hanya dari 1 orang… dan pertanyaan juga cuma 1 hal… Tapi itu cukup susaaaah… Bukan susah sih, lebih tepatnya kami lupaaaa…. Kadang manusia terlalu memikirkan halam yang kompleks sampai permasalahan dasar pun kadang dilupakan… seperti kali ini… Pertanyaannya cukup sederhana yaitu Coba kamu jelaskan mengenai 3 konsep pemrograman OOP (Object Oriented Programming) ? Nyebutin konsepnya bisa, ngartiinnya bisa… but implementasinya ituloh… pake acara ngoding di papan tulis pake bahasa peromgraman C++…. Pertanyaannya buat aku pula,,, oh ya dari 3 konsep … aku hanya bisa jawab pengertianyya 2 aja… 1 konsep dibantu partnerku, Yoni… Dan sewaktu implentasi aku membuat kodingannya dan yoni menjelaskan masalah database dan infrastrukturny…. Singkat cerita…. dan kami sok yakin dan sok kompak… Akhirnya penguji pun membenarkan jawaban kami….

Setelah semuanya selesai… kami dipersilahkan meninggalkan ruangan sejenak… Mungkin 2 menit saja kami dipanggil kembali… Ya karena waktu sudah menujukkan pukul 17.00 dan kami semuanya termasuk penguji Alhamdulillah muslim jadi kebentur waktur sholat ashar yang udah telat… So  detik-detik  mendebarkan dimulai….rasa optimis lulus dan ngulang fifty:fifty (50:50) dalam hati…. Pembimbingku mulai berkata…. derap jantung pun makin kencang… karena namaku abjadnya lebih dulu ketimbang partnerku maka keputusan untukku dibacakan terlebih dahulu… And Finally She said the we success the final duty…. Alhamdulillah Ya Rabb… Kami langsung sujud syukur pada saat itu juga,,,, Masya Allah… fabiayyi alai rabbikuma tukaththiban ….

Dan kocaknya pada saat pembacaan keputusan hasil sidang aku sempat mengangkat telfon dari salah satu perusahaan IT Consultan skala Nasional yang termasuk dalam anak perusahaan Astra untuk penjadwalan penandatanganan kontrak kerja,,,, Ya Rahman Ya Rahim sgala puji bagi Allah yang telah melimpahkan rizky – Nya…  dan Berakhirlah Tugas Akhir -ku…. walaupun masih ada proses revisi 1,2,3,4,5 dan ke sekian kalinya lantaran lampiran yang memang belum dikerjakan hehehe…. But over all running well… I just can say Thanks to ALLAH…

Terima Kasih juga kepada keluargaku, Bunda dan Eyang Uti… Om Dodot dan Tante Encik… Berkat beliau aku bisa sampai di posisi seperti ini… Terima kasih telah memberi bantuan secara moril dan materiil dalam menyekolahkanku hingga kuliah… Om dan tante yang lain… Papa, Mama, Tante Asih, Om Joko, Tante Ninik, Om nono, Bude Atik, Pakde Mukono, Om yono dan tante… Kalo aku dibilang anak “urunan” memang benar… Terima Kasih semuanya…. Teman-teman MI Polman Astra 2011… Aluna (Agnes, Galuh, Mirna) , Buat mas yang insya Allah calon imamku… Mas Dwi Darsono…. dan khusunya buat partner Tugas Akhirku Yoni Efriyatna Septiawan yang dengan sabar kerja bareng sama orang sepertiku… Semoga kamu juga sukses dan cepet dapet kerja…. You are the best partner Yon… Ganbatte…

Dan sampai sekarang akhirnya aku bekerja di KMSI pun atas Keajaiban Allah dan doa semua orang yang telah mendukungku… Sungguh ALLAH sebaik-baiknya perencana…. mungkin cerita KMSI akan aku ceritakan nanti….

Segala kebaikan datangnya dari ALLAH…. aku menulis ini bukan untuk ri’a tapi semata-mata hanya ingin berbagi kebahagiaan… Dan jika ada salah-salah kata itu semua dari diriku sendiri sebagai hamba-Nya yang masih banyak kekurangan….

 

Wassalamua’alaikum Warrahmatullahi Wabarrakatu

Let's write your opinion

%d bloggers like this: