IT

Make Realtime Dashboard Sales

April 8, 2015

Assalamulaikum Warrahmatullahi Wabarrakatu

 

 

Lagi – lagi bikin program… ngoding lagi ngoding lagi… Ya gimana gak ngoding lah wong sekolahnya IT….Yup kemaren sempet gondok, stress, dan apalah-apalah gegara diminta buat bikin aplikasi buat kantor. Yah sebagai perusahaan berkembang. KMSI memang sedang bebenah untuk menjadi yang lebih baik lagi dan lagi. Bukan melulu masalah profit tapi lebih ke sarana dan prasaran yang menunjang dalam pembuat keputusan. So tercetuslah ide atasanku untuk membuat monitoring sales secara realtime dalam bentuk dashboard…. dan langsung aja beliau memberi assignment ini kepadaku…. OMG what must i do????

Report sales yang dibuat sehari sekali setelah jam operasi, pengennya bisa dipantau secara realtime.. langsung mengunakan sistem. Padahal server transaksi kantor gak ada disini tapi di negeri antah berantah sono. Jadi harus ditarik dulu datanya (*download maksudnya) untuk masuk ke server kantor yang selanjutnya aku tampilin via web dengan intranet. And as you know, staff IT kantor cuma ada , a, itupun 1 nya lebih expert ke networking kurang bisa koding, so aku dan riko lah yang mengerjakan kodingan program ini. Untuk partnerku itu jago banget ngodingnya secara doi pernah kerja di IT consultant. Selain kita, ada lagi mas syepta sebagai superiorku yang tahu flow proses reporting.

So kita bagi tugas, Riko bikin program untuk autodownload, mas syepta membuat rancangan UI apa saja yang ingin ditampilkan, dan aku bikin program dashboard untuk menampilkan data yang sudah tersimpan di server internal. dari akhir januari akhirnya selesai juga pas di tanggal 31 Maret 2015, pas banget akhir fiscal year kantor, pas banget review tahunan kantor, daaaan pas banget pembagian bonus… yeyeyyeye Alhamdulillah. segala kegalauanku selama ini terbayar sudah.

Gitu ya pas heatrik banget kemaren aku masih sempet ke Dieng dulu hehehe…. Program ini terdiri dari 2 aplikasi, 1 aplikasi bernama dashboard agent yang tugasnya auto download FTP yang bentuknya .FILE dikonvert masuk ke database internal yang memakai MySQL Server 5.6 . Aplikasi yang kedua adalah dashboard report sales.

parts
UI Parts Dashboard…. ini lagi maintain makanya masih sampai tanggal 3

 

 

Fiuh finally…. Alhamdulillah…

 

 

Let's write your opinion

%d bloggers like this: