Islam

Astra Gema Islami 2015

June 9, 2015

Assalamulaikum Warrahmatullahi Wabbarrakatuh

Astra Gema Islami atau yang sering disebut AGI merupakan rangkaian acara kegiatan Ramadhan di Astra. Rangkaian kegiatan AGI dimulai dengan kegiatan pra-Ramadhan, kegiatan selama Ramadhan dan kegiatan sesudah Ramadhan. Kegiatan tahunan ini diselenggarakan oleh Yayasan Amaliah Astra bekerja sama dengan affco (anak perusahaan Astra) sebagai sponshorship. Cakupan peserta kegiatan ini adalah seluruh karyawan Astra baik yang kontrak maupun outsourcing yang tersebar di seluruh Indonesia.

Dalam kegiatan ini akan diadakan lomba yang akan memperebutkan piala bergilir. Piala Bergilir AGI akan diberikan kepada kontingen perusahaan Grup Astra yang meraih penghargaan tertinggi terbanyak. Setiap perusahaan grup Astra yang akan bertanding dalam AGI akan di sebut dengan kontingen. Setiap kontingen diharapkan mengikuti semua cabang lomba yang ada di AGI. Dari setiap lomba yang ada di AGI akan diambil juara 1, 2 dan 3. Yang selanjutnya akan di konversi menjadi Emas, Perak dan Perunggu. Secara umum konsep Piala Bergilir AGI ini menganut konsep Olympiade atau Sea Games atau PON yang telah disesuaikan dengan aturan-aturan AGI.

Kini, Astra Gema Islami (AGI) telah memasuki tahun ke 6, tentunya telah mengalami berbagai perubahan yang lebih baik. Event yang pertama kali diselenggarakan pada tahun 2010 ini menjadi momentum silahturahmi bagi seluruh karyawan yang tergabung dalam Astra Grup. Rangkaian acara pun mengisi perjalanan AGI 2015. Ada beberapa lomba telah disiapkan  yang dapat diikuti selama  bulan Ramadhan. Beberapa lomba tersebut merupakan lomba tingkat Nasional yang dapat diikuti oleh karyawan anak perusahaan Astra dari jarak jauh karena beberapa lomba dilakukan secara on line melalui web AGI di www.amaliah-astra.com/agi

AGI
Situs Resmi Astra Gema Islami

Tahun ini AGI memiliki beberapa lomba yang bisa diikuti. Lomba dibagi menjadi 2 tipe yaitu online dan off line alias langsung on the spot. Untuk lomba online kebetulan tahun ini saya menjadi penanggung jawabnya, ada banyak penambahan serta inovasi yang diusung. Lomba online kali ini mengusung tema besar “Keteladanan” yang terbagi atas beberapa lomba berikut :

1. Kabar Ramadhan Astra

Kabar Ramadhan Astra adalah kompetisi dalam membuat liputan kegiatan ramadhan di Kantor Pusat/Cabang/Kebun/Site atau di manapun dalam lingkungan kerja Perusahaan Grup Astra. Artikel liputan dapat berupa Tulisan dan Foto yang dilakukan pada saat bulan Ramadan 1436H hingga sesudahnya. Rangkaian artikel dalam Kabar Ramadhan Astra diharapkan dapat dituliskan sehingga dapat membuat gambaran cerita kondisi kegiatan Ramadhan di seluruh penjuru perusahaan Grup Astra di Indonesia.

2. Lomba Cerpen Islam

Lomba Cerpen Islam adalah kompetisi dalam membuat tulisan atau cerita mengenai pengalaman yang bisa diteladani dalam bekerja sehari-hari di Astra. Cerpen tidak lebih dari 4 halaman yang dapat dikirimkan ke situs http://www.astragemaislami.com untuk dinilai oleh Tim Juri.

3. Lomba Komik Dakwah

Lomba komik merupakan salah satu bagian dari rangkaian acara tahunan Astra Gema Islami 2015. Tujuan dari lomba ini selain untuk penyampaian nasehat/dakwah/teladan menggunakan media komik atau cerita bergambar sekaligus untuk menggali kreativitas dalam membuat komik yang dapat menarik minat pembaca untuk melihat dan mengerti nasihat yang ada di dalamnya.

4. Lomba Poster

Lomba poster merupakan salah satu bagian dari rangkaian acara tahunan Astra Gema Islami. Tujuan dari lomba ini selain untuk penyampaian nasehat melalui poster juga untuk menggali kreativitas dalam membuat poster yang dapat menarik minat pembaca untuk melihat dan isinya tersampaikan.

5. Lomba Video Dakwah

Lomba Video Dakwah adalah salah satu ajang kreativitas bagi para karyawan untuk menampilkan Dakwah Kreatif dalam bentuk video. Lomba ini menggantikan LSKA, Lomba Syiar Kreatif Astra. Tujuan dari kompetisi ini adalah untuk meningkatkan semangat dakwah dalam mempererat ukhwah islamiyah grup Astra di seluruh Indonesia. Video Dakwah ini bersifat singkat padat dan jelas dengan durasi Max 2 menit termasuk opening dan credit title.

6. Lomba Video Salam Lebaran

Lomba Video Salam Lebaran Astra adalah salah satu ajang kreativitas bagi para karyawan untuk menampilkan ucapan “Salam Lebaran” dalam bentuk video. Tujuan dari kompetisi ini adalah untuk mempererat ukhwah islamiyah grup Astra di seluruh indonesia. Meski tangan tak berjabat, wajah tak bertatap, namun Hati tetap dalam satu ikatan ukhwah.

7. Lomba Sirah Nabi

Lomba Cerita Sirah Nabi adalah kompetisi dalam bercerita kepada anak tentang Sirah Nabi Muhammad. Materi Cerita telah disediakan oleh Panitia lomba. Cerita Sirah Nabi direkam dalam format MP3 kemudian dikirimkan ke situs http://www.astragemaislami.com untuk dinilai oleh Tim Juri. Keinginan hasil akhir lomba ini adalah dapat membuat rekaman sirah nabi dari nabi Lahir hingga Wafat yang dapat di download di opensirah.com untuk membantu syiar Islam.

Selain itu beberapa lomba yang on the spot atau offline juga melakukan penyisihannya secara online melalui situs AGI yaitu

8. Lomba Murottal Quran.

Lomba Murottal Quran adalah suatu kompetisi yang memperlombakan cara membaca Al-Quran sesuai dengan tajwid yang benar dan tepat. Tujuan diadakannya kompetisi ini untuk memotivasi semua muslim Astra agar mau belajar membaca Al-Quran dengan baik dan benar sesuai dengan tajwid. Dengan adanya kompetisi ini diharapkan para muslim astra bisa memanfaatkan ajang ini untuk mengukur tingkat kebenaran bacaan yang selama ini mereka terapkan dalam belajar membaca Al-Quran sehari-hari. Seleksi awal dilakukan secara Online melalui video yang diupload oleh peserta ke Youtube.

Dan lomba on the spot AGI tahun ini akan dilaksanakan pada puncak Acara AGI pada 8 Agustus 2015 sekaligus momen halal bihalal seluruh karyawan Astra. Lomba tersebut diantara nya :

9. Cerdas Cermat Islam Astra

Cerdas Cermat Islam Astra (CCIA) adalah lomba cerdas cermat dengan materi keislaman dan pengetahuan tentang Astra. Tujuan dari lomba ini adalah untuk mengasah kemampuan muslim astra dalam hal pengetahuan islam sebagai seorang muslim dan pengetahuan astra sebagai seorang karyawan group astra.

10. Lomba Tahfidz Quran

Lomba Tahfidz Quran adalah suatu kompetisi yang memperlombakan kemampuan hafalan Al-Quran, cara baca Al-Quran sesuai dengan tajwid yang benar dan tepat serta pengetahuan tentang Al-Quran. Tujuan diadakanya kompetisi ini untuk memotifasi semua muslim astra agar mau belajar menghafal Al-Quran dengan baik dan benar sesuai dengan tajwid. Dengan adanya kompetisi ini diharapkan profesional muslim Astra bisa memanfaatkan ajang ini untuk mengukur tingkat kebenaran hafalan yang selama ini diterapkan dalam menghafal Al-Quran sehari-hari.

Selain lomba bagi karyawan Astra adapula lomba yang ditujukan kepada anak karyawan, yaitu :

11. Lomba Tahfidz Quran bagi Anak

Lomba Tahfidz Quran bagi anak adalah suatu kompetisi yang memperlombakan kemampuan hafalan Al-Quran, cara baca Al-Quran sesuai dengan tajwid yang benar dan tepat serta pengetahuan tentang Al-Quran. Tujuan diadakanya kompetisi ini untuk memotifasi anak karyawan muslim astra agar mau belajar menghafal Al-Quran dengan baik dan benar sesuai dengan tajwid. Peserta masih berstatus TK atau SD hingga kelas V. Babak penyisihan peserta dilakukan secara online dengan membaca surat yang telah ditentukan oleh panitia yaitu At-Takwir yang kemudian di upload ke Youtube. Pada hari H, anak akan diuji hafalan surat di juz 30 saja.

12. Lomba Mewarnai

Lomba mewarnai adaah suatu kompetisi yang memperlombakan kemampuan mewarnai bagi anak karyawan Astra yang berusia TK hingga kelas V SD. Panitia akan memberikan sket atau gambar kosong yang akan diwarnai oleh anak. Peserta wajib menyelasaikan mewarnai dalam waktu yang ditentukan. untuk lomba ini tidak akan dihitung untuk kalkulasi medali dalam perolehan piala bergilir.

Jika anak-anak juga memepuanyai aktifitas, maka istri dari karyawan pun memiliki aktifitas khusus saat puncak acara AGI yaitu Area Akhwat. Di area akhwat akan diadakan bazar baju muslim dan pernak perniknya serta akan diadakan seminar. Seperti tahun lalu seminar Area Akhwat AGI diisi oleh Fitri Aulia.

kivitz agi
Bu Wiwik memberikan plakat ke Fitri Aulia

 

Yah begitulah kurang lebih konsep acara AGI 2015. Semoga Allah meridhoi semuanya sehingga acara tersebut dapat berjalan dengan lancar dan tujuan utama AGI dalam menyebarkan syiar, dakwah serta mempererat tali silahturahmi karyawan Astra bisa tercapai. Aamiin Ya Rabb

Wassalamualaikum Warrahmatullahi Wabarrakatuh

Let's write your opinion

%d bloggers like this: