Pendidikan

Menuntut Ilmu Seperti Huruf T

June 11, 2015

Assalamualaikum  Warrahmatullahi Wabarrakatuh

Entah apa yang membuatku ingin menulis hal ini, karena saat saya menuliskan status di facebook dan mengupload gambar seperti ini, sepertinya banyak orang yang tidak mengerti maksudku

Mari Menggambar…

Mencari ilmu itu seperti huruf T… Kalau ga luas ya dalam.. Sebaiknya sih yang luas dan dalam tapi kan susah ya… Aku lebih memih mencari ilmu yang luas… Mencoa sesuatu yang baru untuk mengerti ini itu

Aku sudah belajar CAD, kapan kamu belajar ngoding ? 😛

11391701_1009146299103471_6067523462143465103_n

Yah, aku yang background sekolahnya Manajement Informatika alias orang IT eh njilalah dapet kerjaan jadi seorang Promotion lalu dipindah ke bagian Market Research untuk sebuah perusahaaan Alat Berat dari Jepang. It’s mean that… Aku harus belajar hal baru karena secara dasar pengetahuan aku belum mengerti tentang hal itu. Untungnya aku kepoan alias suka belajar yang baru, karena dengan begitu aku mendapat kesempatan untuk menambah ilmu yang banyak banget yang belum tentu aku pelajari jika tidak mendapat amanah seperti ini.

So far aku belajar otodidak, internet sangat amat aku andalkan utuk hal ini terutama untuk download ebook dan jurnal yang berkenaan dengan marketing research. Dan untungnya, MyBabe alias atasanku selalu support dengan semua kebutuhanku, termasuk training… Thanks a lot Sir..

Daaaan Let’s CAD, usaha training mechanical engineering design yang sedang dirintis oleh caim membuatku ikut terjun membatunya. Kalau awalnya aku hanya bagian marketing and promotion buat bikin leaflet, bikin web, dan promotion tools lainnya serta merchandise kebutuhan peserta training. Kali ini aku dituntut untuk mengerti apa itu CAD, karena kalau ada calon peserta training nanya-nanya masalaj teknis aku bisa menjawabnya. Jadi aku pun mulai belajar CAD dengan software Autodesk Inventor.

Nah kebayang kan dari basic programming ke promotion abis gitu ke marketing research lalu ini aku harus bisa engineering design. Tapi aku tetep semangat belajar semuanya biar tau ini itu… Toh gak ada ilmu yang gak bermanfaat kan, apalagi perempuan sebagai madarasah pertama bagi anak-anaknya kelak….

Well, balik ke analogi ku bahwa menuntut ilmu itu seperti huruf T.

huruf-t

Kenapa huruf T ? Apa maksudnya?

Oke akan ku jelaskan maksuku… Ya seperti bentuknya T memiliki 2 komponen mendatar dan tegak lurus yang saling bertemu.. Nah menuntut ilmu alangkah baiknya seluas mungkin seperti bagian mendatar pada huruf T… Sebagai manusia tentunya kita harus mempelajari berbagai hal, semakin luas pengetahuan kita akan semakin baik. Membuat kita mudah untuk berkomunikasi jika memiliki lawan bicara yang berbeda beda bahkan bisa membantu seseorang jika mengalami masalah walaupun kita bukan dibidang permasalahan tersebut, setidaknya kita bisa memberikan suggestion…. Lalu apa hanya seperti itu menuntut ilmu yang baik? Oh tidak. Kita juga harus bisa memiliki fokus bidang keilmuan yang harus kita pelajari secara dalam seperti bagian tegak lurus pada huruf T. Hal ini biasanya dilakukan oleh para ilmuan yang selalu tekun untuk melakukan penelitian. Belakangan ini yang terlihat benar-benar mengimplementasikan ilmunya melalui riset sehingga menghasilkan invoasi adalah para ahli Information Technology, bentuk handphone yang semakin futuristik dengan fitu-fitu yang semakin membantu dalam kehidupan sehari-hari.

So, Yuk menuntut ilmu seperti huruf T… semakin banyak ilmu yang kita pelajari akan semakin membantu kehidupan kita sehari-hari… semakin dalam ilmu yang kita pelajari akan membantu kehidupan orang – orang disekitar kita. Belajar terus menerus dan bersungguh – sungguh karena “Man Jadda wa Jadda” , siapa yang bersungguh – sungguh pasti akan beruntung. Dan Islam adalah agama yang menghargai ilmu pengetahuan. Bahkan Allah sendiri lewat Al Qur’an meninggikan orang-orang yang berilmu dibanding orang-orang awam beberapa derajad.

Niscaya Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajad. (Al Mujadilah: 11)

Cukup sekian penjelasanku tentang analogi huruf T dalam menuntut ilmu, semoga bermanfaat

Wassalamualaikum Warrahmatullahi Wabarrakatu

Let's write your opinion

%d bloggers like this: