Berkebun

Voluntary Day Penanaman Mangrove PT UT dan AHEME

June 13, 2015

Assalamualaikum warrahmatullahi wabarrakatu

Weekend ini aku punya kegiatan seru, setelah lama tidak bermain-main dengan lingkungan, ya terakhir pas jaman akhir kuliah ikut acara bersih-bersih gunung Gede, hari ini(13/06) aku dapet kesempatan untuk join kegiatan pelestarian lingkungan. Yup Voluntary Day Penanaman Mangrove PT United Tractors AHEME. Kegiatan ini mendukung program Pemerintah dalam penyelamatan dan pelestarian mangrove dan merupakan bagian dari program UTREES (United Tractors for Nature & Environment Sustanability)  yang didedikasikan sebagai bentuk kesadaran dan partisipasi aktif AHEME (Astra Heavy Equipment, Mining, and Energy) dalam pengelolaan dan pelestarian lingkungan hidup.

Kegiatan ini dilaksanakan di Pantai Muara Tawar, kelurahan Segara Jaya, Kecamatan Taruma Jaya, Kabupaten Bekasi. Awalnya aku pikir daerah ini merupakan kawasan rawa-rawa Marunda- Jakarta Utara, namun setelah pembukaan acara ternyata kawasan konservasi mangsrove tersebut sudah masuk di Kabupaten Bekasi. Nah acara dimulai pukul 06.30 pagi berkumpul di depan New Building HO United Tractors lalu rombongan menuju pantai muara tawar.

Acara dibuka oleh sambutan-sambutan dari Bapak Camat Taruma Jaya, kemudian perwakilan dari Dinas Perikanan dan Kelautan Kab. Bekasi, Bapak Kapolsek. Serta melibatkan tokoh masyarakat setempat, anak-anak SMA, dan beberapa mahasiswa pemerhati lingkungan fakultas kehutanan dari Institut Pertanian Bogor. Pada kesempatan kali ini, tidak hanya penanaman mangrove, tapi ada pengobatan gratis khususnya bagi masyarakat pesisir pantai muara tawar.

Sebelum acara tanam menanan dimulai, kami peserta dijelaskan cara menanam mangrove. Langkah pertama adalah memastikan bahwa bibit mangrove dalam kondisi baik maksudnya tidak ada batang yang retak. Setelah itu buka plastik bibit mangrove. Tancapkan batang bambu yang nantinya berguna sebagai penyangga. Gali lumpur sedikit. Lalu tanam bibit mangrove dengan memasukkan bibit ke lumpur yang telah digali lalu kubur hingga tertutup.  Untuk membuatnya kuat tidak mudah terhempas ombak, kaitkan batang bibit marove ke batang bambu yang sudah ditancapkan sebelumnya. Mudah bukan menanam mangrove? Nah, kalian harus coba sendiri, apalagi merasakan sensasi jalan  di lumpur, itu serunya bukan main. Salah langkah maka kaki akan makin masuk, setelah bisa melangkah kakinya akan susah juga diangkat… hahah selamat mencoba…

Berikut beberapa dokumentasinya ^_^

IMG_20150613_084708
Menyiapkan bibit mangrove
20150613085038(1)
Akhirnya nyampe tengah, siap menanam mangrove
20150613085252
Mari menanam bersama-sama
20150613085933
Gotong royong menanam mangrove
20150613090743
Yeee kita sudah menanam mangrove
20150613090910
Sempetin foto di perahu nelayan
IMG_20150613_094857
Waktunya bersih – bersih badan ^_^ kompak sekali

Overall acaranya bagus, unsur edukasinya kena, pelestarian lingkungannya kena, dan bagiku humanisnya pun kena. Secara lingkungan pesisir pantai di muara tawar cukup memprihatinkan, kurang pasokan air bersih, ya meskipun pas acara kita dapet jatah air bersih dari kantor tapi untuk mesyarakat disana sehari-hari mengandalkan pedagang air jirigen. Belum lagi kondisi lingkungan lainnya padahal mereka tinggal tak jauh dari ibukota negara… Oleh karena itu pengobatan gratis yang diadakan ini benar-benar dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar. Ya semoga akan ada acara ini kedepannya….. Daaaaan the last but no least… Yuk lestarikan lingkungan… Jangan hanya jadi penikmat alam… Jadilah pecinta alam yang sesungguhnya. Salam Lestari.

Wassalamualaikum warrahmatullahi wabarrakatu

Let's write your opinion

%d bloggers like this: