Self Reflection : Diuji Artinya Disayangi

Assalamualaikum Warrahmatullahi Wabarrakatu

Kehidupan manusia ibarat roda yang selalu berputar, terus menerus dari atas kebawah bergulir seiring perjalanan hidup. Dalam perjalanannya pasti ada saja kerikil, batu atau bahkan paku yang bisa saja merusak jalannya roda. Seperti halnya kehidupan yang memiliki ujiannya tersendiri. Setiap orang, selagi dia hidup pasti akan diuji entah dalam bentuk apa pun itu, dinamika kehidupan itu yang harus di hadapi dengan baik. Karena setiap ujian akan memberikan dampak yang akan memebawa kehidupan kita menjadi lebih baik atau tidak, akan ‘naik kelas’ atau ‘tetap tinggal’.

Namun setiap menghadapi ujian-Nya selalu ingat janji -Nya yang tidak akan memberikan ujian melewati kemampuan umat-Nya yang ditunagkan dalam Surat AL- Baqarah ayat 286. Jadi setiap permasalahan seharusnya bisa kita lalui tergantung kita bisa memahami kemampuan untuk menyelesaikan atau tidak karena kadarnya telah sesuai pada kemapuan yang kita miliki. Dan yakinlah bahwa di bersama kesulitan ada kemudahan seperti yang ada di Surat Alam Nasyrah ayat 5 dan 6.

Jadi yakinlah bahwa ujian itu artinya Allah menyayangi kita karena Dia telah memberikan ujian sesuai kemampuan lalu memberi kemudahan setelah menghadapi kesulitan. Moment paling tepat untuk bermuhasabah dan lebih dekat pada-Nya. Allahu Akbar..

Semoga kita bisa ‘naik kelas’ terus ya… Aamiin..

Wassalamualaikum Warrahmatullahi Wabarrakatu

You may also like

4 Comments

  1. kalau konsisten dalam menerjemahkan kata “ma’a”, maka arti ayat kelima dan keenam dalam surat al-insyirah bukanlah setelah kesusahan ada kemudahan…. melainkan bersama kesusahan ada kemudahan. wallaahu a’lam

Let's write your opinion