Pendidikan

Mengatur Keuangan Perempuan Pekerja Lajang

November 5, 2015

Assalamualaikum Warrahmatullahi Wabarrakatuh

Mengatur keuangan bagi setiap orang memang diberbeda-beda, ada yang sangat detail dengan merencanakan setiap pemasukan dan pengeluarannya, ada pula yang mengalir bagai air alias mengikutin 2 hal yaitu yang diinginkan dan yang butuhkan. Apalagi untuk perempuan yang umumnya doyan belanja *sorry for generalisasi ^_^ tapi ya memang begitu adanya. Jadi dibutuhkan tips and trik gimana cara mengatur gaji bagi perempuan pekerja supaya bisa cukup, bermanfaat  dan bisa menjadi investasi untuk masa depan… Ini dia cara KEINA mengatur keuangannya.

Saya termasuk orang yang mengatur keuangan setelah mendapat gaji

1.Bersedekah

Baju baru aja kalau mau dipakai harus dicuci dulu supaya bersih apalagi gaji yang jelas-jelas ada hak atau rizqi orang lain disana “Dan pada harta-harta mereka ada hak untuk orang miskin yang meminta dan orang miskin yang tidak mendapatkan bahagian” (QS. Adz-Dzariyat: 19). Jadi sebelum memakai gaji untuk kebutuhan alangkah lebih baiknya untuk bersedekah. Insya Allah gaji menjadi “bersih”… Aamiin.

2. Membayar Pengeluaran Wajib

Setelah bersedah barulah kita gunakan untuk membayar pengeluaran wajib. karena wajib jadi memang harus didahulukan, contoh : Bayar listrik, air, kontrakan (yang masih ngontrak), cicilan wajib lainnya. Untuk cicilan usahakan jumlahnya maksimal 30% dari gaji bulanan agar tidak telalu “mencekik” kebutuhan yang lainnya.

3. Mengirim Untuk Orang Tua

Bagiku ini penting, sedikit banyak kita harus memberikan sesuatu untuk orang tua, entah itu langsung berupa uang ataupun barang sebagai tanda bahagia untuk mereka. Meskipun orang tua bilang tidak usah tapi sempatkanlah, Aku sendiri pernah mengalami entah sugesti atau apa, aku pernah tidak mengirim untuk orang tuaku dan ternyata uang gaji yang kuterima tidak cukup sampai akhir bulan tapi kalau mengirim sedikit lebih malah rejekiku ada saja, yang tetiba dapet ini lah itulah atau dimudahkan ini lah itulah. It’s mean that make our parents is important. Karena ada doa dan rasa syukur mereka yang memberi jalan untuk kita mencari rizky.

4. Tabungan Wajib

Nah menabung sebaiknya diawal bukan uang sisa, upayakan menabung memiliki target bisa berupa presentase misal 20-30% ataupun nominal. Kalau aku sendiri termasuk yang memilih menabung wajib secara dengan nominal. Jadi sebenarnya pas gaji turun menganggap jumlahnya sudah berkurang dari tabungan wajibku. Nominal tabungan wajib akan berganti tiap tahunnya sesuai kenaikan gaji. Bingung ga…? Jadi misalnya gini… Gajiku bulan ini 3.571.000 (misal loh ya) .. Aku berniat menabung sebesar 500.000 per bulan, jadi aku akan menganggap gajiku cuma 3.071.000 begitu.. Tabungan wajib ini berguna nantinya untuk investasi atau keperluan besar lainnya seperti menikah,,,, *cieeee

5. Belanja Bulanan

Nah setelah segala kewajiban terpenuhi dari nomer 1-4 barulah aku memikirkan kebutuhanku sendiri. Belanja bulanan terkadang terlihat lebih besar tapi bagiku ini siasat buat perempuan yang suka kalap belanja *kayak gue *. Dengan belanja bulanan aku tidak perlu wara wiri toko kelontong untuk beli ini itu. Kecil kemungkinan pengen beli shampo di indomaret ngambilnya cuma shampo, ya bisa jadi ketambahan ice cream magnum lah… hehehe itu kan lebih bahaya . Untuk itu aku list kebutuhanku lalu belanja ke supermarket besar sekalian nyari yang lagi discount.

6. Tarik uang mingguan

Lalu jangan biarkan uang cash terlalu banyak di dompet. Cukup tarik tunai seminggu sekali saja sehingga pas kebutuhannya. Karena ditakutkan banyaknya uang cash akan meningkatkan keinginan untuk beli ini itu hehe.. Jadi harus dihitung seminggu kira-kira akan menghabiskan budget berapa lalu diambil deh uangnya. Bisa juga dari sisa uang dari kebutuhan dari 1-5 itu dibagi 4, karena 1 bulan kan 4 minggu. Jadi berapapun itu hasilnya berusahalah merasa cukup….

7. Hemat diawal bahagia di akhir

Nah ketika memasuki minggu terakhir menjelang gajian lagi ternyata uang yang kamu irit-irit itu sisa kamu bisa membeli apa yang kamu inginkan…. kalau sisa loh ya…. hehehe kan mottoku hemat diawal bahagia diakhir, mendahulukan kebutuhan lalu menikmati keinginan…. Karena memanjakan diri itu tidak ada salahnya, membuat diri sendiri senang itu juga perlu. Misal uang sisamu hanya cukup untuk jalan-jalan ke monas yasudah lakukanlah… Berusahalah memiliki pikiran positif agar tak mengeluh kekurangan uang diakhir bulan. Justru bisa jadi ketika uang teman-temanmu seret, malah kamu yang sedang happy ^_^… Jadi bijaklah mengatur keuangan sedari awal gajian ^_^

Yeah my 7 step to happy as a single salary girl…. hehehe akan beda ceritanya kalau nanti sudah menikah ataupun telah memiliki anak…

  1. Aku dulu waktu masih kerja juga langsung membuat pos-pos pengeluaran begitu dapat gaji. Enak, pengeluaran terkontrol. Jadi baik tgl muda atau tua sama saja, karena pengeluaran sudah dianggarkan. Tgl tua seringnya malah seneng, karena dpt sisa uang, bisa buat pengeluaran suka2 hehe..

Let's write your opinion

%d bloggers like this: