Berkebun

Bergabung di Bekasi Berkebun

February 15, 2016

Assalamualaikum Warrahmatullahi Wabarrakatuh

Pasca menikah pastilah ada yang berubah, 2 manusia yang memiliki segala galanya beda mulai dari sifat, hobi, selera dan lain-lain dah banyak yang beda. Termasuk aku yang kerasaaaaaa banget bedanya dengan suami. Tapi disitulah warna dalam sebuah hubungan. Nah, kebetulan suami punya hobi baru yang menurutku seru yaitu Berkebun. Sebenernya dia juga lagi tahap belajar sih makanya butuh banyak ilmu dan pengetahuan untuk jadi Pekebun. So dia ikut sebuah komunitas yang cocok untuk hobinya itu, Bekasi Berkebun.

Logo Bekasi Berkebun

Apa itu Bekasi Berkebun?

Bekasi Berkebun adalah salah satu bagian dari jejaring Indonesia Berkebun yang bergerak melalui media sosial dan bertujuan untuk menyebarkan semangat positif untuk lebih peduli kepada lingkungan dan perkotaan dengan
program urban farming.
Memiliki visi Edukasi, Ekologi dan Ekonomi, Bekasi Berkebun yang  dirintis sejak Oktober 2011 sudah bekerjasama dengan berbagai komunitas lain, perusahaan dan didukung oleh Wakil Walikota Bekasi, Bpk. Ahmad Syaikhu.

Bekasi berkebun memiliki 2 kebun sebagai tempat untuk beraktivitas. yaitu

  • Kebun Rumdin

Kebun Rumdin merupakan kebun rumah dinas  Wakil Walikota Bekasi, Bpk. Ahmad Syaikhu yang bertempat di Jl Mataram No 22, Jakasampurna. Awalnya aku sempat ragu dan minder, Apa iya kita masuk ke kebun rumah dinas Wakil Walikota? Setelah sampai didepan rumahnya, aku menghalang-halangi suami yang berniat ngetok pintu pagernya secara tempatnya sepi dan dijaga polisi gitu. Eh tapi suami malah ngetok pagernya yang tinggi nan gede itu… -_-

Tapi keraguanku sirna ketika penjaganya sumringah mempersilahkan kita masuk…. Ya Allah beneran ini? dalem hati masih ragu. Eh pas nyampe dalem rumahnya diarahin ke bagian belakang, ternyata benar ada kebun dan spanduk komunitasnya, Tapi kok sepi ya? lagi-lagi aku masih ragu.. Aku minta pulang aja ke suami. Eh bukannya nurutin pulang, suami malah foto-foto tempatnya. Tapi tidak lama kemudian muncullah Mba Adit.

Yup, Mba Adit merupakan salah satu anggota Bekasi Berkebun yang kebetulan sedang piket hari itu.. Sebenernya suami udah Whatsapp-an sih di group makanya dia PeDe aja masuk.. Hmmm. Dengan telaten Mba Adit menjelaskan kegiatan apa saja yang dilakukan di kebun milik Bapak Wakil Walikota ini. Disediakan sepetak tanah untuk diolah menjadi kebun yang ditanami sayuran dan buah-buahan. Selain itu ada pula alat pencacah sampah untuk keperluan komposting. Jadwal kegiatan di Kebun Rumdin ini adalah setiap hari Sabtu baik itu pagi hingga sore. Ada anggota Bekasi Berkebun yang stand by untuk merawat kebun tersebut.

IMG_20160123_101302
Penampakan Kebun Rumdin 1
IMG_20160123_101248
Penampakan Kebun Rumdin 2
IMG_20160123_101237
Aku dan Mba Adit ^_^

Setelah nanya-nanya ini itu segala macem uneg-uneg suami dalam usahanya bikin kebun di rumah kami yang mungil akhirnya terjawab juga. Aku yang gak ngerti apa-apa coba menyimak pembicaraan saja, seperti gimana cara bikin kompos biar cepet busuk, secara suami bikin dirumah malah keluar belatungnya hiks…. terus gimana cara bikin pestisida alami, soalnya mangga yang ditaruh di depan rumah biar kena cahaya matahari yang sempurna malah dimakan kambing dan sekarang sakit makanya perlu pestisida… And bla bla bla… Sampe ujung-ujungnya kita pamit dengan membawa oleh-oleh yaitu kacang panjang dan cabe hahahaha… Makasi ya Mba Adit ^_^

  • Kebun Ceria

Kebun kedua yang didukung oleh Waste4Change berlokasi di perumahan VIDA Bekasi tepatnya di Rumah Pemulihan Materil w4c daerah Mustikajaya. Bekasi Berkebun sering mengadakan acara disini setiap hari Minggu. Kebetulan mereka memang sedang mengadakan Open House untuk menjadi anggota komunitas tersebut.

open house bekasi berkebun
E Brochure Open House

Nah di event inilah pertama kalinya kami nongkrong bareng anggota Bekasi Berkebun hehehe… Kok nongkrong bukan berkebun? Jadi.. karena eventnya Open House acaranya ga cuma seputar berkebun aja… Ya tetep sih ada acara rawat kebun seperti nyangkul, diskusi hama taneman kale, panen sayur kol dan lainnya. Tapi ada juga acara bakar-bakar… Bukan bakar sampah loh tapi Barbequ ala ala gitu hehehe… Acaranya seru. Kebetulan kedatangan juga dari anggota Cikarang Berkebun jadi rame deh… Sungguh penyambutan anggota baru yang baik hehehe ^_^

Kebun ceria
Penampakan Kebun Ceria – Ada Mba Adit Disana Foto diambil dari @bekasiberkebun
HAMA
Hama serangga di tanaman Kale
IMG_20160124_162303
Kar Bakar from @bekasiberekebun
bakar bakar bekasi berkebun
Here we are

Untuk info lebih lanjut bisa kunjungi

Web : http://www.bekasiberkebun.com/

Instagram : https://www.instagram.com/bekasiberkebun/

Fanpage : https://www.facebook.com/bekasiberkebun/

Twitter : https://twitter.com/Bekasiberkebun

 

Mereka sering ngadain acara dengan menyebarkan e brochure di berbagai medsosnya, contoh nya seperti ini

rawat Kebun rawat kebun ceria

So, Berkebun Yuk

Berkebun Yuk by vial380.png

 

Wassalamualaikum warrahmatullahi Wabarrakatu

kei tra

  1. waaaah…asik banget tuh, kalau semua warga bekasi masuk dan melakukan berkebun pasti deh panasnya bekasi moal panas bet…apalagi nyamuknya…hadeuh
    ….nyamuknya mah satu sih…cuman temennya banyak banget

    1. Hahaha iya nyamuknya satu temennya banyak… Iya yuk warga bekasi ikutan.. didukung penuh sama pak wawali tinggal warganya aja ini hehe

    1. Haha tapi kalo belatungnya keluar dari komposter aku yang mencak-mencak mba hahaha… akhirnya suami beli bakteri untuk mempercempat komposting ntar aku ceritain deh hehehe…

    1. Ada banyak cabangnya ko mba tetty… Aku aja kan tinggalnya di Cakung Jaktim ikutnya malah yang ke Bekasi soalnya Jaktim Berkebun adanya di daerah mepet bogor gt mba…

Let's write your opinion

%d bloggers like this: