Kuliner

Mencicipi Sate Maranggi

March 18, 2016

Assalamualaikum Warrahmatullahi Wabarokatu

 

Kamis kemaren (18/03) aku plant visit ke supplier kantor yang ada di daerah Industri Purwakarta. Sengaja banget jadwalnya dimepetin sesinya jadi pas jam istirahat di lanjut pertanyaan dibablas sampe akhirnya pulang. Barulah setelah pulang bisa tenang melipir dulu makan sate maranggi ^_^

Ini pengalaman pertamaku, sebelum-sebelumnya cuma bisa liat temen yang sering makan disana secara kebanyakan mereka emang kerja di daerah Puwakarta. Kami makan di RM Sate Maranggi Cibungur milik Hajah Yeti. Apa sih bedanya sate maranggi dengan yang lain? Sate maranggi itu bumbunya sudah ada di daging satenya sebelum dibakar sehingga lebih meresap, saat makan tanpa bumbu pun sudah terasa bumbunya… Kebayang kan enaknya gimana… *lap iler…

Sate Maranggi Cibungur ini memang ramai pengunjung karena rasanya juara dan dijadikan maskot kota Purwakarta, gak heran kalo banyak deretan foto artis, pejabat, dan orang penting lainnya yang terpasang di dinding rumah makan tersebut.

So gimana sih penampakannya ???

 

Ada 3 sate yaitu ayam, kambing dan sapi. Semuanya enak tapi yang paling aku suka adalah sate sapi karena empuk lalu bumbu satenya kayak ada guruh-gurih kelapanya gitu pleees ga ada lemaknya cuy…Oh ya kalo bedain mana sate ayam kan gampang ya soalnya keliatan tekstur dagingnya yang beda tapi kalo bedain sate kambing dan sapa kan susah-susah gampang, kalo di sate maranggi ini untuk sate kambingnya ada 1 potong lemak ditengah-tengahnya sedangkan sate sapi tidak ada pyur daging aja.

Selain sate, tempat ini juga menyediakan sop daging, ikan bakar, dan berbagai varian minuman. Aku nyobain sopnya dan es kelapa muda. Sop nya sih enak tapi biasa kayak sop sayur malah bukan sop daging yang suka aku makan di daerah Tj Priok, bener-bener sop sayur gitu cuman ada “balungan” alias tulang dagingnya.

Banyak juga makanan pendukung semacem gorengan, es buah, buah segar,,nasi bakar dan si pete hehehe.. Banyak yang ready dan berseliweran… tapi kita harus langsung bayar untuk makanan yang ini.

Selain menyediakan makanan yang uenak pol disini juga ada toko souvenir yang bisa dijadikan oleh-oleh Purwakarta karena desainnya etnik banget sesuai daerah dan harganya juga murah. Selain itu di tempat ini juga disediakan musholah yang bersih dengan fasilitas yang lengkap. Awalnya rada underestimate gitu mau sholat takut gak ada mukena atau tempatnya kotor tapi musholahnya sangat amat bagus…

Jadi rekomen banget makan di tempat ini, aku sendiri masih terngiang ngiang enaknya sate sapi maranggi ^_^ kapan-kapan harus bisa mampir lagi..

alamatnya ada di Jalan Raya Bungursari, Cibungur, Bungursari, Kec. Purwakarta, Jawa Barat, Indonesia. Tanya aja RM Sate Maranggi Cibungur pasti pada tau semua ^_^

Wassalamualaikum warrahmatullahi Wabarrakatu

kei tral

  1. Aku dulu sering makan sate maranggi pas KKN di Purwakarta, satenya enyaak banget. Duh jadi kangen sama sate maranggi, udah nggak pernah makan sate ini lagi soalnya sejak selesai KKN.

    1. wah kurang paham ada ato engganya.. yanag jelas sate maranggi kan sate yang udah di bumbuin duu debelum dibakar coba cari yg seperti itu dijakarta… Makasi sudah berkunjung

    1. Iya katanya temen begitu.. dulu pohon jatinya maish banyak, sekarang sudah jadi tempat sate semua… luar biasa..

  2. Duuuhh, denger nama sate maranggi aja tuh rasanya pengen nelen ludaah. Sayangnya jauh ya di purwakarta. Huhu. Tapi seandainya pun ada yang di jakarta pasti ngga akan seenak yang dipurwakarta ini ya Maaak

  3. kapan-kapan mesti cobain sate maranggi versi DPR mba (Dibawah Pohon Rindang) hehe.. Tempatnya di kompleks Kujang cikampek. Ga kalah asiik dan enaknya mba 🙂

Let's write your opinion

%d bloggers like this: