Jalan-jalan

Explore Batu Malang dalam Sehari

April 7, 2016

Assalamualaikum Warrahmatullahi Wabarrakatu.

Apa kabar semua? sudah ada rencana liburan untuk akhir pekan? di Kamis Romantis ini, Mirna akan share tentang explore Batu Malang dalam sehari yang merupakan rangkaian honeymoon hari ke 2 di Malang, cerita honeymoon hari pertama nya di Pantai Bolenjlok ada disini

Bisa kemana aja sih sehari di Batu Malang, yuk mari aku jabarin itinerary nya lewat cerita berikut ini.

Dari kota malang, kita check out dulu dari guest house Kertanegara. Menurutku ini bukan guest house biasa karena bentuk dan pelayanannya seperti hotel bintang 3, ada lift dan kamarnya pun nyaman, Well aku akan bercerita kapan-kapan tentang pengalaman menginap di sini.

Setelah check out aku sarapan dulu di Rawon SBY. SBY disini bukan Surabaya melainkan Susilo Bambang Yudhoyono, bapak Presiden RI ke 6. Dikasih nama Rawon SBY karena si bapak SBY suka mampir makan disini jika sedang berada di Malang. Banyak foto bapak sekeluarga yang dipajang di rumah makan ini. Pantas aja seorang kepala negara sampe suka, lah wong rasanya enak banget. Kuahnya pas ga kentel kebanyakan kluwek ga terlalu encer juga apalagi potongan dagingnya yang tebal namun tetap empuk bikin rawonnya makin gurih makin aduhai di lidah.

Proses sarapan ga begitu lama cuma setengah jam malah kurang lebih jam 9 pagi kita mulai berangkat ke Batu Malang, alhamdulillah perjalanannya ga seberapa jauh cuma 30-45 menit sampe di destinasi pertama.

Taman Rekreasi Selecta

Tempat wisata yang terkenal memiliki taman bunga yang indah ini terletak di daerah Bumi Aji kota Batu Malang. Ada kolam renang, sepeda air dan permainan lainnya dengan pemandangan hamparan bunga yang indah banget. Pokoknya ga ada habisnya foto ditaman bunga ini. Tapi inget jangan sampe menginjak bunganya ya.. soalnya sudah disediakan rute/jalan kalau mau foto ditengah-tengah bunga. Karena aku sama suami ga pake acara prewed makanya kesempatan banget kesini bikin foto post wedding… lebih halal dan enak mau pose model apa hahaha..

Harga tiketnya 25.000/orang dan tiket parkirnya 10.000 untuk mobil. Di pintu masuk kami sudah disambut dengan gapura cinta dari bunga.. bikin cintanya makin berbunga-bunga.. cielah.. Pas wira wiri jepret sana sini, kami cuma naik 1 wahana yaitu sepeda melayang (sky bike) dengan harga 20.000 untuk 2 orang sisanya dihabiskan untuk foto-foto aja dan itu pun ga lama soalnya panas banget waktu kesana.

Petik Buah Apel Selecta

Ini destinasi yang ga ada di itinerary, mendadak suami pengen wisata agro yaitu petik apel atau Merah Susu Sapi… Oalah ada-ada aja.. untungnya ada tempat wisata petik apel baru di sebelah selecta.. Yauda deh coba kesana.. Letaknya persis jalur keluar selecta disitu ditulis Wisata Petik Apel Murah, bener sih cuma 15.000/orang kita bisa petik apel dan dimakan ditempatnya langsung. Kalau ada yang dibawa pulang harganya 20.000/kilo.

Suami langsung girang buat petik-petik apel untuk dimakan. Alhamdulillah nya pas banyak yang bisa dipanen jadi apelnya enak dimakan. Saranku sih kalu petik apel gini pastikan apelnya sudah besar dan matang, lalu hat-hati memetiknya karena kalau salah, buah disampingnya yang tidak kita inginkan akan ikut jatuh, selain itu usahakan menghabiskan apel yang sudah dipetik. Soalnya aku ngalamin sendiri kalo metik ga hati – hati eh segerombol apelnya jatuh semua jadi kan mubadzir.. Banyak juga pengunjung yang lain yang asal petik, dimakan, lalu dibuang sayang. padahal mah kalau milihnya bener rasanya maniiiiis…

Cuban Rondo

Ini destinasi yang agak kurang aku suka soalnya trauma dulu waktu kecil disuruh mandi di air terjun ini, airnya dingin terus mistis mistis gimanaaa gitu makanya kurang suka. Tapi Mas Dharma yang ngaterin bilang kalo sekarang Cuban Rondo bukan hanya air terjun tapi ada Wahana Wisatanya. Yaudahlah kita melipir kemari. Kurang lebih 15 -20 menit dari Selecta.

Weits bener ternyata, tempatnya jadi bagus ada banyak spot-spot yang bisa dikunjungi. Tapi menurutku jadi matre soalnya setiap tempat yan dikunjungi berbayar padahal menurutku itu taman doang.Jadi nih masuk kawasan cuban rondo bayar, ke spot A bayar, spot B bayar padahal kurang valueable menurutku.  Yaudah akhirnya kami masuk taman 10.000/orang lalu ke labirin 10.000 lagi per orang. Karena kami disini jam 12.30 an jadilah sholat dhuhurnya di sini.

Rumah Makan Sate Kelinci

Waktunya makan siang.. Kami makan di Rumah Makan Sate Kelinci yang njilalah ko tepat di depan hotel yang aku pesan yaitu Kampung Lumbung padahal nyari tempat makannya gambling dan aku juga belum tau hotel yang sudah aku reservasi hehe.. RM ini di Jalan Raya Pattimura no 126, Batu Malang.

Makananya enak, ya ada harga ada rasa mah, Rp 38.000 untu 10 tusuk sate dan Rp. 26.000 semangkok gulai kelinci. Tempatnya juga enak dibuat gubug remang-remang dan lesahan gitu. Yang paling aku suka adalah gulai kelinci, kalau yang lain sukanya sate kelinci. Solanya gule kelincinya pedes tanpa tambahan sambel udah pedes.. Mantab.

Museum Transportasi

Setelah makan kami meluncur ke Museum Transportasi yang emang udah terkenal banget ya. Dari luar tampak pesawat jet nya yang bikin orang kepo pengen buruan masuk. Oh ya sediakan powerbank kalau kesini soalnya kita ga boleh bawa kamera apapun kecuali hape tapi jika tetep ingin bawa harus bayar, jadi daripada bayar ya mending pake hape aja ya.. Untung Mas Dharma baik banget bawain power bank ples minum buat kami.

Kami disambut dengan mobil-mobil jadul yang antik, yaudalah foto-foto. Tapi suami ngedumel katanya ngapain kesini cuma foto-foto doang bayar Rp70.000 gitu katanya hadeeeeh… yauda muter-muter eh dia mulai terpukau pas ada simulasi suara pesawat, terus sepeda ontel jaman dulu ples mobil listrik Pak Dahlan Iskan yang tabrakan yang semua engine nya dikeluarin, suami baru semangat foto-fotonya… Huuu lempar piston nih… Oooopppss

Udah deh mulai ngeliter foto sana sini.. Dan di akhir perjalan pas mau keluar suami nyeletuk… “Ko ada ya orang kaya gila yang bikin beginian, gila koleksinya komplit, klasik, dan mahal” gitu katanya.. Lengkapnya Museum ini ada apa aja yang bisa di explore, aku bakal bikinin tulisan sendiri.

Museum D’ Topeng

Dari namanya udah ketahuan kan isinya apa? Yup isinya banyak banget topeng. Letak nya tepat disamping Museum Transportasi. Cukup dengan melewati pasar apung dan jembatan gantungnya yang bikin rada deg-degan pas lewat kita sudah sampai di pintu Masuk D’Topeng. Ternyata tempatnya kecil cuma diatur sedemikian rupa sehingga berkelok-kelok dan bisa menampilkan semua koleksi nya.

Selain topeng di Museum ini ada juga wastra Indonesia alias kain khas Indonesia, lalu pusaka, dan benda purbakala lainnya. Jujur aku agak serem sih,dengan tampilan seperti itu ditambah tempatnya yang sempit bikin aku takut malah akhirnya aku jalan buru-buru sampe ketemu jalan keluar, beda sama suami yang sepertinya menikmati.. Duh…

Kurang lebih jam 17.30 selesai jalan-jalan kami dengan 7 destinasi.. Eits tapi ga sampe situ doang… Kami check in dulu ke Kampung Lumbung Boutique Hotel untuk bebersih diri soalnya pas keluar kami kehujanan. Barulah jam 19.00 kami jalan lagi.

Alun-alun Kota Batu

Rencana awalnya kami mau ke BNS alias Batu Night Spectacular yang udah terkenal banget tapi aku sendiri belum pernah kesana sama sekali makanya pengen banget kesana. Tapi ko njilalah habis hujan tadi sore sampe malem ini ko gerimis mengundang mulu.. >_< So daripada ga kemana-mana kami tetep jalan buat nongkrong di Alun-alun Kota Batu.

Walau gerimis romantis banyak juga yang kesini buat jajan. Kami memilih untuk minum susu murni KUD, karena kehujanan ples Kota Batu yang dingin jadi butuh segelas susu hangat untuk menghatkan badan. Suami juga beli ketan susu durian yang ada di Alun-Alun, kedainya rameeeee banget, banyak club motor yang mampir kesini. Tapi ketannya di bungkus di makan di KUD

Sekitar jam 20.00 kami sudah kembali ke hotel, disambut gorengan dan teh hangat sebagai welcome drink yang belum sempet dikasih waktu kami check ini tadi.

Jadi sekarang tau kan, Dalam waktu sehari bisa kemana aja di Batu Malang…  Emang harus komit dan sedikit marathon.. Cuma aku sih menikmatinya setiap perpindahan juga tidak terlalu merepotkan hanya membutuhkan waktu 15-20 menit perjalanan.

Thank you Malang Treasure yang sudah arrange Marathon Honeymoon buat kami ^_^

Wassalamualaikum Warramatullahi Wabarrakatu

kei tral

  1. Di bawahnya sky bike di Selecta itu masih ada bunganya ya? Terakhir kali teman cerita klo di bawahnya sky bike itu bunga-bunganya sudah hilang. Entah mau diremajakan tanamannya atau gimana.

  2. OMG, terakhir kesana tahun 1990an hhahahhaha. Ngga bisa kemana – mana krn masih kecil. Sekarang enak banget tempat wisatanya, itu museum transportasi mirip sama Universal Studio Singapore hihihih kerennnnnn.

    1. Banyak tempat wisata yang saling berdekatan dan mudah di kunjungi. Yang paling kece emang si museum transportasi..

    1. iya berasa di dunia apel tengok kanan kiri apel semua pengen… iya kali bawa tisu ya,,, duh itu mampir ga sengaja sih… makasi ya udah mampir kesini

  3. Tahun lalu saya ke Batu Malang belum sempat ke Selecta Mba.. Padahal pengen bangettt, Museum Angkut/Transportasi menurut aku tempat yg paling nice untuk foto-foto hihihi 🙂

Let's write your opinion

%d bloggers like this: