Jalan-jalan

8 Topik Obrolan Yang Sering Dilakukan Saat Boncengan

April 12, 2016

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarrakatu

Siapa disini yang sering naik motor? Hayo-hayo acungkan tanganmu ^_^.. Sapa disini yang naik motornya sering boncengan ? hayo-hayo manaaa… aku aku aku.. duh jawab sendiri gue hehehe

Well, kalo kamu lagi boncengan biasanya suka diem aja atau ngobrol ? Kalau aku sih sukanya ngobrol ya soalnya kadang kalo perjalanan cukup penjang kan bete juga cuma diem doang.. Ya walaupun sekarang jaman sudah canggih bisa main sambil diboncengin tapi kan bahaya kalo tuh gadget dijambret orang di jalan. Makanya dengan ngobrol sepanjang perjalanan bisa mengisi waktu hingga sampai tujuan.

Nah, bisanya kalo lagi boncengan tuh ngobrolin apa aja ya ? Aku coba tulis beberapa topik obrolan yang mungkin salah satunya pernah kamu lakukan.

1. Tempat Tujuan

Biasanya ini percakapan pembuka nih ngebahas tempat yang akan di datangin. Misal lokasi yang dituju dekat dengan sebuah bangunan yang kamu kenal, bisa juga mengenai apa yang akan dilakukan di tempat tersebut. Ya hal-hal yang berkaitan dengan tempat tujuan perjalanan saat itu.

2. Rute Perjalanan

Obrolan ini biasanya terjadi jika salah satu yang dari rekan boncengan gak tau harus lewat mana untuk menuju tempat tersebut sehingga perlu navigator. Kalo keduanya ga tau ya yang diboncengin buka google maps. Seperti aku, sebagai tukang ngeliter aku lebih tau jalan-jalan di Jakarta ketimbang suamiku yang lebih hafal rute Cakung-Tangerang dan Cakung-Cikarang. Makanya ngobrolin rute yang mau dilewati juga sering dilakukan saat boncengan.

3. Kejadian di Jalan

Selain fokus ke jalan kadang suka kesiwer juga dengan “pemandangan” disekitar. Bisa itu tentang mobil atau motor dijalan yang terlihat Wow bagi kita, bisa tentang pengemudi lainnya. ya pokoknya yang kerap kita temui dijalan dan bisa dijadikan bahan obrolan, misal ” Itu mobil mahal tuh keluaran terbaru brand A”atau “jaketnya orang itu bagus ya kayaknya itu jaket kulit Garut deh”. Dengan pancingan obrolan seperti itu biasanya akan lanjut.

4. Berita Terkini

Kalau semua topik di tentang perjalanan habis, beralihlah ke pembahasan yang lagi happening di media. Topik nya tergantung masing-masing individu… Ya bisa gosip-gosip terkini mulai dari ekonomi, politik, artis dan lainnya.

5. Impian dan Masa Depan

Topik masa depan dan impian suka menjadi obrolan ringan saat boncengan, baik itu dengan teman, orang tua ataupun pasangan. Ditengah hiruk pikuk kemacetan misalnya kadang suka menghayal atau spontan bilang keinginan kita. Bisa juga dipancing dulu dengan pertanyaan. Misal “Dek nanti kamu pengen kuliah dimana?” kalo itu sama sodara, atau “Kita nanti kalo nikah punya anak berapa ya?” kalo itu sama pacar. Ada juga yang langsung ceplos bilang “Ma ntar aku pengen kuliah di Belanda ma…” lanjut deh obrolan ringan tentang masa depan saat boncengan.

6. Curhat

Tidak jarang saat boncengan malah curhat, entah itu curhat masalah kerjaan, kuliah, mantan, keluarga, atau anak kalau sudah menikah. Ya walaupun kadang kurang fokus satu sama lain soalnya suara berisik angin atau klakson dari kendaraan lain. Tapi beberapa temen yang aku nanya menjawab suka curhat dengan temen atau pasangannya saat boncengan. Bahkan yang mencetus pertama kali adalah temen laki-laki so boy, pernah ga curhat pas di motor? hehe

7. Cerita Lucu

Mirip-mirip sih dengan curhat, sama-sama cerita tapi kalo curhat kan curahan hati biasanya yang sedih-sedih lah kalo ini adalah cerita-cerita lucu yang pernah dialami. Hal ini bisa membuat mood bete selama perjalanan menjadi menyenangkan. Tapi ketawanya mesti tau batasan biar gak kelepasan eh bisa senggolan dengan kendaraan lain.

8. Suggestion

Ini bisa dibilang obrolan bukan ya?  Misal gini nih setelah kamu nentuin jalur atau rute mana yang bakal kamu lewati dan kamu hafal jalannya kayak gimana nah kamu suka bilang “jangan lewat situ banyak polisi tidurnya”, atau “jangan lewat jalan A soalnya macet banget”, bisa juga “ntar di depan ambil ke kanan ya soalnya di pinggir kiri ada lubang”.

Nah, dari semua topik obrolan mana yang sering kamu lakukan ? mungkin obrolan ini lebih tepat kalo boncengannya sama orang yang kita kenal seperti teman ataupun pasangan. Tapi kalo boncengannya sama ojek, ya setidaknya poin 1, 2, dan 8 kamu obrolin kalo si abang ojek ga tau jalan..

Dan, saranku sih obrolan apa aja sebisa mungkin tetap fokus di jalan dan tidak menyebabkan pertengkaran.

Selamat Boncengan !

Wassalamualaikum Warrahmatullahi Wabarrakatu

kei tral

  1. Dulu, waktu mash kerja, pergi pulang kantor arenan sama suami naik motor, ini paling sering karena jarak kantor sama rumah jauh dan daerah macet.
    Pasti ngobrol selama perjalanan karena buat aku dan suami itu jadi seperti me time buat ngobrolin segala macam dari urusan rumah/anak-anak sampai masalah kerjaan.
    Sekarang, sejak tinggal di Yogya dan LDR-an, naik motor jadi kebahagiaan tersendiri 😀 sesekali naik motor keliling jalan malioboro.

    1. Nah iya bisa jadi me time sama suami… apa aja bisa diomongin apalagi pas kena macet… Kalo udah motoran di jogja enak ya pemandangannya banyak dan ga seberapa macet… hehe

Let's write your opinion

%d bloggers like this: