Islam | Kuliner

5 Bahan Makanan Yang Perlu Dipersiapkan Menjelang Ramadhan

June 1, 2016

Assalamualaikum Warramatullahi Wabbarrakatu

Waaah bentar lagi Ramadhan ya… Semoga kita bisa merasakannya sebulan penuh dengan keberkahan serta kesabaran ya…. Ini merupakan Ramadhan pertamaku sebagai istri… *senyum sendiri*.. Ya Allah sesuatu banget, tahun lalu puasa masih ditemenin Eyang Putri, kalau mau buka puasa atau sahur sudah ada makanan yang terhidang.. tapi kali ini beda.. dulu sih cuma bantu-bantu doang namun sekarang bener-bener harus menyiapkannya sendiri.. eits ga sendiri juga sih malahan menyipakan makanan juga buat suami *senyum sendiri lagi* ^_^

Nah untuk itu perlu persiapan terlebih dahulu sebelum Ramadhan datang, salah satunya ya itu bahan makanan secara aku dan suami sama-sama bekerja jadinya untuk apa-apa termasuk masak sebisa mungkin sepraktis mungkin gak bisa nyiapin semua makanan sekali waktu lengkap gitu. Pasti ada momen dimana kita harus nyiapin dulu semuanya….

Lalu bahan makanan atau makanan apa sih perlu disiapkan untuk menghadapi Ramadhan ?

diambil dari www. viaberita.com

Kurma

buah yang manis nan legit ini menjadi buah yang amat sangat dicari saat Ramadhan. Selain karena di sunnahkan Nabi Muhammad untuk membatalkanpuasa  dengan 3 butir kurma namun belakangan banyak yang mengkonsumsinya karena khasiat nya yang berguna bagi kesehatan tubuh. Aku sendiri sudah beli kurma dari seminggu yang lalu tapi belom  udah hampir habis setengah… mau beli lagi lah ko harganya sudah naik 15 ribu per kilo duh duh… Ya sudah dihabiskan dulu yang ada…

gambar diambil dari foo.detik.com

Sirup

Berpuka puasa nikmat rasanya ketika bisa minum sesuatu yang manis, menyegarkan, dan dingin… Brrrr… Sirup adalah jalan pintas membuat minuman dingin menyegarkan nan manis huhu… Ya kan aku sendiri kerja kalo pulang kerja mepet banget jam berbuka belum sempat bikin kolak, atau nyeduh teh, cukup air putih dingin dituang Sirup sungguh lezatnya.. Meskipun sebenernya minuman dingin atau es engga baik sih buat berbuka tapi gimana ya.. enak. ^_^

diambil drai http://budiboga.blogspot.co.id/

Bumbu Dapur

Mendekati ramadhan permintaan kebutuhan bahan pangan melonjak, padahal puasa loh ya…. nyatanya orang makin heboh masaknya.. Ya bisa dilihat makin menjamur pusat jajanan berbuka mendadak saat Ramadhan. Tentunya akan mempengaruhi harga kebutuhan, termasuk bumbu dapur… Apalagi nanti menjelang lebaran dimana emak-emak udah siap bikin ketupan dengan segala masakan pelengkap seperti opor, rendang, sayur lodeh de el el.. Untuk itu sedari sekarang coba dipersiapkan, yang sering kepake aja biar ga belanja bumbu tiap hari seperti bawang merah, bawang putih, cabai, merica, kayu manis, lengkuas de el el… Simpan dengan cara yang benar agar bertahan lama caranya bisa dibaca di sini http://budiboga.blogspot.co.id/2006/05/mengenal-jenis-dan-kegunaan-bumbu.html

gambar diambil dari kesehatan.blogekstra.com

Sayur & Buah Tahan Lama

Saat puasa, asupan vitamin sangat dibutuhkan untuk menjaga stamina badan agar tidak gampang lemas. Untuk itu dibutuhkan buah dan sayur untuk memberi vitamin dan serat. Nah mengingat aku sendiri yang gak bisa setiap hari wira wiri pasar ataupun super market jadi butuh mempersiapkan stok sayuran yang tahan lama, contohnya wortel, kentang, jagung, brokoli, buahnya seperti apel, semangka, jeruk dan lainnya. Sayur yang dipiliha adalah sayur dengan tekstur sehingga tidak mudah busuk, dan buah yang memiliki kulit tebal dan masa matangnya panjang yang bisa disimpan lama ketimbang buah lainnya.

diambil dari https://ekadwijuliansyah.wordpress.com

Mie Instan

Meski gak sehat dan gak baik tapi mi instan dengan segala bentuk, rasa dan ke instan-an nya itu sangat amat membantu ketika bangun sahurnya telat hahaha.. jalan pintas bin praktis adalah bikin mie instan makanya aku sedia barangkali ya namanya manusia, ada udzurnya, pas sahur bangunnya mepet bisa langsung masak mie instan aja… Atau barangkali mau dibikin emolet dan bentuk camilan lainnya dengan bumbu sendiri pas berbuka juga bisa kan…

Well mungkin itu 5 bahan makan yang perlu dipersiapkan menjelang ramadhan…

Selamat Berpuasa ^_^

Waasalamualaikum Warrahmatullahi Wabarrakatu

Keina Tralala Header 270516

  1. Ramadhan memang identik dengan Kurma Mba. Kalau yang lain memang selain lebaran biasa ada di rumah.. anyway nice posting suka dengan blognya.. Boleh kalau sempat Blog walking ke lapak saya

  2. Kurma sama sayur buah penting banget tuh. Jangan kebanyakan gula pas bulan puasa, kan udah manis, haha. Maksudnya, hati-hati kebanyakan makan yang manis-manis karena kalap laper mata.

  3. Kayaknya klo aku lebih prepare no.5 hahaha. (keliatan malesnya)
    Kalo aku emng dr dulu sering konsumsi madu kurma. Ini efeknya lambat tapi berasa banget:)

    Salam kenal, Mba 🙂

    1. wah mantab itu indomie rebus pake telor ceplok rebus, terus kornetnya diancurin masukin ikutan direbus, pake cabe ijo di potong2… abis gitu di kasih parutan keju sebelum dimakan.. Ya Allah nikmatnya… huahahahha puasa puasa mir…. wkwkwkw

Let's write your opinion

%d bloggers like this: