Jalan-jalan

Taman Pandang Istana : Tempat Beraspirasi & Berkarya Seni

August 1, 2016

Assalamualaikum Warrahmatullahi Wabarakatu

Halo apa kabar keinatralala readers, aku mau sharing tentang event review dan jalan-jalan lagi.. Ga bosen kan? Ga kan ya karena setiap orang butuh piknik eh jalan-jalan maksudnya, makanya aku perlu sharing tempat asik buat foto-foto, berkarya seni, bahkan demonstrasi.. Yup nama tempat ini adalah Taman Pandang Istana.

Sabtu kemarin (30/07) aku bersama teman-teman dari blogger perempuan mendapat kesempatan datang ke acara opening ceremony Taman Pandang Istana. Dinamakan seperti itu lantaran letaknya yang berada di silang barat laut Monumen Nasional (Monas) yang berhadapan langsung dengan Istana Kepresidenan. Jadi sekali pandang kelihatan tuh Istana, siapa tahu iseng berdiri situ juga bisa memandang Pak Jokowi.. hehehe.

Taman Pandang Istana merupakan lahan terbuka hijau yang ramah lingkungan serta menjadi salah satu simbol di daerah Jakarta Pusat selain Monas dan Istana Presiden. Taman ini juga dibangun untuk membantu masyarakat dalam menyampaikan aspirasinya dalam bentuk kegiatan yang positif, seperti yang ku singgung di awal bahwa tempat ini bisa juga dipakai untuk demonstrasi hehe.. Justru awalnya taman ini bernama Taman Aspirasi, Kata Pak Ahok, biar tempat orang teriak-teriak ke Istananya lebih nyaman. Tapi diganti menjadi Taman Pandang Istana berikut denahnya.

Taman ini merupakan gagasan dari Dinas Pertamanan Provinsi DKI Jakarta yang berkolaborasi dengan CARAS suatu organisasi yang bergerak di bidang seni untuk menciptakan sebuah taman dengan konsep yang ramah lingkungan dan modern. Holcim Indonesia sebagai salah satu perusahaan swasta yang terlibat sekaligus sponsor utama yang diberikan kepercayaan untuk membangun taman pandang istana dengan produk berkualitas yang ramah lingkungan.

Nah ada apa aja sih di pembukaan Taman Pandang Istana persembahan Taman Holcim kali ini ?

Aku dan teman-teman blogger sengaja datang sedari siang biar puas mengeksplor tempat ini, eh ga taunya memang sudah ramai ternyata karena ada lomba mewarnai dan komunitas-komunitas yang sedang menyiapkan karyanya. Oh ya ada banyak pengisi acara pada pembukaan Taman Pandang Istana, yaitu Kaligrafina, Rajut Kejut, Ru Ru Radio, Animal Dance, Paduan Suara SD Kembang, dan lainnya.

Ada satu spot kece macem Wall of Fame yang seolah memanggil buat dijadikan background foto bareng atau selfie wkwkwk. Yup ada mural yang menggambarkan 5 wajah dengan profesi yang berbeda.

Ada detail menarik di sudut – sudut lain tempat ini seperti kutipan Tokoh Indonesia di lantai yang kohoh dan tulisan “Ragam Insan” yang dibuat Pop Up dan bentuk bangku yang menarik, semua ini adalah hasil dari seniman grafis Yasser Rizky lah yang dipercayai untuk merancang empat jenis instalasi tipografis 3 dimensi yang mengisi Taman Pandang Istana. Desain semakin kece ketika direalisasikan menggunaan material semen yang ramah lingkungan dari Holcim, seperti ThruCrete, EzyFloCrete  dan Holcim Mortar.

ThruCrete merupakan solusi perkerasan beton berpori yang berfungsi mengurangi genangan air pada permukaan, dan sebagai media resapan limpasan air hujan untuk menjaga debit air tanah, yang menjadikan ThruCrete menjadi Beton Ramah Lingkungan

EzyFloCrete merupakan Beton expose yang mempunyai workabilitas tinggi, memadat dengan sendirinya, cocok di aplikasikan pada bentuk yang rumit.

Sedangkan Holcim Mortar adalah Mortar instan berdaya rekat tinggi yang menghasilkan permukaan dinding lebih halus dengan resiko keretakan yang minim.

 

gambar diambil dari sini

Peresmian dimulai ketika Gurbernur  DKI Jakarta, Basuki Tjahja Purnama datang ke Taman Pandang Istana. Dengan pengawalan yang tak terlalu ketat membuat acara ini berkesan merakyat karena Pak Ahok ikut berkerumul bahkan ada yang langsung minta selfie pun ditanggapi. Beliau disambut oleh Pihak CARAS dan Holcim untuk memberi sambutan ditengah-tengah masyarakat. Lalu melakukan prosesi pemasangan lampion sebai simbol dibukanya taman ini.

Penampilan Animal Dance memeriahkan diresmikannya Taman Holcim ini. Terlihat lampion yang terpasang begitu cantik. Itu merupakan hasil karya dari teman-teman komunitas Lampu Inspirasi.

Selain itu ada juga hasil karya teman-teman Kaligrafina dan Rajut Kejut yang ditampilkan. Hand Lettering yang dipajang dibuat on the spot jadi pengunjung bisa melihat prosesnya. Sama halnya dengan Rajut Kejut yang rajin bin teliti banget membuat rajutan untuk menyelimuti batang pohon lalu memasang rajutannya menjadi renda. Kece !

And the last but not least.. Ini ada video penampilan adek-adek imut nan lucu kayak aku *dilempar sendal .. yang memnyanyikan lagu “Jalan – Jalan”

 

kawan berjiwalah petualang
biar nanti kita punya banyak cerita

tak usah ragu, janganlah kau takut
tinggalkan dulu gadgetmu
rasakan udara, tertawa bersama
nikmati alam indah

berlari di pagi hari, merasakan angin
bersepeda gembira
naik kereta ke kota, delman juga becak
bertamasya di taman (ayo)

berlari di pagi hari, merasakan angin
bersepeda gembira
naik kereta ke kota, delman juga becak
bertamasya di taman

 

So yuk ya yuk Jalan-Jalan ke Taman Pandang Istana, nikmati suasana Monas dari sisi yang berbeda, melihat karya seni sekaligus aspirasi dari ragamnya budaya bangsa yang ada ^_^

Wassalamualaikum Warrahmatullahi Wabarrakatu

 

    1. iya nayah… ada taman keren yang baru buka,,, mampir gih hunting foto gitu.. apa aku perlu jadi modelnya wkwkwkw

  1. Ooo..aku baru tahu sekarang namanya taman pandang istana toh. Perasaan dulu jaman aku kecil namanya air mancur menari. Tapi sejak ada grand Indonesia air mancur menarinya dipindah ke dalam mall.

    1. wah iya kamaren aku nyempil-nyempil eh pak ahok ko pas banget berhenti di depanku.. hehehe.. iya main main lagi ke taman

    1. hehee Iya Robby.. lucu dan bagus banget suaranya…

      Aduuuh dapet pujian dari penulis buku, heheh iya mba eni makasi tapi tetep aku harus belajar darimu.. biar makin kres kres tulisannya…

      Yah coba di upload pelan-pelan mba andiyani… biar tahu latihannya kaya ap ko bagus penampilannya

Let's write your opinion

%d bloggers like this: