Review

Mudahnya Konsultasi Hukum di Justika.com

October 8, 2016

Assalamualaikum Warrahmatullahi Wabarrakatu

Hola halo keinatralala readers,

Apa kabar semua ? semoga dalam keadaan bahagia, aman, damai, sentosa, tanpa perkara.

Yah karena tidak dapat dipungkiri bahwa setiap hari pasti aja ada masalah yang dihadapi, tak menutup kemungkinan jika permasalahan tersebut merepet ke ranah hukum. Aduh ngeri !

Aku termasuk orang yang masa bodoh dengan urusan hukum, soalnya kalau lihat di berita televisi kok kayaknya ribet serta berkaitan dengan pidana, serta penjara. Kan ngeri-ngeri sedap kalau seandainya berurusan dengan hukum, makanya aku berusaha jadi warga negara yang baik aja deh.

Tapi belakangan ini sikap acuh untuk mempelajari hukum mulai berubah, ada banyak hal yang melatar belakangiku mulai kepo tentang hukum. Siapa sih yang gak tahu kasus Mirna Salihin yang meninggal akibat racun sianida dengan terdakwa temannya Jessica? . Sidangnya digelar berkali – kali bahkan disiarkan langsung di televisi. Lalu saat sidang banyak kicauan di twitter mengenai “Mirna” yang membuat itu sebagai tranding topic. Jujur sebagai orang dengan nama yang sama, aku merasa terpanggil. Bagaimana sih hukum itu…

Selain itu keputusan suami untuk resign dan membuka usaha sendiri yang sudah menimbulkan keinginan untuk bisa membuat badan usaha sendiri agar lebih profesional kedepannya. Tapi aku bingung bagaimana langkah-langkahnya dan apa saja yang harus dipersiapkan. Ingin konsultasi langsung dengan notaris tentang hal ini tapi takut tertipu soalnya aku sendiri juga tidak mengerti tentang hukum usaha.

Nah kebetulan Minggu lalu aku bertemu Mas Andika dan Mas Anggara yang memperkenalkanku dengan Justika. Siapa itu Justika ? Eits itu bukan nama seseorang, tapi Justika.com adalah sebuah market place perpanjangan dari hukumonline.com yang mempertemukan orang yang membutuhkan jasa hukum dengan pengacara. Selain itu juga ada notaris dan penerjemah tersumpah yang terdaftar dalam anggota justika.com .

Saat ini jasa pengacara ditransaksikan atas dasar kenalan dari teman atau keluarga. Kalau pun ke kantor pengacara yang sudah “punya nama” bagi sebagian orang takut karena harganya mahal. Nah, serba dilemma dan bingung kalau membutuhkan jasa pengacara. Sedangkan mau ke kantor pengacara yang belum tentu dikenal juga takut, banyak ditampilkan di televise ( ya lagi lagi televise ya ) kalau pengacara itu galak, bertampang seram, dan kalau tidak meyakinkan kadang malah menipu calon pengguna jasa.

Untuk itu Justika.com hadir untuk memberi ruang terbuka bagi orang  yang membutuhkan jasa bantuan hukum dan praktisi hukum handal yang membutuhkan kasus untuk ditangani sebaik mungkin. Bagaikan siklus simbiosis mutualisme, saling menguntungkan bagi calon pengguna dan praktisi hukum.

Nah cara menjadi pengguna bagaimana ?

Bisa dilihat dihalaman pertama, tanpa harus registrasi pun, kita sudah bisa berkonsultasi. Ada 2 kotak pesan yang bisa dilihat disana. Yang pertama adalah kolom yang besar dengan pilihan pengacara, notaris, atau penerjemah tersumpah dengan kolom pesan yang lebar dibawahnya. Nah disitulah kita bisa konsultasi tentang masalah apa yang terjadi pada kita untuk mendapatkan jawaban dari praktisi hukum yang terkait.

Agar memudahkan pihak justika.com dan menjaga privasi calon pengguna, baiknya pesan yang dutulis bisa diawali dari kronologi dan apa hal yang ditanyakan. Hindari menyantumkan nama panjang, alamat lengkap, dan nomor telfon. Hal ini untuk mengindari hal-hal yang tidak diinginkan. Kalaupun akhirnya kita tulis dalam kolom pesan, maka pihak admin justika akan menghapus sebagai bagian perlindungan privasi.

Lalu untuk kolom ke 2 berupa kotak chat yang bisa dilihat saat online atau offline disitu bisa dipergunakan untuk calon pengguna jika ingin bertanya step by step menggunakan website justika, maupun calon pengacara, notaris, dan penerjemah tersumpah yang ingin bergabung di justika.com

Baiknya agar pengguna dikenali maka registrasi terlebih dahulu sebagai masyarakat yang memerlukan konsultasi hukum

Kalau mau jadi anggota bagaimana caranya ?

Di justika ini semua pengacara, notaris dan penerjemah tersumpah harus melengkapi Curriculum Vitae serta sertifikasi profesi bidang terkait, misal pengacara harus memiliki ID Advocate . Lalu untuk pengacara harus mengisi bidang ahli tertentu, Mas Anggara menjelaskan sesungguhnya tidak ada pengacara yang memiliki keahlian di semua bidang hukum, selalu ada sub-sub yang menjadi spesialisasi, misal hukum waris, hukum perdagangan, hukum criminal seperti pembunuhan.

Justika akan mempeljari berkas yang sudah dikirimkan calon anggota, jika sudah memenuhi persyaratan maka profil anggota akan terverifikasi dan bisa mengakses permasalahan yang sudah submit pengguna. Untuk profil anggota juga dilindungi, misal nomor telfon dan email yang tidak dapat dilihat oleh calon pengguna. Bagi pengacara yang sudah terverifikasi maka dia dapat memberikan komentar pada perkara yang ditanyakan oleh pengguna. Tercatat sudah ada 300 an lebih pengacara yang sudah bergabung dengan Justika.com

Bagaimana cara website ini bekerja ?

Kita bisa mensubmit persoalan kita dikolom pesan konsultasi, tidak lama setelah itu akan ada banyak pengacara yang memberikan komentar dan pemecahan masalah. Sebagai penguna kita bisa menilai seperti tumb up dan tumb down serta kita dapat memilih komentar mana yang sesuai dengan keinginan kita.

Tapi perlu diingat bahwa sesuai keinginan belum tentu benar secara hukum, solanya kita berada sebagai masyarakat yang awam hukum. Untungnya justika.com juga diawasi oleh Badan Pembinaan Hukum Nasional (BPHN). Jadi komentar pengacara yang tidak sesuai akan diberi tanda oleh BPHN

Tapi sebenarnya, pertanyaan masalah hukum itu seringkali berulang, maka di versi terbaru Justika.com nanti akan disediakan tab FAQ yang berisi pertanyaan perkara yang biasanya ditanyakan serta jawabannya dan biaya yang biasanya dikeluarkan. Untuk kasus tertentu dan unik sehingga ditanyakan di kolom konsultasi, kita bisa menghubungi pengacara yang berkomentar sesuai untuk menanyakan harga perkara, kita bisa melakukan perbandingan harga untuk menentukan pengacara mana yang sesuai dengan biaya yang kita punya.

Yang perlu diingat, fungsi pengacara adalah merasionalisasi hukuman. Tidak ada “harga kemenangan” yang kadang suka digembar gemborkan “pengacara nakal”,  ya bila klien bersalah maka tugas pengacara adalah merasionalkan hukumannya. Untuk itu dengan adanya justika ini juga menghindari aksi “pengacara nakal” untuk klien.

Adakah pengacara Pro bono ?

Bantuan hukum secara gratis yang biasanya dikenal Pro Bono juga tersedia di justika.com tercata sudah ada 16 pengacara yang siap melayani bagi calon pengguna yang tidak memiliki biaya untuk membayar pengacara. Beking hukum siap diberikan kepada orang yang membutuhkan.

Jadi mudah bukan mengguakan Justika.com ? Aku yang gak ngerti apa-apa tentang hukum akan lebih nyaman dan tenang dengan konsultasi terlebih dahulu ke justika.com. Apalagi konsultasi disini gratis, bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja. Bahkan kedepannya akan dipasang tombol urgent di website untuk tindakan hukum yang mendadak dan perlu bantuan hukum.Ya karena ini masih versi beta cukup lumayan lah untuk nanya bahkan kalau benar-benar ingin mencari praktisi hukum soalnya pengacara yang bergabung sudah banyak dan terverifikasi yang tersebar di Indonesia. Oleh karena itu saat memilih praktisi nanti, kita juga bisa memilih berdasarkan lokasi terdekat dengan kita.

Well, semoga bermanfaat…

Ya kalau mencoba silahkan tapi semoga tidak dengan perkara yang ribet ya.. semoga kita terhindar dari tindakan hukum menyimpang. Aamiin.

Wassalamualaikum Warramatullahi Wabarrakatu

 

  1. Sekarang bermunculan pengusaha / entrepreneur muda. Pastinya harus paham proses legalitas hukum saat mendirikan perusahaan tersebut ya, Mba 🙂
    Justika salah satu penolong yg user friendly.

    1. iya nay, ojek aja bisa pesen online… konsultasi hukum dan cari pengacara pun sudah bisa online… mari kita sambut digital movement untuk semua lini bisnis masa kini…

    1. iya mba andiyani masih gratis ko… usut punya usut justru pengacara yang join itu yang bayar dulu makanya kita sebagai penggunanya gratis hehehe

    1. Iya mba nia sekarang sudah ada website yang bisa konsultasi online mengenai hukum, kalau pun ke kantornya nantikita bisa pilih yang terdekat dengan rumah kita.. begitu..

  2. wah memang sudha acnggih ya jaman sekarang mah dan pastinya hp kita penuh dg banyak aplikasi dafi jualan online sampai hukum ini

    1. Wah iya ya bisa jadi hape makin penuh dengan aplikasi, mungkin solusinya dipilih yang paling sering dipakai atau dibagi-bagi di hape lainnya hehehe

  3. Jaman skg penting kynya nih aplikasi/website hukum gini. Kita bisa tny2 ya secara masyarakat byk yg blm melek hukum … kecuali yg berkecimpung didunia hukum inilah ya.

    Mksh mak kei 🙂

  4. Wah bener ya, kalau mau buka usaha sendiri, mesti tau next step-nya apa. Untung ada Justika.com jadi bs mudah kalau mau tanya2 secara online ya 🙂

  5. Wow pengacara probono juga tersedia di justika.com ya baru ngeh. Alhamdulillah ada jasa online untuk urusan hukum seperti ini, biar yg gagap hukum kayak aku bisa cek2 dulu tanpa deg2an 🙂

  6. Akhirnya kita bisa tahu praktisi hukum mana yang berpotensi bagus ya mbak, gak cuma lihat di tv aja hehehee..
    Semoga Justika semakin berkembang dan mampu membantu persoalan hukum masyarakat Indonesia yaa 🙂

  7. Menurut saya sih, ini sebagai langkah awal yang harus dipilih saat membutuhkan sesuatu yang berkaitan dengan hukum.. Thank’s sharingnya, Mbak..

    Salam hangat dari Bondowoso..

  8. setuju mba mirna. penting banget ya melek hukum. apalagi di zaman serba kayak sekarang, sedikit2 dibawa ke ranah hukum. Dan syukurnya sekarang layanan konsultasi hukum bisa diakses dengan jari. inovasi yang membantu banget ya.

  9. yup setuju mba mirna. penting banget ya melek hukum. apalagi di zaman serba kayak sekarang, sedikit2 dibawa ke ranah hukum. Dan syukurnya sekarang layanan konsultasi hukum bisa diakses dengan jari. inovasi yang membantu banget ya.

    1. Mba uti : iya mba ini biar kita ngerti tentang hukum

      Mba amel : bener membatu bagi yang awam

      Mba aya.. oh gitu ya,,, wah jangan2 adeknya salah satu lawyer di justika hehhe

  10. aku udah buka websitenya, informasi lawyersnya cukup komplit… berguna banget buatku yg suka ngerjain orderan transkrip sidang dari law firm.

    lumayan buat nambah klien baru

    insya allah, ini recommended karena yg bikin anak2 FHUI (adikku alumni FHUI juga)

  11. Asyiknya tuh ada justika dot com, bikin kita teredukasi tentang hukum, ya, Mba. Tak hanya itu, jadi tertolong banget nih bagi yang butuh bantuan praktisi hukum, bisa konsul dulu di sini, dan cari praktisi yang match the budget. 🙂

  12. Wah keren nih. Di jaman serba digital gini, ternyata konsultasi hukum bisa juga dilakukan online. Meskipun sudah ada sarana yang sangat mudah jika terkena persoalan hukum, tapi jangan sampe deh ak berururusan sama hukum.

  13. duluuuu… suka horor sendiri kalau lihat persidangan atau pengacara di tipi, takut salah ngomongterus dipenjara. Kalau sekarang malah mempermudah yang ingin mencari bantuan hukum 🙂

Let's write your opinion

%d bloggers like this: