Personal Style

Gaya Fashion Murah Namun Memikat

December 10, 2016

Assalamualaikum Warrahmatullahi Wabarrakatu

Hola halo keinatralala readers,

 

Berbicara fashion kayaknya makin kesini orang makin eksis dengan penampilannya, hal ini juga dampak dari sosial media yang mampu membius seseorang untuk ikut bergaya, Instagram salah satu media sosial yang berbasis foto dan video yang kerap kali dijadikan ajang “pamer” atau sharing gaya fashion tertentu. Dengan mengunakan hastag alias tanda tagar “#” seperti #OOTD alias Out Outfit Of The Day maka langsung muncul gaya fashion yang up to date dan unik-unik. Semakin banyak di “love” akan memicu kita untuk ikut menyimak apa saja sih pakaian yang digunakan, mulai dari atasan, bawahan, hijab untuk yang berhijab, tas, gelang, dan aksesoris pendukung lainnya.  Tak jarang sebagian dari kita ingin meniru cara berpakaiannya karena memang penampilannya terlihat lebih bagus.

Belum lagi trend belanja online yang kini sedang banyak dilakukan, setelah mencari inspirasi gaya fashion tinggal beli deh di toko online dan tinggal tunggu barangnya dirumah, tinggal dipakai deh baju barunya. Gampang banget! Tapi kadang sangking pengen punya penampilan hits kurang pinter dalam pemilihan tempat beli atau toko online, jadi walaupun harganya mahal ya dibeli aja dengan alasan suka. Lama-kelamaan secara gak sadar, ternyata kita sudah menghabiskan uang yang banyak dan baju yang menumpuk. Omaygat

Affordable fashion, pernah dengar istilah itu ? Yup diambil dari bahasa Inggris, “Affordable” yang artinya terjangkau, maka gaya fashion ini  oriantasinya pada harga fashion item yang ramah dikantong dan kalo bisa murce, murah cekali. Tapi eits, jangan salah meskipun murah tapi tetapi dalam koridor fashion style yang bagus sehingga tetap mencuri pandang si pemakainya.

Dres motif garis-garis seharga 50 ribu diambil dari www.nuniek.com

Mba Nuniek Tirta, yang kemaren sempat menghebohkan jagat dunia maya lantaran dia mengadakan kuis berapa harga baju yang digunakan. Sebagai seorang blogger dan istri dari direktur salah satu start up terkemuka di Indonesia ternyata jawaban dari kuis yang digunakan alias dress yang dia pakai saat itu sehargan 50 ribu rupiah. What ? Itu yang bikin heboh media, seorang istri direktur memakai dress seharga 50 ribu. Dengan sumringah dan mempesona *halah.. Mba nuniek terlihat stylist meski pakai baju dengan harga murah. Keren !

Kebetulan kemarin Mba Nunik mengajak teman-teman ILDI, Indonesia Lifestyle Digital Influencer, mengadakan blogger gathering ke 2 di salah satu start up berbasis fashion di Indonesia, namanya Sale Stock. Awalnya aku belum familiar dengan start up ini, tapi iklannya sering muncul di facebook dengan sapaan “Sista” dan iklannya pas puasa kemaren yang mbak-mbak pakai baju bagus masuk pasar entah kenapa bikin aku geli jadi belum pernah deh main ke websitenya apalagi belanja baju disana. So pas diajak nengok pabriknya aku antusias dan agak kaget, ko website punya pabrik?

Jadi Sale Stock merupakan e commerce yang menjual fashion item seperti pakaian, tas dan sepatu yang diproduksi sendiri, bukan seperti market place yang banyak memiliki supplier atau merk namun sale stock ini membuat sekaligus menjual produknya makanya punya pabrik seperti ini yang terletak di daerah Cikokol, Kota Tangerang. Setelah berkumpul di FX Senayan akhirnya aku dan temen-temen blogger sampai juga di pabrik Sale Stock.

Sesampainya disana Mba Nuniek membuka acara sekaligus mengadakan games. Gamesnya berhubungan tentang affordable style yaitu kami blogger satu per satu memperkenalkan diri sekaligus menjelaskan baju yang sedang digunakan, harganya berapa, dan yang paling murah itu yang nilainya bagus. Aku langsung jiper, baju yang aku pakai bukannya mahal yang gimana soalnya bukan branded cuma ya harganya lumayan. Aku sendiri setelah ootd baru sadar, sepatu 200 ribu, tas 350 ribu, kerudung 55 ribu, tunik 135 ribu, leging 50 ribu, dan jam tangan 120 ribu.  Itu masih mending, ada juga Mas Heri yang dari baju sampe tas hampir 3 juta. Omaygat ! Tapi banyak juga ko yang ootd bagus dan harganya murah kayak Mba Prita HW yang memanfaat baju masa kecilnya dijadikan outer bentuk vest gitu. Kreatif !

Tak lama setelah ootd, Mba Nuniek mempersilahkan sang tuan rumah alias yang punya Sale Stock yaitu Mas Lingga Madu untuk sharing dengan teman-teman blogger tapi Mas Lingga malah mengajak kami untuk langsung saja jalan-jalan mengelilingi parik Sale Stock. 3 kata kunci untuk pabrik sales stok ini, Artistik, Bersih, dan Unik.

Ini bagian depan ruang meeting yang biasa dipakai santai karyawan. Penuh Mural
Ruang kerja karyawan
Tempat penyimpanan kain.
Ruang dengan alat skrining kain apakah ada noda atau lubang
Ruang Jahit
Tempat desain dan jahit tas

 

Mas Lingga sharing session

Setelah puas berkeliling Mas Lingga memulai sharingnya. Berawal dari istrinya yang suka belanja lalu kecewa dengan baju yang dibeli lantaran saat dia beli harganya mecapai 200 ribu lebih dan seminggu setelah beli kebetulan mereka jalan-jalan lalu menemukan baju yang sama didiskon jadi cuma 99 ribu. Merasa “dikadalin” maka mereka mencoba membuat baju sendiri.

Awalnya dibuat sedikit memanfaat garasi rumah dan pemasarannya pun via BBM dan messanger, lama kelamaan jadilah Sale Stock, sebuah e commerce berbasis fashion dengan harga jujur bahkan free shipping seluruh Indonesia. Dengan misi menyamaratakan harga baju baik di Jawa, Aceh hingga Papua, biar gak ada lagi kasus seperti istri mas Lingga yang merasa “dikadalin” harga baju lagi.

Mas Lingga dan Istri makin serius menapaki jenjang start up fashion dengan tim yang hebat, designer lulusan sekolah mode ternama, tim IT yang handal bahkan ada yang mantan tim di NASA, serta karyawan-karyawan yang baik. Lagi – lagi kalau inget karyawan di perusahaan seperti garment yang jual murah itu karyawannya juga dibayar murah dan diperas tenaganya supaya bisa mengahasilkan produk yang banyak. Tapi nyatanya saat kami datang mereka sedang libur karena waktu kerjanya sama seperti kita yang kantoran.

Lah ko bisa murah ? Jadi Mas Lingga benar-benar memanfaatkan teknologi yang ada saat ini, yaitu dengan algoritma ketertarikan kita sebagai pengunjung yang disebut Artificial Intelligence, mana saja produk yang sering dikunjungi mulai dari lama  waktu kita melihat produk, klik produk, dan lainnya. Dari situlah Sale Stock menentukan jumlah produk yang akan dibuat dari masing-masing model sehingga menimalisir produk tidak laku atau terlalu banyak stock yang menyebabkan high cost dari segi penyimpanan.

Untuk lebih lengkapnya produk Sale Stock kamu bisa berkunjung ke www.salestockindonesia.com

Halaman depan sale stock, langsung disapa sama soraya..

Sesi terakhir diisi dengan pengumuman juara ootd affordable style dan foto bersama. Ini aku manfaatkan juga foto bareng istri direktur alias blogger kece Mba Nuniek Tirta.

 

Semoga bermanfaat ya…

Wassalamualaikum Warrahmatullahi Wabarrakatu

kei tral

Let's write your opinion

%d bloggers like this: