Blogging

Transformasi NgeBlog Pasca Menjadi DotCom

December 22, 2016

Assalamualaikum Warrahmatullahi Wabarrakatu

Hola halo keinatralala readers,

Kepada Yth. Sdri. Mirna,

Terima kasih atas kepercayaan Anda menggunakan hosting kami

Domain berikut akan expired dalam 60 hari.

keinarahardjo.com – 22/01/2017
keinatralala.com – 25/01/2017

Untuk memastikan domain tidak expired, Anda harus memperpanjang sekarang. Proses perpanjangan bisa Anda lakukan melalui halaman Account Manager Anda. Jika domain tidak diperpanjang maka tidak akan dapat diakses. Sedangkan setelah melewati masa expirednya maka sudah tidak bisa melakukan order perpanjangan domain tersebut.

Terima kasih atas perhatian dan kepercayaan Anda.

Tulisan diatas merupakan cuplikan pihak hosting yang mengingatkan bahwa domain yang aku pakai sudah akan memasuki masa expired alias berakhir, jika tidak diperpanjang maka tidak bisa menggunakan domain tersebut. Sungguh waktu yang tidak terasa sama sekali, tiba-tiba sudah hampir 1 tahun menjadi www.keinatralala.com. Sebelum menjadi DotCom, dulunya alamat blog ini adalah www.keinatralala.wordpress.com yang sekarang ku ubah menjadi www.keinaculinary.wordpress.com

Pada dasarnya aku memang suka menulis, dulu aku punya buku diari yang sering kuisi dengan cerita sehari-hari ku, mulai dari pagi sampai malem atau menulis hal yang menarik. Menurutku ini terjadi soalnya aku sebagai anak tunggal kalau ada apa-apa susah untuk cerita panjang lebar jadi larinya ke diari. Disitu aku bisa mencurahkan apa yang aku rasakan, pikirkan dan lakukan. Kegiatan ini biasanya aku lakukan sebelum tidur sambil dengerin radio.

Di sekolah aku aktif, aku menemukan passion menjadi jurnalis. Dimulai saat SMP waktu itu aku untuk pertama kalinya membuat majalah sekolah. Aku bertemu motivatorku untuk terus menulis yaitu Alm Kicuk Parta, beliau merupakan pemimpin redaksi majalah Jayabaya kebetulan teman Bunda, aku sering main ke kantornya dan itu yang membuat aku senang menulis.

Ketika SMA aku pun menjadi ketua jurnalis dan berkesempatan ikut sebagai peseta lomba jurnalis muda di DetEksi Jawa Pos, untuk pertama kalinya aku kenal blog dan waktu itu dinobatkan sebagai salah satu blog terbaik. Lalu berlanjut sebagai Kompas MuDa yang merupakan forum penulis muda kompas selama 2 tahun.

Saat kuliah selain sebagai pers kampus, aku juga ikut beberapa kali lomba essay dan karya tulis yang alhamdulillah menang. Cuma bedanya aku sudah tidak lagi menulis di media, jadi tulisanku cuma dinikmati teman-teman kampus ataupun lomba saja. Karena hal ini aku  mulai NgeBlog dengan tujuan untuk mempublikasi tulisan. Padahal waktu itu dicampur curhat lantaran pas kuliah entah kenapa aku males nulis diari, pas semester awal masih bisa tapi kuliah di IT bikin aku males nulis manual, maunya ngetik aja. Jadi Blog adalah media yang pas untukku menulis.

Sejak awal nama blogku sudah Keina Tralala dari [dot]blogspot[dot]co[dot]id berubah jadi [dot]wordpress[dot]com dan sekarang jadi Keina Tralala DotCom… Dari November 2011 an baru Januari 2016 aku merubah blog ini jadi Top Level Domain.

Jadi aku sudah nge blog dari November 2011, baru ikut komunitas blogger sekitar tahun 2013, gara-gara tetangga sebelah kamar kos yang kebetulan blogger juga, Mba Mia dan Mba Intan rame bahas komunitas blog namanya Warung Blogger, itu meracuni aku ikutan. Selang setahun aku menemukan komunitas baru namanya Kumpulan Emak Blogger (KEB), dari 2014 aku jadi anggota aku jarang banget aktif, cuma sesekali lihat terus ikutan Liebster Award tapi suka baca tulisan anggota KEB yang menurutku punya banyak manfaat sebagai perempuan.

Januari 2016, untuk pertama kalinya aku ikutan kopdar. Waktu itu dalam rangka ulang tahun KEB yang ke 4. Jujur aku pikir ini juga jadi kopdar pertama mereka. Lah kok pas sampai acara ternyata sudah pada kenal semua. Aku clingak clinguk sendiri, hehehe. Untung waktu itu beberapa sudah familiar wajahnya lantara sering baca blognya seperti Mba Echaimutenan dan Mak Indah Juli, selebihnya engga.

Acara ini mempertemukanku dengan orang-orang keren dan membuka mataku tentang apa itu blogger. Ya mirna belum tahu blogger itu apa. Taunya cuma nge blog nulis ha ha hi hi sesekali serius itu pun sharing tugas kampus atau lomba essay. Baru tahu tentang giveaway blog aja tahun 2015.

Waktu itu pembicara pertamanya adalah Mak Indah Juli. Jujur aku masih gak paham materinya waktu itu. Kalau untuk konten sih paham ya tapi bahasan tentang cara menarik pengunjung blog, review produk untuk job dan lain-lain aku belum paham. Aku aja gak pernah mikir pengunjung blog berapa banyak orang.. nulis ya nulis aja… apalagi tulisan dijadikan job. Kayaknya aneh untukku kala itu.

Lalu pembicara ke 2 Mas Erwin Panigoro dari DotComForMe, dia berbicara tentang blog, apa itu SEO, bagaimana mencari pengunjung, algoritma-algoritma ini itu di blog, pengaturan ini itu di blog, pentingnya membuat blog lebih profesional, bagaimana mencari jatidiri blogger, tentang domain, sharingnya lama banget dan mulai membuka mataku tentang Blogger itu gak cuma nulis… Yes.. blogger itu bisa utak atik koding, aku ngerasa ilmuku bakal terpakai, terus tentang blogger itu sebagai influencer yang memiliki dampak bagi pembaca. Tentang membranding diri sendiri.. Langsung lah kepikiran untuk menjadikan blog ini DotCom.. Aku juga sempet nanya ke Mas Erwin tentang nama domain yang bagus buat aku apa ya sama bagaimana peran media sosial bagi pemasaran.

Sepulang dari situ aku sudah punya niat untuk membuat blog ini menjadi DotCom. Seminggu belajar dari Pak Nana yang sebelumnya bikinin web Letscad.com buat usaha suami makanya langsung lah aku bikin. Nah permasalahan pertama aku bingung pakai nama domain apa, makanya aku bikin 2 yaitu keinarahardjo.com dan keinatralala.com tapi akhirnya diputuskan keinatralala.com aja sesuai nama sebelumnya.

Taaarrrraaa banyak yang berubah setelah menjadi DotCom, apa saja perbedaanya ? Berdasarkam apa yang aku alami, banyak tantangan yang menyenangkan kuhadapi, seperti :

  • Free Customizing Blog

Yang biasanya cuma utak-atik template blog, sekarang aku bisa belajar tentang plugin dan fungsi-fungsinya yang menunjang kinerja blog, widget yang dipakai lebih tertata tidak asal, dan tampilan-tampilan blog yang lebih kece.

  • Bijak memakai kuota hosting

Kalau dulu bebas lepas upload foto karena kuota wordpres lumayan untuk menampilkan gambar dengan kapasitas besar tapi sekarang lebih aware dengan performance blog dan kuota hosting, jadi foto harus di kompres belum lagi email dari blog yang harus diperhatikan isinya iar ga numpuk di database hosting.

  • Memperbaiki Rank Blog

Dulu selama pakai blog gratisan aku tidak pernah memperhatikan rank, seperti alexa rank, DA, PA, Google Analitycs, Semua baru aku pelajari pasca menjadi dotcom. Hal ini lantaran aku ingin pengunjung blogku cepat banyak Tapi disini aku melakukan kesalahan fatal. Aku mengganti url blog yang lama dan ternyata ini berdampak besar dengan blogku yang baru jadi DotCom ini.. Visitor langsung turun, tapi aku berusaha terus untuk memperbaikinya.

  • Menyajikan Konten yang Bermanfaat

Bagiku blog dan website itu berbeda, blog lebih menonjolkan cerita sedangkan website lebih ke informasi. Namun ketika url sudah berakhiran DotCom maka kontennya pun tidak boleh main-main, sayang kan kalau sudah bayar domain tapi dibuat curhat yang tidak bermanfaat. Jadi dari sini aku berusaha untuk berbagi cerita yang bisa bermanfaat bagi orang lain, mulai dari sharing pengalaman maupun review suatu produk atau jasa pelayanan.

Nah, disamping tantangan yang bikin aku semakin belajar menjadi insan digital yang baik sebagai blogger, ada juga manfaat dan keunggulan domain DotCom yang aku dapatkan :

diambil dari sini
  • Cepat menjadi page one google

Entah ini lagi-lagi the power of content atau apa tapi ada beberapa tulisanku yang langsung ada di one page google dan itu tidak lama setelah aku publish. Aku tidak memakai trik apapun semua aku posting biasa saja tapi kok njilalah  bisa di halaman pertama Google. Dulu pas jaman pakai domain gratis ada tulisan yang trafiknya tinggi  dan akhirnya ada di halaman pertama Google tapi bertahap tidak secepat setelah memakai domain DotCom.

  • Mendapat tawaran job review, placement dan lainnya

Menjadi blogger dengan domain Dotcom itu artinya sudah tidak main-main karena dia rela membayar domain yang dipakai sebagai identitas dirinya dan profesionalitasnya sebagai penulis blog. Sehingga mendapat tawaran untuk menulis review atau sekedar content placement karena beberapa brand memberi syarat bahwa blog yang dipakai untuk jasa promosi  sudah TLD alias DotCom DotNet dan lainnya.

  • Page view di cepat naik

Dulu waktu pakai domain gratis aku susah banget memiliki viewer yang banyak, harus bikin giveaway dulu, susah banget viewer diatas 100 tiap harinya butuh 2 tahun untuk bisa itu terjadi padahal aku juga sudah rajin nulis. Tapi setelah keadaan terpurukku Maret 2016 saat menghapus blog lama, selang 1 bulan saja viewerku naik. Malah di Google Analytic lebih banyak ketimbang page view di statistic dashboard blog. Aku merasa ini semua gara-gara aku sudah pakai domain DotCom

  • Kepuasan Batin

Ini lebih tentang rasa, manfaat domain sendiri dengan berakhiran DotCom adalah rasa untuk lebih tanggung jawab atas semua yang ada di blog. Selain itu, rasa memiliki yang sulit untuk dijelaskan, sampai aku merasa blogku adalah identitasku, rupa warnanya adalah cerminan diriku, apa yang melekat mengibaratkan tampilanku. Istilah kerennya blog sebagai branding kita untuk diperkenalkan ke orang lain dan rasa itu lebih puas.

Kesimpulannya, aku mulai menikmati hobiku sebagai blogger dan sedang belajar menjadi blogger profesional yang memiliki dampak baik untuk lingkungan terutama insan digital atau netizen. Setahun NgeBlog dengan DotCom bagiku jadi lebih berwarna dan banyak manfaatnya karena konten yang dibuat tidak asal tapi berusaha bermanfaat.

Well itu ceritaku tentang #DotComForBlogging menjelang Anniversary DotCom ku sebulan lagi. Jika kamu merasa ingin membuat blogmu menjadi Top Domain Level DotCom atau DotNet bisa langsung ke www.dotcomforme.com

Let's write your opinion

%d bloggers like this: