Jalan-jalan

Belanja Sepuasnya dan Bermalam di Hotel Terbaik di Bandung

January 13, 2017

Assalamualaikum Warrahmatullahi Wabarrakatu

Hola halo keinatralala readers,

Kali ini aku ingin sharing tentang sebuah kota yang sangat aku rindukan namun sayang baru 2 kali aku singgah kesana. Itu pun karena ada urusan atau pekerjaan seperti meeting kantor di Sheraton Bandung, belum pernah sengaja kesana dengan niat liburan, foto diatas aja diambil buru-buru didepan globe KAA sebelum kondangan, padahal aku sudah banyak mencari tahu apa yang seharusnya aku coba di kota itu tapi sayang belum bisa, dan kota itu bernama Bandung.

Bandung memang menawarkan banyak tempat favorit yang berkesan. Mulai dari tempat makanan dan jajanan lezat yang dapat ditemui di tiap sudut kota, hotel terbaik di Bandung yang memberikan kepuasan dalam beristirahat, hingga surga belanja barang-barang berkualitas.

Selain dikenal dengan julukan Kota Kembang, Bandung juga dikenal sebagai Kota Mode. Tidak heran jika julukan lain, seperti Paris van Java alias Paris-nya Pulau Jawa yang melekat erat di ibu kota Provinsi Jawa Barat itu.

Industri-industri pakaian di Bandung memang berkembang cukup pesat. Hal ini mulai terlihat di akhir era 90-an dengan munculnya tren factory outlet yang dipelopori oleh Perry Tristianto Tedja. Nama FO atau factory outlet diambil dari nama toko pertama yang didirikannya, yaitu FOS (Factory Outlet Store). Hingga saat ini, sang Raja FO sendiri telah memiliki kurang lebih 12 toko yang berada di bawah pengelolaannya.

Bukan hanya factory outlet saja yang menjadi andalan wisata belanja di Bandung, ada sentra jeans hingga sentra sepatu yang bisa kamu temukan di kota ini. Di mana saja tempat wajib yang harus dikunjungi ketika ingin berwisata belanja di Bandung? Berikut aku punya beberapa tempat yang mungkin bisa menjadi referensi untuk kamu belanja.

  1. FO di Jalan Riau
Source: Tempat Wisata

Di Jalan Riau atau Jalan L.L.R.E Martadinata berjajar beragam factory outlet yang menawarkan produk-produk berkualitas dengan harga yang terjangkau. Jalan Riau memang terkenal dengan surganya factory outlet.

Salah satu FO favorit yang ada di Jalan Riau ini adalah Heritage factory outlet. Tempat ini istimewa karena bentuk bangunannya yang terkesan klasik khas peninggalan zaman kolonial Belanda. Meskipun tempatnya terkesan ‘jadul’, tetapi barang-barang yang ada di dalamnya tetap branded dan kekinian.

Bukan hanya factory outlet terbaik saja yang ada di Jalan Riau, hotel terbaik di Bandung pun dapat Anda temukan di sini, yaitu hotel Aryaduta Bandung.

  1. Pasar Baru Trade Centre
Source: Ragam Wisata

Jika di Jakarta kita mengenal Tanah Abang, di Bandung ada Pasar Baru Trade Centre yang dapat memenuhi nafsu berburu belanja pakaian murah berkualitas.

Tidak hanya pakaian, di Pasar Baru kamu juga bisa menemukan berbagai jenis kain, kosmetik, aksesori, hingga oleh-oleh khas Jawa Barat. Semua yang kamu butuhkan tersedia lengkap di Pasar Baru Trade Centre.

Meskipun namanya Pasar Baru, tetapi ternyata pasar ini merupakan pasar tertua yang ada di Bandung. Letaknya berada di Jl. Oto Iskandardinata No. 70. Masalah kuliner, kamu bisa mencicipi berbagai macam makanan lezat yang berada di lantai atas dan basement.

  1. Gang Tamim
Source: Travelexica

Lokasinya tidak jauh dari Pasar Baru. Di Gang Tamim, Anda kamu menemukan aneka bahan jeans pilihan. Selain bahan jeans, berbagai jenis bahan kain lain juga bisa kamu temukan di kawasan ini.

Dari mulai kain batik, katun, chiffon, brokat, hingga bahan kebaya. Harga yang ditawarkan juga cukup terjangkau, apalagi jika Anda berani dan bisa menawar, harga yang didapatkan pasti bisa jauh lebih murah.

Salah satu keunikan belanja di Gang Tamim adalah kamu dapat membeli kain dengan sistem kiloan. (kayak beli telor ya kiloan, hehehe)

  1. Sentra Sepatu Cibaduyut
Source : Bandung Tourism

Jika kebetulan kamu sedang berjalan-jalan di daerah Terminal Leuwipanjang, jangan lupa untuk menyempatkan diri mampir ke sentra sepatu paling terkenal di Bandung, yaitu Cibaduyut.

Tempatnya cukup mudah ditemukan. Ambil Jalan Soekarno-Hatta ke arah Cibiru, setelah melewati Terminal Leuwipanjang, kamu akan tiba di sebuah perempatan yang di tengah-tengahnya terdapat patung sepatu raksasa. Belok kiri dan Anda telah sampai di Cibaduyut.

Sepatu apa yang kamu inginkan? Sepatu kulit, sepatu kets, atau sepatu anak-anak? Semuanya tersedia komplit di sini dengan harga terjangkau dan kualitas terbaik.

  1. Pasar Buku Palasari
Source : Sindonews

Bagi kamu para pencinta buku, pasar yang satu ini sangat wajib untuk dikunjungi. Apalagi jika sedang mencari buku-buku murah dan buku langka, tempat ini bisa menjadi pilihan utama untuk mendapatkannya.

Berlokasi di antara Lodaya dan Buah Batu, Pasar Buku Palasari mirip dengan kawasan Kwitang di Jakarta Pusat atau Kampoeng Ilmu di Surabaya yang diisi khusus oleh para pedagang buku. Baik buku baru, bekas, buku kuliah, hingga novel-novel fiksi.

  1. Cihampelas
Source: Joeny Catering

Kawasan yang terkenal dengan sentra jeans-nya ini selalu ramai dikunjungi oleh para wisatawan, terutama setiap akhir pekan dan musim liburan. Di kawasan ini, banyak berjajar toko pakaian dengan konsep unik, seperti superhero hingga tokoh kartun.

Jika tidak ingin berbelanja pakaian, kamu juga bisa berjalan-jalan di Cihampelas Walk sambil menyantap jajanan yang tersedia. Jangan lupa, di daerah ini juga tersedia banyak sentra oleh-oleh khas Jawa Barat.

Setelah kamu puas berbelanja dan berkeliling kota Bandung, saatnya untuk beristirahat dan bersantai memanjakan diri. Temukan beragam hotel terbaik di Bandung melalui traveloka.com. Lewat Traveloka, kamu bisa langsung memilih hotel favorit dan langsung memesannya dengan mudah tanpa repot, prosesnya cepat seperti yang sudah aku ceritakan sewaktu perayaan first anniversary lalu bahkan bisa nulis langsung request tambahan saat pemesanan.

The last but not least, wisata belanja memang sangat menyenangkan, tetapi jangan sampai berlebihan dan membuat Anda boros. Belanja seperlunya saja, belilah barang-barang yang memang kamu butuhkan. Selamat berlibur!

Semoga bermanfaat ya,

Wassalamualaikum Warrahmatullahi Wabarrakatu

kei tral

  1. Bandung memang kota kenangan bagi saya.
    Saya pernah sekolah di Bandung bersama SBY ketika kami masih berpangkat mayor.Juga pernah dinas di Bandung Coret alias Cimahi.
    Beberapa kali kopdar di Bandung-Cimahi-Lembang.
    Tapi amat jarang bermalam di hotel di Bandung.
    Terima kasih infonya
    Salam hangat dari Jombang, Jawa Timur

    1. Waduh pakde dulu sama pake SBY lama juga dong berarti di Bandung soalnya sekolah… dicoba sekali kali nginep di hotenya pakde…
      Terima kasih sudah mampir ya..

    1. iya bisa tuh nanti mampir beli buku kalo ke bandung… makin lama makin keren emang kayak walikotanya.. eh… hahaha

Let's write your opinion

%d bloggers like this: