Yuk Merancang Wisata Halal Ke Jepang !

Assalamualaikum Warrahmatullahi Wabarraktu

Hola halo keinatralala readers, apa kabar semua?

Menjadi karyawan di perusahaan yang berasal dari Negeri Sakura, membuat ku memiliki keinginan untuk suatu saat bisa berkunjung ke sana. Selain ingin menikmati budaya Jepang yang sudah terkenal seantero dunia, aku pun ingin mengunjungi tempat konser band favorit dan mampir ke wahana permainan yang ada di Jepang.

Lalu apa maksudnya wisata halal mir ?

Wisata yang dikemas untuk memberi kenyamanan liburan bagi muslim dan muslimah, misal tempat yang di kunjungi memiliki fasilitas tempat ibadah, jadwal perjalanannya tidak mengganggu waktu sholat, tempat makanan yang dikunjungi Halal, serta menghindari tempat-tempat yang banyak memberi kemudharatan misal daerah prostitusi, apalagi di luar negeri kan kegiatan seperti ini bebas, jadi kalau tak paham area yang akan dikunjungi bisa-bisa salah masuk kawasan yang ternyata “red line”.

Nah kalau seandainya ke Jepang mau ke mana ? Tokyo, Yokohama, Kyoto, dan Osaka

Tokyo

Ke Jepang emang gak afdol kalo gak main ke ibukota nya. Tokyo sebagai kota yang sibuk dan modern memiliki sisi lain yang bagus untuk dikunjungi. Beberapa tempat yang bisa dikunjungi saat di Tokyo adalah

Shinjuku Gyoen

source : japan-guide

Sebagai orang yang sukanya main di tempat yang hijau-hijau dan bunga-bunga maka tujuan utama yang ingin aku datangi adalah Shinjuku Gyoen. Seperti foto yang aku taruh di judul postingan, di taman terbesar se Tokyo ini banyak tumbuh pohon Sakuran yang memang sebagai ikon negara, oleh karena itu taman ini sangat nyaman digunakan untuk tamasya apalagi saat memasuki musim gugur untuk melakukan hanami yaitu tradisi makan bersama dibawah pohon sakura yang sedang gugur, duh bahagianya.

Di Shinjuku Gyoen  terdpat 2 tipe taman yaitu taman dengan gaya tradisional Jepang yang menampilkan kolam besar membuat pulau-pulau kecil yang disatukan dengan jembatan. Banyak semak-semak dan pohon yang tertata rapi mengelili danau, terdapat beberapa paviliun dan Kyu Goryotei (juga disebut Taiwan Pavilion). Tipe ke 2 adalah taman bergaya modern yang berbentuk simetris bergaya taman seperti di Perancis dan Inggris denga tanaman terbuka ada juga yang didalam Green House.

Masjid Camii

source : http://www.cheria-travel.com/

Masjid Camii atau Camii Mosque adalah masjid termewah dan terbesar yang berada di Tokyo. Masjid ini mendatangkan langsung arsitektur dari Turki untuk membuat tampilan masjid semakin indah dan nyaman. Selain desain nya yang bagus bahan yang digunakan pun terpilih seperti marmer yang banyak melapisi dinding masjid serta penggunaan ornamen keramik dan lampu gantung yang makin memberi kesan mewah. Meski tak sebesar masjid di Indonesia namun keberadaan masjid ini di tengah kota Tokyo menjadi oase bagi umat muslim di negara minoritas Islam. Oleh karena itu Masjid Camii harus dikunjungi saat ke Jepang.

Tokyo Disney Sea

source : japan-guide

Tokyo Disney Sea merupakan theme park yang masih berada di area Tokyo Disney Resort yang unik untuk Jepang. Terinspirasi oleh mitos dan legenda tentang cerita kehidupan di laut, Tokyo Disney Sea dibangun dengan 7 port atau pelabuhan dengan desain berbeda sesuai dengan asal usul cerita laut yang dijadikan tema : Mediterania Harbor, Mysterious Island, Mermaid Lagoon, Arabian Coast, Hilang Delta Sungai, Port Discovery dan Amerika Waterfront.

Menurutku Tokyo Disney Sea ini menjadi theme park yang sangat unik, selain permainannya yang selalu berhubungan dengan air, alasan lainnya adalaha sampai saat ini Tokyo Disney Sea satu-satunya theme park Disney yang mengangat tema laut di dunia, belum ada Disney Sea di negara lain. Karena keunikannya itulah harga tiket masuknya pun lumayan, sekitar 700 ribu rupiah.

Shibuya – Ginza

source : http://ahmadtakbir.blogspot.co.id/

Perempatan Shibuya ini temasuk perempatan teramai dan tersibuk dimana orang lalu lalang berjalan baik untuk menuju kantor maupun pusat perbelanjaan dan restoran yang berada di kawasan ini. Shibuya banyak digunakan sebagai tempat meeting point teritama di dekat patung Hachiko, seekor anjing yang setia milik seorang Professor Universitas Tokyo. Salah satu keinginanku adalah bisa foto di perempatan ini, blusukan ditengah keramaian orang yang sibuk akan melakukan aktifitasnya.

Di Shibuya ini banyak berderet resto dan toko. Ginza pun mirip dengan Shibuya, bedanya adalah tipe toko di daerah tersebut. Ginza termasuk kawasan elit, toko yang berjajar berasal dari merek High End yang terkenal dengan kualitas terbaik dan harganya mahal. Sedangkan Shibuya bagaikan tempat nongkrong  remaja Jepang yang resto dan tokonya mematok harga yang terjangkau.

Takeshita Street atau Harajuku Street

source : http://www.aprijanti.com/

Terletak di kawasan Shibuya, Takeshita Street ini menjadi tempat yang wajib dikunjungi oleh pecinta Harajuku Style, Anime lover, dan fashionita ala ala Japanese Style. Jangan kaget kalau  memasuki tempat ini kamu akan melihat remaja yang menggunakan kostum yang aneh atau lebih tepatnya unik karena memang begitu trend mode yang dikenal Harajuku.

Banyak toko yang menjual baju, sepatu, serta pernak pernik lain yang harganya murah. Nah disini sediain kalkulator deh biar mudah memperkirakan harga, selain itu jagain dompet bukan cuma takut di copet tapi takut isinya beralih ke kotak kasir semua soalnya barang yang dijual bagus-bagus, banyak pilihan, dan murah. Jadi hati-hati ya, beli seperlunya saja. Selain wisata belanja, disini juga banyak yang jualan jajanan ala Jepang tapi ingat pilih yang halal ya… paling yang bisa dibeli ya Cutton Candy berukuran raksasa yang dijual di Harajuku Street seperti yang diceritakan teman saat berkunjung ke sana.

Yokohama

Puas bermain di ibukota, aku juga ingin mampir ke Yokohama. Jujur aku berharap banget kalau nanti bisa ke Jepang, aku bakalan nonton konser salah satu band favoritku, Tau kan aku nge fans banget sama One Oke Rock dan Ikimono Gakari. Salah satu alasan memilih Yokohama juga lantaran di kota ini terdapat stadium besar yang sering menggelar konser artis-artis dari Jepang maupun luar negeri. So berikut tempat yang ingin aku kunjungi saat di Yokohama.

Yokohama Internasional Stadium

Source : One Oke Rock Official Youtube Channel

Stadium ini mampu menampung 30.000 penonton, stadium ini digunakan khusus digunakan untuk bermain bisbol sehingga bentuk stadiumnya pun memliki desain khusus dan unik. Menurutku ini juga sebagai alasan kenapa banyak konser digela disini karena desain lapangannya berbentuk mengerucut seperti berlian sehingga memudahkan tata letak panggung dan penontonnya.

Masjid Ja’me Yokohama

Masji ini merupakan satu-satunya Masjid di Kota Yokohama yang  didirikan sejak Desember 2006, Masjid Ja’me  melaksanakan sholat berjamaah setiap harinya. Selain itu, masjid juga menyediakan program belajar agama untuk anak-anak, perempuan dan beberapa kegiatan kajian lainnya. Masjid ini juga menerima kunjungan wisata dengan mengkonformasi terlebih dahulu kepada pengurus.

Zoorasia

Source : japan-guide
Zoorasia merupakan kebun binatang terbaik yang ada di Jepang. Kebun binatang ini didirikan pada tahun 1999, dan sejak beroperasi di memiliki 2 tema yaituSymbiosis of Life” dan “Harmony with Nature”. Hewan-hewan dipelihara dan ditampilkan di area yang luas yang meniru habitat asli hewan tersebut.

Pameran hewan Zoorasia tersebar di antara tujuh bidang ekologi: Asia Tropical Forest, Subarctic Forest, Oseania Grassland, Asia Tengah Highland, Desa Jepang, Amazon Jungle dan Afrika Tropical Rainforest.Hewan yang ditonjolkan di kebun binatang ini adalah gajah, beruang kutub, beruang hitam, okapi dan bekantan.  Terdapat beberapa restoran dan kafe, serta jejak alam dan tempat rekreasi untuk anak-anak.

Kyoto & Osaka

Kedua kota ini berdekatan dan dikenal sebagai pusat seni dan budaya, terdapat tempat wisata yang menampilkan seni khas Jepang, termasuk istana kerajaan Jepang, museum dan taman yang cantik untuk di kunjungi

 Itulah daftar tempat yang bisa dijadikan destinasi wisata di Jepang. Bisa diakatan negara ini sudah ramah terhadap muslim dan muslimah yang berwisata di sana, tersedia Muslim Travel Map yang disedikan di beberapa masjid seperti di Masjid di Osaka yang dekat denga stasiun yang kabarnya menyediaan peta tersebut. Tapi kalau ingin beriwasata dengan tenang, nyaman dan menyenangkan bisa juga menggunakan tour and travel yang konsen dengan wisata halal seperti Cheria Halal Wisata.

Cheria Halal Wisata menjamin bahwa wisata yang dilakukan disana halal karena sudah bekerja sama dengan tour operator Jepang yang telah memperoleh sertifikasi dan mendapat pengawasan dari Japan Halal Association (JHA), sehingga mulai dari perencanaan, proses, hingga pelaksanaan tur dilakukan sesuai dengan syariah. Dan menjadi anggota dari Japan Halal Association. Nah dengan begini kita sebagai wisatawan lebih tenang tetap bisa sholat di tempat yang bagus, makanan yang halal, dan jadwal wisata yang bisa disesuikan dengan waktu sholat.

Untuk destinasi yang aku pilih yaitu Wisata Halal ke Jepang ada juga loh bahkan yang ittenerary nya mirip yang kutulis yaitu Tour ke Japan Wonderful + Yokohama dan sedang ada paket promo untuk ke Jepang. Yuk mulai merencanakan, tanya-tanya dulu boleh lah ya bisa menghubungi Cheria Halal Wisata di 021-7900-216

 

Tulisan ini diikut sertakan lomba menulis artikel kreatif Cheria Halal Wisata, tapi semoga bisa tetap bermafaat ya teman-teman.

Wassalamualaikum Warrahmatullahi Wabarrakatu

 

You may also like

14 Comments

  1. Mauuuk ke jepang! Mau juga ke disneylandnya hehhehee
    Btw mahal juga yah tiket disneysea huf

    Smg suatu saat kesampaian ke jepang yah keina♡

    1. Ada harga ada rupa ya mba ifa… itu sih harus di cek lagi harga tiketnya cuma disneysea atu terusan yang sepaket…

Let's write your opinion