Blogging

Ketika Ngeblog Tak Sekedar Tulisan Panjang

January 30, 2017

Assalamualaikum Warrahmatullahi Wabarrakatu

Hola halo keinatralala readers,

Bagiku ngeblog merupakan aktifitas yang menyenangkan, setiap melihat sesuatu selalu memiliki keinginan untuk ditulis untuk berbagi, apapun itu. Banyak yang hal yang aku bahas di blog ini, bermula sebagai tempat curhat remeh temeh dan posting beberapa tugas kuliah. Lambat laun isi blogku mulai berwarna dari seperti nikah muda, lagu, kuliner, persiapan pernikahan, review make up, traveling, dan refleksi diri yang sebenarrnya isinya juga mengandung curhat colongan.Namun pelan tapi pasti sebagai blogger aku pun berbenah diri, mulai berfikir untuk membuat konten blog ini lebih bermanfaat untuk pembaca.

Selain berbenah isi blog aku juga jadi aware dengan teknologi yang aku pakai sebagai blogger. Semakin berkembangnya era digital juga merambah ke komponen konten blog yang nambah, perlu dikerjakan dengan notebook yang baik setidaknya pakai prosesor Intel Core i3 lebih bagus lagi kalau Intel Core i5/Intel Core i7 Processor seperti yang terdapat dalam Notebook ASUS. Tentunya Intel Core i7 Processor memiliki kemampuan yang tertinggi terutama dalam segi kecepatan karena Hyper-Threading sehingga bisa memproses 8 perintah (thread) sekaligus dalam satu waktu, beda dengan Intel Core i5 yang hanya 4 thread dan Intel Core i3 2 thread.

Balik ngomongin tentang konten yang mampu  mengundang minat pembaca, aku akan cerita bagaimana caraku membuat sebuah konten yang muncul di blog ini. Aku mengkategorikan beberapa item yang perlu diperhatikan bukan cuma tulisan.

5 Hal yang Perlu Diperhatikan dalam Membuat Konten

Ide

Suatu hal yang kasat mata namun penting untuk membuat suatu konten yang bagus dan banyak dibaca orang. Ide suatu content tecermin pada konsep suatu blogpost, apa topik yang akan diangkat ? sesuatu yang menarik kah? atau sesuatu yang sedang banyak diperbincangkan?. Nah pilih topik yang sesuai dengan target pembaca. Lalu ide juga meliputi pada kemasan konten secara keseluruhan, apa saja yang akan ditampilkan.

Tulisan

kata-kata atau tulisan memang sebagai isi utama sebuah konten blog, oleh karena itu menjadi hal yang paling di perhatikan. Hal ini meliputi pemilihan judul, pembuka, isi, dan kesimpulan tulisan.  Untuk membuat judul, biasanya aku menyempatkan diri searching di Google, sudah pernah dipakai kah judulnya ? sehingga aku bisa memiliki judul yang unik. Pemilihan angka pada judul tulisan juga memudahkan konten menarik pembaca lantaran cepat ditemukan oleh browser misal, “5 Cara Mendapat Restu Menikah Muda“.

Untuk isi tulisan yang perlu diperhatikan adalah bahasa yang digunakan, idealnya blog milik personal menggunakan bahasa santai namun jangan terlalu 4l@y . Lalu isi bisa berupa cerita deskriptif atau dibuat poin-poin. Hal ini akan mempengaruhi letak konten di mesin pencarian Google, penggunaan poin dengan heading akan mempengaruhi konten mudah dikenali browser.

Untuk  kesimpulan perlu juga ditulis, karena kalau ada pembaca yang cuma scroll down, mereka tetap tahu maksud yang aku sampaikan di tulisan ini sekalian sebagai penutup yang bermanfaat bagi pembaca. Bentuk kesimpulannya bisa deskripsi singkat dari inti cerita ataupun quote yang sesuai dengan tulisan.

Foto

Elemen yang mebuat sebuah konten lebih “bernyawa”, foto mampu menjelaskan lebih dari sekedar kata-kata. Fungsi lainnya yaitu untuk menambah kata kunci konten dengan menambah deskripsi foto. Selain itu foto juga mengurangi bounce rate yaitu pengunjung yang masuk ke konten namun tidak melakukan iteraksi apapun dengan blog, setidaknya pengunjung yang tertarik dengan foto yang ditampilkan akan mengklik foto tersebut.

Foto yang ditampilkan dalam konten blog sebaiknya dipilih dan di edit terlebih dahulu. Tidak semua foto perlu ditampilkan, pilih yang paling sesuai dan bagus. Jika ingin menampilkan beberapa foto mungkin bisa diatur dulu untuk dibuat kolase sehingga tidak terlalu banyak. Foto sebaiknya melalui editing terlebih dahulu, meliputi ukuran foto yang disesuaikan dengan blog, gelap terangnya foto, dan fokus atau blur-nya foto (bokeh) sesuai dengan kebutuhan. Selain itu sesuaikan banyak foto yang ditampilkan dengan panjang tulisan sehingga seimbang.

Ilustrasi

Mirip dengan foto, ilustrasi yang aku maksud disini seperti yang sudah kutampilkan diatas yaitu gambar yang menjelaskan poin-poin yang kusampaikan. Hal ini untuk memudahkan pembaca lebih cepat mengenali isi tulisan kita. Ilustrasi bisa juga berupa infografik jika ingin menjelaskan data yang terlalu detail atau konten step by step yang penjelasannya panjang. Ambil poin-poin penjelasan lalu dibuat ilustrasi, bahkan kala hanya kata-kata pun isinya seperti slide presentasi yang dibuat gambar itu akan membantu pembaca.

Ah, aku gak bisa bikin ilustrasi ! , kamu gak harus bikin semuanya dari awal kok. Banyak cara menuju Roma, artinya banyak cara bikin ilustrasi tanpa tapi. Kamu bisa mencari ikon-ikon yang bisa di download gratis lalu merangkainya menjadi satu menggunakan editor atau ilustrator . Bisa juga memanfaatkan website design gratis seperti canva.com, befungky.com, dan lainnya. Jangan lupa pilih ikon yang ekstensinya .png alias yang latar belakangnya transaparan sehingga memudahkan dalam proses merangkainya dan hasilnya pun bagus.

Video

Peran video dalam sebuah blog kini perlu diperhatikan, semakin berkembangnya dunia digital berdapak pada pembuat konten semakin kreatif, salah satu bentuknya adalah Vlog alias Video Blogging. Dari semua ide yang sudah tertuang melalui tulisan, foto, dan ilustrasi maka yang bisa lebih menvisualisasinya adalah video. Kamu bisa meng upload video yang sudah dibuat dan melalui proses editing ke YouTube lalu ditautkan pada konten.

Nah, kini aktifitas blogging bukan sekedar menyiapkan tulisan semata, perlu foto, ilustasi, serta video sebagai elemen sebuah konten yang bagus dan berkualitas. Diperlukan perangkat untuk menyiapkan foto, ilustrasi serta video yang baik. Foto dan video bisa diambil menggunakan kamera digital maupun smartphone yang kini sudah banyak memiliki kemampuan yang mumpuni. Namun seperti yang sudah kusinggung diawal tulisan mengenai aku yang jadi aware dengan teknologi agar bisa mengerjakan konten dengan cepat. Sayang kan kalau sudah ada bahan namun perangkat komputer tidak memadai

Aku sudah pernah mengalami proses rendering video yang lama ketika mengerjakan video tutorial sate lilit. Saat menyimpan pun lama, aku harus sabar soalnya kalau tidak, akan muncul tulisan “not responding”, lalu kalau parah jadinya blue screen . Waduh ! Sakit hati adek bang, videonya gak tersimpan ! . Langsung deh kepikiran buat ganti laptop biar ngerjain blognya enak, pas searching sana sini aku jadi tertarik sama laptop ASUSPRO Notebook seri P2430.

Design ASUSPRO Notebook seri P2430UA
Design ASUSPRO Notebook seri P2430UA

ASUS adalah Top 2 produsen notebook konsumen dunia dan penghasil motherboard terbaik di dunia. ASUS mendesain dan memproduksi berbagai jenis produk IT untuk memenuhi segala kebutuhan sehari-hari, mulai dari notebook, tablet, PC desktop, server, perangkat jaringan dan smartphone. Daya tahan yang dimiliki produk ASUS dikenal handal lantaran sudah melalui proses testing yang ekstrim sehingga perangkatnya sudah teruji kuat.

ASUSPRO Notebook seri P2430 hadir dengan desain yang stylist serta nyaman digunakan sehingga dapat meningkatkan produktifitas sesuai dengan seri P yang berfokus pada professional, productivity dan friendly. Tipe ini juga dilengkapi dengan ASUSPRO Bisnis Manager yang merupakan sebuah platform komputasi baru yang terdiri dari perangkat keras, perangkat lunak dan firmware yang menyediakan keamanan dan produktivitas, dirancang khusus untuk bisnis skala kecil yang tidak memiliki divisi IT tersendiri.

Asus Business Manager
ASUS Business Manager

Kelebihan lainnya yang dimiliki ASUSPRO Notebook seri P2430 yaitu Permukaan layar matte sehingga mengurangi kelelahan mata, dilengkapi dengan baterai yang dapat diganti untuk sistem komputasi atau alasan maintenance dengan fitur smart power connect alert, kinerja notebook didukungan dengan 4 port USB, HDMI dan DVD.

Port yang dimiliki ASUSPRO-P2430UA
Port ASUSPRO-P2430UA

Spesifikasi ASUSPRO Notebook seri P2430UA :

• Prosesor : Intel® Core™ i7-6500U Processor / Intel® Core™ i5-6200U Processor

• Sistem Operasi : Windows 10 Pro 64-bit

• Memori : 4GB DDR4

• Display : Layar 14” HD (1366×768) Anti-glare

• Grafis : Discrete graphics GT 920 – 2GB

• Penyimpanan : 1TB HDD

• Baterai : 4-cell Li-ion battery

• Driver Optik : DVD Writer

• Port :  3x USB 3.0, USB 2.0, VGA, HDMI, LAN

• Lainnya : BGN + BT 4.0, Wi-Fi, Fingerprint

• Berat : <2kg dengan baterai

•  Garansi : 3 Tahun Garansi Global

Well, sudah di akhir tulisan aja, semoga bermanfaat ya ulasan mengenai bagaimana cara membuat konten kekinian yang gak sekedar tulisan panjang tapi dilengkapi foto, ilustrasi dan video yang ternyata membutuhkan notebook dengan spesifikasi bagus, makanya sekalian aku bikin review dari ASUSPRO Notebook seri P2430U.

Wassalamualaikum Warrahmatullahi Wabarrakatu

*Artikel ini diikutsertakan dalam lomba blog Asus yang diselenggarakan oleh Blogger Perempuan Network dan Asus Indonesia.

  1. bener mba….konten dan pendukung serta foto, video dan grafis juga perlu ya…sy untuk gtafis masih belum melek banget hehe…kadang pengin seperti blogger lain yg grafisnya keren..moga nti bisa tekun untuk mempelajarinya.
    selamat berlomba..moga menang

  2. Huhuhuu, aku merasa belum maksimal deh dalam membuat konten blog. Masih ngandelin tulisan banget. Untuk foto punya cita-cita mau nyetok foto ala-ala pixabay gitu, jadi nanti gambar pendukung di blog adalah foto sendiri, bukan nyomot di penyedia gambar gratisan.

    Video lagi belajar nih, Mir. Udah ada beberapa yang jadi tapi kok belum pede ya ngunggah di youtube x_x
    Sama belajar photoshop deh, biar bisa bikin infografis yang kece.

    Duh, banyak aja PRnya. Semangat belajar!

    1. Iya kan banyak Pe Er kan… emang harus banyak belajar dan tetep percaya diri, aku juga belum bisa bikin video yang bagus tapi kalau gak dicoba ya mau sampai kapan, cela-dicela deh yang penting sudah berkarya… hehehe

      1. Soal foto ya Mak…suka bingung mo milih yang mana buat posting. Terus kalo dibuat kolase nggak tega, jadi kecil-kecil gitu…maklum yang motretnya susah liat objek kecil udah butuh kacamata plus

        1. belajar ikhlas hehehe kasian juga blognya bisa berat dibuka kalo kebanyakan fotonya… di[ilih yang sesuai, kalau kolase ya 2- 4 foto aja biar gak terlalu kecil…

    1. aku juga masih belajar mba tapi sekarang blogger arahnya juga sudah ke video mba, jadi biar kontennya semakin lengkap.. begitu

    1. iya mba tak pikir pikir kesimpulan itu penting soalnya yang blog walking sukanya langsung scrol itu tetep bisa tahu inti tulisannya apa… #pengalaman hehehe

  3. asek… dapet tips keren buat nambah ilmu blogging, syukrooon

    Kalo ane sering mentok pas nyari ide mbak, makanya harus pakai jurus macem-macem tuk nangkepnya. bagian yang paling ane demen tuh pas buat gambarnya, hehehe makanya pengen banget punya laptop yang mumpuni proses pembuatannya cepet.
    keren artikelnya mbak.

    Salam Hoki ya

  4. Aku masih kagok bikin ilustrasi Kak Mir. Heuheu
    Tapi emang bener deh, kalo ada gambar atau ikustrasi2 jadi tambah enak dibaca. Asus bisa support banget buat editing kek gituan.

    1. iya mba kalo dipikir-pikir kayakanya kalau nulis panjang trus ga ada ilustrasi gambar grafisnya kayaknya kurang gitu… apalagi orang sekarang bacanya cepet

    1. nah iya yak… aturan prosesnya ga selesai setelah posting harus share.. bikin ads di fb dll.. baru nyadar kurang nih tulisanku… hahaha makasi mas cum…

  5. Blog sekarang emang banyak yang make gambar ilustrasi yaa, jadi keliatan cantik

    Ntar malem cobain ahhh…
    canva.com, befungky.com

    Hihihi

Let's write your opinion

%d bloggers like this: