IT | Kesehatan | Review

Medi-Call Menjawab Keinginanku Saat Butuh Dokter Kapan Saja dan Dimana Saja

February 23, 2017

Assalamualaikum Warrahmatullahi Wabarrakatu

Suatu siang di bulan Ramadhan, aku pulang sekolah seperti biasanya, namun yang berbeda waktu itu adalah aku begitu letih bahkan jalan pun sempoyongan. Setelah berhasil masuk rumah dan salam, aku pun menjatuhkan diri ke sofa ruang tamu. Diam disitu sampai Eyang Putri datang menghampiri. Eyang kaget melihat kondisiku yang gak karuan dengan keringat yang bercucuran. Karena dirumah cuma ada aku, eyang kong, dan eyang putri yang notabener sudah sepuh jadinya aku disuruh pindah sendiri di kamar. Tapi aku benar-benar lemah, jangankan pindah tempat wong ngomong saja susah, soalnya aku mengalami sesak nafas.

Eyang putri memaksaku membatalkan puasa dengan meminum teh hangat untuk memberi kekuatan.  Sementara nafasku tetap tersengal-sengal dan berbunyi. Belum lagi detak jantung yang berdebar lebih cepat daripada biasanya. Aku pun memaksakan jalan, selangkah demi selangkah sembari mengatur nafas. Perjuangan luar biasa untuk akhirnya bisa naik kendaraan menuju klinik terdekat. Andai saja waktu itu sudah ada aplikasi seperti Medi-Call yang bisa memanggil dokter saat dibutuhkan dimanapun aku berada, aku tidak akan kesusahan ke klinik saat sesak nafas tiba-tiba datang.

Sabtu Tanggal 18 Februari 2017 kemarin, aku hadir di sebuah acara peluncuran aplikasi baru di bidang kesehatan yang bernama Medi-Call. Bertempat di Ballroom Hotel Puri Denpasar di bilangan Jakarta Selatan aplikasi ini resmi bisa dipakai oleh masyarakat Jakarta karena sebenarnya aplikasi berbasis smartphone ini sudah rilis di Bali. Dihadiri oleh Kemetrian Kesehatan Republik Indonesia, BPOM, Ikatan Dokter Indonesia dan tamu penting lainnya, acara ini sukses membuatku berada di tengah-tengah para dokter, apoteker, dan para medis lainnya yang nanti akan menjadi skuad tenaga medis di Medi-Call.

Apa itu Medi-Call ?

Medical merupakan aplikasi smartphone yang memanfaatkan teknologi GPS, aplikasi ini digunakan untuk memanggil dokter yang lokasinya paling dekat dengan kita saat dibutuhkan. Dokter bisa datang langsung ke rumah, hotel, dan tempat lain yang bisa dijangkau oleh dokter. Dengan target cepat sampai maka lingkup jangakuannya adalah dokter yang berada 5km dari keberadaan kita.

Fitur yang dimiliki aplikasi Medi-Call lumayan lengkap meliputi emergency call ke nomor telepon rumah sakit atau klik terdekat untuk memanggil ambulans, layanan home visit dokter, klinik labolaturium, serta layanan farmasi online yang sudah terintegrasi dengan apotek K-24 melalui K24klik.com

Bagaimana Cara Mengunakan Medi-Call ?

Caranya tentu saja di mulai dengan download aplikasi ini di Google Play Store dan Apps Store, kemudian install dan sign up seperti aplikasi lainnya. Nah langkah selanjutnya :

  1. Pilih fitur Medi-Call yang kamu butuhkan : Doctor Visit, Nurse, Pharmacy, Midwifery, Lab, Equipment, dan yang paling tebaru yaitu Vaccine. Misal yang dipilih adalah Doctor Visit.
  2. Masukkan lokasi tempat tinggal kamu, lalu pilih mau dari Klinik atau Rumah Sakit, maka muncul yang terdekat
  3. Masukkan keluhan awal, alergi, dan keterangan lainya
  4. Pilih dokter yang sedang online kerana terdapat 2 status yang online dan offline
  5. Dokter akan datang memeriksa
  6. Dokter memberikan resep yang bisa kita pesan lewat fitur Pharmacy yang di integrasi dengan apotek K-24
  7. Jika sudah selesai maka keluarga invoice dari aplikasi yang bisa dibayarkan langsung ke dokter dan obat
  8. Setelah selesai semua proses maka kita bisa memberi review di aplikasi dengan bintang dan lainnya sebagai referensi untuk pasien lain.

Apa Saja Manfaat Medi-Call ?

  • Memudahkan pasien dalam mencari layanan medis terdekat dan cepat karena memanfaatkan teknologi GPS
  • Medi-Call dapat digunakan 24 Kapan saja karena sudah bekerjasama dengan klinik dan apotek yang buka 24 jam
  • Terdapat tombol emergency pada aplikasi yang bisa memanggil dokter dan ambulance apabila keadaan darurat, termasuk jika semua dokter dalam aplikasi tersebut offline.
  • Tenaga medis yang bekerja sama dengan Medi-Call sudah tepercaya karena sudah dilakukan verifikasi terlebih dahulu, saat ini sudah bergabung 136 dokter, 50 perawat, 20 klinik, dan 230 apotek
  • Harga yang transparan karena pada saat kita memasukkan lokasi sudah diberikan range harga yang sekiranya akan dikeluarkan, namun tidak menutup kemungkinan lebih murah sesuai tindakan.
  • Layanan yang baik karena tersedia kolom penilaian yang bisa kita gunakan untuk mengisi kebaikan dan keluhan saat menggunakan jasa medis. Dan status bintang yang ada di aplikasi bisa dijadikan referensi atau pertimbangan saat memilih jasa medis.

Pada acara tersebut Ketua Ikatan Dokter Indonesia Terpilih yaitu Dr. Daeng M Faqih memberikan sambutan sekaligus menceritakan kondisi saat ini tentang permintaan dokter yang semakin banyak di masyarakat namun untuk waktu mendapatkan tindakan yang cepat dirasa kurang, untuk itu dengan adanya Medi-Call ini bisa membantu terutama yang butuh dokter cepat. Misal dokter tersebut dalam kondisi online dan sedang berada di Mall lalu mendapat panggilan dokter yang tak jauh dari situ misal ada pengunjung restauran yang sakit, langsung deh bisa ditangani, begitu perumpamaannya. Adanya aplikasi dokter on-demand ini memang sangat membantu untuk masyarakat. Harapannya aplikasi ini bisa digunakan di seluruh Indonesia tidak hanya Bali dan Jakarta saja, kata dokter Daeng karena memang regulasi untuk mengimplementasi aplikasi ini cukup membutuhkan waktu karena banyak perizinan yang dilewati.

Nah, kemajuan teknologi informasi seperti ini sangat bermanfaat dan menjadi solusi untukku sendiri yang sekiranya butuh dokter dalam waktu cepat. Gak perlu ke klinik dulu karena dokter bisa lansung datang ke tempatku.

Semoga bermanfaat ya. info lebih lanjut bisa baca di websitenya www.medi-call.id

Wassalamualaikum Warrahamtaullahi Wabarrakatu

 

Let's write your opinion

%d bloggers like this: