Blogging

Sharing Blogging dari Hobi jadi Profesi by Ani Berta

July 19, 2017

Assalamualaikum Warrahmatullahi Wabarrakatu

Halo readers, happy to sharing again !

Kali ini aku bakal cerita tentang sharing blogging yang aku ikutin Minggu kemarin di kantor Republika bareng blogger senior dari Indonesia Social Blogpreneur, Ani Berta yang biasa dipanggil Teh Ani. Disini segala hal tentang blogging dibahas dari awal karena memang banyak peserta yang masih pemula. Diawali dengan pengenalan apa itu blog hingga bagaimana cara mencari uang dari blog. Acara yang berlangsung dari jam 9 pagi sampai jam 3 sore itu mengulas materi yang cukup padat dan sangat bermanfaat sembari diselipkan guyonan dari sang MC, Ray Saputro.

So, aku coba merangkum apa aja sih yang aku dapet diacara tersebut selain hadiah dari @i_shoppedid lantaran menjawab pertanyaan yang diajukan Teh Ani.

Blog itu apa sih ?

Blog dikenal pada sekitar tahun 2004 seiring munculnya weblog yang dikeluarkan oleh Google yaitu blogger.com dengan domain yang biasa kita kenal blogspot. Kala itu blog dimanfaatkan oleh para artis, perusahaan, dan bisnis lainnya untuk mempromosikan produknya. Namun lambat laun banyak orang memanfaatkan ini untuk sharing tulisannya baik itu tentang cerita kehidupan pribadi, pandangan politik, komentar mengenai suatu produk barang ataupun jasa dan lainnya. Dan penulis blog dikenal dengan sebutan Blogger.

Kenapa harus menulis blog ?

Ada banyak alasan kenapa seseorang menulis blog. Dari penjelasan Teh Ani yang membuatku tersentuh adalah dengan Blog kita bisa membuat sejarah atas kehidupan kita sendiri. Ya kurang lebih mirip seperti kutipan dari Pramodya Ananta Toer “Orang boleh pandai setinggi langit, tapi selama ia tidak menulis, ia akan hilang di dalam masyarakat dan dari sejarah“. Dengan menulis di blog maka kita dapat berbagi cerita yang mungkin bisa bermanfaat bagi orang banyak dan kisah kita akan dikenang serta bisa dibaca selama blog itu masih ada.

Shinta sharing alasannya membuat blog

Pada saat acara tersebut kebetulan hadir juga Shinta, seorang blogger muda yang awalnya justru lebih dikenal melalui media sosial Twitter. Cuitannya bagus dan sering memenangkan kuis yang diselenggarakan oleh perusahaan serta pemerintahan. Teh Ani yang mengetahui kemampuan tersembunyi Shinta menyuruhnya untuk membuat blog agar pengalaman serta pemikirannya lebih terekam dengan baik melalui teks di blog. Dan setelah itu Shinta malah banyak mendapat tawaran kerjasama sebagai blogger untuk pemerintahan.

Dengan menulis blog kita juga menambah wawasan karena sebelumnya tentu harus dicari tahu dulu informasi yang akan ditulis dalam blog. Lalu jika tulisan yang dimuat dalam blog ternyata banyak diminati pembaca maka bisa dijadikan bahan untuk menulis buku. Dan yang terpenting dengan menulis blog kita bisa sharing tulisan tentang apapun itu kepada orang banyak bahkan dunia karena sifatnya yang memang berbasis internet.

Gimana cara bikin blog ?

Caranya gampang sekali karena dengan memiliki akun email gmail artinya kita bisa memuat blog dengan platform blogspot melalui situs blogger.com. Langkah ini sangat memudahkan pengguna blog pemula. Cukup pilih new blog lalu ikuti langkah selanjutnya seperti pemberian nama blog, judul blog, pemilihan tata letak atau template blog yang meliputi header, body dan sidebar serta new post jika kita ingin membuat tulisan baru di blog.

Teh Ani Berta sedang serius berbagi tips dan step by step memuat blog

Saran dari Teh Ani, sebisa mungkin nama blog tidak sulit dan mencerminkan diri kita, paling gampang sih nama diri sendiri dan hindari penggunaan angka. Waduh blog Keina Tralala ini kurang recommended dong ya sebenernya kalau dijadikan nama blog hehehe.

Selain platform blogspot, ada juga platform gratis lainnya yang bisa digunakan seperti wordpress, kompasiana, blogdetik dan lainnya. Kebetulan Republika sendiri baru merintis Repzone yang bisa menjadi wadah bagi para netizen untuk sharing tulisan. Untuk lebih profesional bisa menggunakan domain pribadi yang langsung berakhiran dot com namun butuh biaya karena layanan ini berbayar dan perlu maintenance berkala.

Apa aja yang biasa ditulis dalam blog ?

Kebetulan ini merupakan pertanyaan yang berhasil aku jawab disesi kuis acara tersebut. Teh Ani membaginya menjadi 3 macam tulisan yang bisa dituangkan dalam blog yaitu hobi, curhat, dan minat. Hobi bisa berupa review dari kegiatan yang suka kita lakukan misal aku suka dandan untuk itu aku bisa membuat tulisan tentang review make up. Curhat berupa kisah kehidupan pribadi kita atau pengalaman kita yang bisa dibagi serta memberikan manfaat bagi pembaca. Lalu minat berupa tulisan mengenai pemikiran, ide yang sesuai dengan latar belakan pendidikan atau ilmu pengetahuan yang dimiliki dan ulasan reportase tentang suatu peristiwa.

Gimana cara dapetin uang dari blog ?

Materi ini dibahas setelah jeda makan siang, kalau sebelumnya membahas tentang blogging itu sendiri bahkan dipandu untuk membuat blog bagi yang belum memiliki, maka sesi ini merupakan next step menjadi blogger yang awalnya dari hobi bisa dijadikan profesi. Teh Ani sendiri mengaku sudah melepas pekerjaan tetapnya sebagai akuntan disebuah perusahaan untuk fokus berkarir sebagai blogger yang ternyata bisa mencukupi kebutuhan keluarganya.

Caranya dengan rajin-rajin memposting tulisan yang bermanfaat secara berkala. Konsisten menulis misal semingu 2 kali atau lebih sehingga menaikkan jumlah pembaca. Jika pembaca kita sudah banyak maka brand atau perusahan bahkan pemerintahan akan “melirik” kita untuk melakukan kerjasama. Biasanya berupa review berbayar atau tulisan lain untuk kepentingan brand tersebut sebagai salah satu cara mereka melakukan promosi dan sosialisasi. Setelah itu kita bisa membuat portofolio kerjasama apa saja yang pernah dilakukan sebagai modal untuk kita menawarkan kerjasama kepada brand lain yang kita inginkan.

Selain itu ada banyak kontes blog yang bisa diikuti dengan hadiah yang lumayan menguntungkan. Untuk hal ini Teh Ani menyarankan agar tulisan kita benar-benar mengulas detail agar bisa memenangkan lomba tersebut sekaligus memberi informasi selengkap mungkin bagi pembaca.

Dokter Charles seorang photo blogger yang mengingatkan etika sumber foto

Dalam acara ini hadir pula Dokter Charles yang merupakan photo blogger. Beliau lebih fokus menampilkan hasil karya foto untuk ditampilkan di blog daripada tulisan, teks hanya digunakan sebagai pelengkap dalam postingannya. Beliau menyoroti tentang penggunaan foto yang sembarangan oleh blogger yang tidak bertanggung jawab. Sebaiknya blogger yang menggunakan foto selain dari hasil jepretannya sendiri menyantumkan sumber foto yang diambil, jangan asal nyomot karena itu merupakan pelanggaran hak cipta karya orang lain. Hal ini bahkan menimpa Dian Kelana, seorang blogger dengan usia 62 tahun yang hasil fotonya sering digunakan oleh pihak lain bahkan media meinstreem. Maka beliau mengingatkan mengenai etika dalam blogging untuk selalu menyantumkan sumber jika itu bukan karyanya sendiri.

Acara diakhiri dengan pengumuman lomba foto instagram selama acara dimulai dan foto bersama. Sayangnya aku terlalu buru-buru jadi gak sempet foto bareng. Tapi mumpung di kantor Harian Republika, aku pun tidak menyia-nyiakan berfoto disalah satu tembok yang cukup ikonik menurutku.

Selfie di depan kantor Harian Republika

Well, semoga sharing blogging yang aku tulis ini bermanfaat ya buat kalian. Yang ingin bertanya tentang blogging ke aku juga bisa langsung email aja, meski masih sedikit ilmunya tapi siapa tahu bisa membantu.

Happy Blogging !

Wassalamualaikum Warrahmatullahi Wabarrakatu.

 

 

 

 

  1. dalam bermain blog untuk mendapatkan earning kita harus mengajukan review ke perusahaan-perusahaan atau kita akan di tawari sendiri kak ?

    saya terkadang bosan juga main blog karena gak dapt earning2. minta tipsnya kak 😀

Let's write your opinion

%d bloggers like this: