Pregnancy Story | Review

Perjuangan Mengatasi Anyang-Anyangan Selama Kehamilan Dengan Uri-Cran

July 20, 2017

Assalamualaikum Warrahmatullahi Wabarrakatu

Hai.. hai.. apa kabar ?

Kali ini aku mau share tulisan yang udah ku tahan-tahan lama, based on true story dan sedikit drama hehehe..

Alhamdulillah saat ini kehamilanku sudah masuk 5 bulan. Ada sedikit kelegaan lantaran masa-masa yang mendebarkan pada saat trimester pertama yang sudah ku lalui penuh perjuangan. Mungkin beberapa kali sempat kusinggung di cerita awal kehamilanku yang bisa dilacak dari Pregnancy Story dimana aku baru sempet share tulisan bahwa aku sudah hamil diusia kandungan 3 bulan. Semata-mata hal ini demi memastikan kondisiku dan bayiku tetap berkembang dengan baik sehingga kabar bahagia yang memang dinanti ini bisa kubagi. Semua ini dikarenakan aku yang divonis terkena Infeksi Saluran Kemih (ISK) sedari awal kehamilan.

Aku memang memiliki riwayat anyang-anyangan hebat sebanyak 2 kali. Bukan cuma ingin buang air kecil terus-menerus tapi juga panas diperut bagian bawah. Kasus pertama yang kualami masuk dalam kategori wajar lantaran sebagai pengantin baru yang pertama kali berubungan suami istri, anyang-anyangan seperti ini istilahnya Honeymoon Sensitis. Namun untuk kasus yang kedua ini memang agak cukup parah dimana aku menahan buang air kecil saat perjalanan berjam-jam saat perjalanan pulang pergi Jakarta-Pengalengan Bandung dan saat outbond di Pengalengan itu. Aku menahan buang air karena toiletnya kurang bersih yang berakibat anyang-anyangan hebat keesokan harinya. Aku pun langsung ke dokter dan diberi resep Uri-Cran kapsul sebanyak 10 atau 20 tabletan agak lupa yang diminum 2 kali sehari dan kondisiku membaik.

Jarak 2 kasus anyang-anyangan yang kualami itu sebenarnya lumayan jauh, terakhir aku kena November 2016 sedangkan aku dinyatakan hamil di bulan Maret 2017. Tapi ternyata tidak untuk bagian dalam tubuhku. Masih ada infeksi di saluran kemihku yang terlihat saat aku melakukan USG pertama kali oleh dokter. Aku pun diberi resep obat Uri-Cran yang diminum sehari 1 tablet. Di usia kandungan ke 9 minggu aku pun kembali memeriksakan kandungan sesuai anjuran. Speachless melihat janinku yang tadinya bulatan kecil sudah terlihat seperti kacang mede yang ada kepalanya gitu. Alhamdulillah rasanya. Tapi ada yang sedikit membuatku ngilu karena rahimku sering kontraksi lantaran masih ada infeksi saluran kemih yang ternyata membuat bayi kesempitan dalam rahimku, sedih rasanya.

Saat bayiku kesempitan dalam rahim karena ada kontraksi dari infeksi saluran kemih

Dokter mengatakan bahwa perkembangan bayiku baik-baik saja cuma banyaknya kontraksi yang terjadi lumayan menjadi perhatian. Aku pun diminta tes urin untuk memastikan bakteri ISK. Dokter pun sempat bertanya apakah aku memiliki gigi berlubang karean takutnya bakteri masuk melalui gigi yang berlubang tersebut. Kebetulan aku memang memilikinya dan semenjak hamil aku jarang sikat gigi gara-gara mual. Dokter menyuruhku untuk rajin sikat gigi agar bakterinya tidak semakin banyak yang masuk dalam tubuh. Untungnya hasil urinku negatif bakterinya walaupun bagi Dokter saat itu masih ragu. Makanya aku sempat dikasih tambahan antibiotik namanya Urotractin sebanyak 20 kaplet yang diminum sehari 1 kali dan harus dihabiskan. Berbeda dengan Uri Cran yang memang obat herbal yang aman untuk ibu hamil.

Sesuai dengan instruksi dokter, hal-hal yang harus aku lakukan untuk menghindri anyang-anyangan agar tidak memperparah ISK :

Minum air putih minimal 3 liter Sehari

Kalau normalnya orang minum air putih minimal 2 liter sehari sedangkan aku harus 3 liter dan kalau bisa lebih. Dokter pun sampai whats app meningatkan untuk rajin minum air putih 3 liter sangking perhatiannya hehehe. Karena air putih bisa mendorong bakteri keluar pada saat buang air. Ini juga yang membuat berat badanku turun soalnya kekenyangan minum air putih sehingga makannya sedikit.

Rajin buang air dan tidak menahannya

Nah ini lah yang menjadi awal aku kena ISK, untuk itu aku tidak boleh sama sekali menahan buang air. Jika diluar rumah dan kantor aku mulai sedia tisu basah dan kering agar diriku nyaman kalau seandainya buang air di toilet yang kurang bersih. Ini nih jeleknnya lingkungan dan fasilitas umum biasanya toiletnya kurang bersih, bisa juga karena penggunanya yang tidak peduli untuk menjaga kebersihan toiletnya. Sehingga buat orang yang gampang jijik sepertiku lebih suka menahan pipis ketimbang pipis ditempat yang kurang bersih yang dampaknya bahaya banget.

Pada dasarnya ibu hamil itu memang memiliki keinginan lebih untuk buang air karena ada hormon juga yang merangsang kantong kemih untuk bekerja ektra, nah untuk itu aku harus rajin buang air kecil tanpa menahannya sedikit pun. Nahan sebentar aja langsung deh anyang-anyangan. Rasanya pengen buang air terus tapi jumlahnya sedikit. Kalau sudah seperti itu aku menambah jumlah air minumku.

Menjaga kebersihan badan terutama saluran kencing

Lebih rajin membawa tissue untuk mengeringkan dan menjaaga kebersihan saluran kencing setelah buang air, karena jika lembab akan menimbulkan bakteri yang tidak baik.

Rajin sikat gigi

Ini tambahan pesan dari dokter karena gigi berlubang memicu masuknya bakteri lain dalam tubuh yang bagi penderita ISK itu tidak baik.

Rajin minum obat

Obat yang diresepkan harus rajin diminum sesuai anjuran terutama antibiotik yang harus dihabiskan. Memang ibu hamil muda harus hati-hati sekali saat mengkonsumsi antibiotik. Berbeda dengan obat herbal seperti Uri Cran yang tetap aman dikonsumsi kapan pun oleh ibu hamil.

Uri-Cran dalam bentuk kapsul dan serbuk

Uri Cran merupakan produk dari perusahaan obat Combiphar berupa ekstrak buah Cran Berry yang berguna untuk mencegah dan mengatasi anyang-anyangan serta menjada kesehatan saluran kemih. Karena terbuat dari ekstrak buah makanya obat ini masuk dalam kategori herbal yang aman di konsumsi kapanpun dan dimanapun. Kandungan buah Cran Berry yang tinggi akan vitamin C berguna sebagai antioksidan yang mampu mencegah perkembangan bakteri. Sehingga bakteri tidak menempel ke saluran kemih dan mencegah infeksi yang diakibatkan bakteri.

Kebetulan aku mendapat resep Uri Cran dari dokter kandungan yang berbentuk tablet yang diminum sehari sekali dengan dosis 250 mg. Boleh juga sehari 2 tablet kalo saat itu aku merasa anyang-anyangan parah. Sampai saat ini aku minum 2 tablet cuma sekali dimana aku merasa anyang-anyangan parah karena jalan keluar rumah, selebihnya sesuai anjuran yaitu sehari 1 tablet. Namun Uri Cran juga memiliki sediaan yang lain berupa bubuk dengan komposisi : 375 mg Ekstrak Cranberry, 60 mg Vit C, 0.1 mg Lactobacillus Achidopillus, 0.1 mg Bifidobacterium bifidum. Ini lebih enak diminumnya karena memiliki rasa yang asam, manis dan segar cocok untuk ibu hamil yang seringkali merasakan mual. Bisa diseduh dengan air hangat namun paling enak dengan air dingin untuk lebih merasakan kesegarannya. Kapan lagi kan minum obat tapi rasanya enak.

Uri-Cran serbuk yang diseduh rasanya lebih enak

 

Alhamdulillah menginjak kehamilan 5 bulan ini infeksiku jauh berkurang, terakhir check minggu lalu aku sudah dinyatakan sembuh walaupun aku tetap harus menjaga kandunganku. Padahal waktu mudik kemaren perutku sempat kontraksi selama 2 hari kemungkinan gara-gara kecapaian, sedikit menahan pipis waktu perjalanan mudik, dan kurang air minum. Gara-gara ini juga aku jadi tahu harga jual Uri Cran. Biasanya aku asal nebus aja di apotek rumah sakit yang harganya 100 ribu per strip yang isinya 10 kaplet, nah di ternyata di apotek dekat rumah Viva Generik harganya cuma 69 ribu per strip. Haduuuuh tahu gitu aku nebusnya di apotek luar aja ya gak di rumah sakit hihihi.

Ya mohon doanya ya teman-teman semoga kehamilanku ini tetap lancar, anaknya tumbuh dengan baik secara jasmani dan rohani baik fisik maupun mentalnya. Sebagai calon ibu baru di usia yang masih muda ehem.. memang agak khawatir apalagi diawal kehamilan divonis ISK seperti itu. Tapi aku berusaha untuk yakin, berdoa, dan memohon doa dari orang terdekat.

Dan aku juga mengingatkan buat temen-temen kalau ISK itu mudah sekali terjadi bagi perempuan tercatat 5 dari 10 perempuan pernah mengalami anyang-anyangan alias kencing terus menerus dan jika berlanjut akan terasa sakit, perih, bahkan berdarah jika infeksinya sudah akut. Untuk itu baiknya kita mengindari dengan minum air putih yang banyak, tidak menahan buang air, menjaga kebersihan area kewanitaan dan bila perlu minum Uri Cran, sebagai obat yang terbuat dari Cran Berry  memiliki fungsi sebagai antioksidan yang bermanfaat bagi badan.

Sekali lagi mohon doanya ya teman-teman ^_^

Be aware girl !

Semoga bermafaat ^_^

Wassalamualaikum Warrahmatullahi Wabarrakatu

 

 

Let's write your opinion

%d bloggers like this: