Kuliner | Review

5 Oleh-Oleh Sambal Khas Indonesia

September 14, 2017

 

Assalamualaikum readers,

Kalau membahas makanan Indonesia pasti gak ada habisnya, ada banyak pilihan makanan yang terkenal enak hingga ke manca negara, apalagi tentang makanan yang pedas. Sambal sebagai makanan pendamping selalu tampil diberbagai kesempatan. Desahan akibat kepedesan sambal itu sungguh nikmat apalagi bikin badan jadi berkeringat. Makan jadi lebih semangat.

Nah ngomong-ngomong soal sambal, Indonesia termasuk surganya sambal. Ada macam-macam olahan pedasnya sambal sesuai cita rasa daerah masing-masing, ada yang pakai terasi, ada yang tidak, ada yang memiliki rasa sedikit manis, ada yang benar-benar pedas membara. Dan kini semua cita rasa sambal itu bisa dengan mudah kita coba lantaran sudah dikemas dalam botol yang memudahkan penggemar sambal untuk merasakannya. Sehingga sambal bisa dijadikan oleh-oleh khas Indonesia.

Apa saja rekomendasi sambal yang bisa dijadikan oleh-oleh khas Indonesia ?

1. Sambal Goreng Jamblang

Sambal yang terbuat dari campuran cabai merah, bawang merah dan bawang putih ini merupakan khas Cirebon. Yang membedakan sambal goreng umumnya dengan sambal goreng Jamblang dari Cirebon ini adalah proses membuatnya yang diiris tipis lalu ditumis sedangkan sambal goreng umumnya dihaluskan.

2. Sambel Encim

Produk Sambel Encim merupakan sambel hasil kreasi Happy Natalia yang berasal dari Desa Sandik, dekat kota Mataram di Nusa Tenggara Barat yang lama kelamaan menjadi sambel khas Lombok. Secara garis besar terdapat 2 varian yaitu sambel encim botol cair dan sambel encim kering yang bentuknya seperti abon. Untuk Sambel Encim kering terdapat 2 rasa yaitu  sambel kering ikan kakap dan sambel kering ayam pelalah. Sedangkan yang berbentuk sambal cair ada tujuh varian produk yaitu original, terasi taliwang, sambal hijau, ebi, rumput laut, dan ikan asap.

3. Sambal Bawang Bu Rudy

Main ke Surabaya rasanya gak afdol kalo gak bawa oleh-oleh berupa Sambel Bu Rudy. Berawal dari usaha depot makanan di daerah Darmahusada yang menyajikan olahan sambel udang yang sering dibawakan suaminya saat memancing, IE Lani Siswadi, yang lebih dikenal sebagai Bu Rudy berhasil menciptakan kreasi masakan berupa sambal yang sekarang menjadi khas Kota Pahlawan Surabaya. Salah satu yang menjadi favorit pembeli selain sambal udang adalah sambal bawangnya yang memiliki rasa pedas dan gurih. Sambal ini banyak dijual di pusat oleh-oleh Pasar Genteng.

4. Sambel Embe

Tahukah kamu sambel embe itu dari mana ? Yup sambel ini merupakan oleh-oleh khas Bali, selain sambel matah yang memang sudah terkenal, sambel embe juga menjadi favorit pecinta pedas. Sambal ini terbuat dari cabai, terasi, bawang merah, yang diiris tipis lalu ditumis dengan minyak lalu diberi sedikit perasan jeruk. Unik sekali kan ?.  Salah satu sambel embe yang terkenal adalah Sambel Bali Sak Raka.

5. Sambel Roa

Dinamakan Sambel Roa karena salah satu bahan utama yang digunakan adalah Ikan Roa. Manado memang terkenal dengan hasil lautnya sehingga untuk sambalnya pun dicampuri ikan yang membuat rasanya semakin gurih dan nikmat. Untuk tingkat kepedasan, Sambal Roa termasuk dilevel yang pedas membara karena terbuat dari campuran cabai, sedikit jahe, bawang merah, sedikit garam, tomat, dan tentunya ikan roa yang dihaluskan lalu ditumis. Kebayang kan sedapnya makan nasi hangat dengan sambel roa ini, tanpa lauk pendamping pun rasanya sudah enak.

Tapi kalau ingin membeli sambal-sambal itu harus ke daerah tersebut, rasanya kok merepotkan ya, keburu air liur mengering. Walaupun bisa saja kita sekalian liburan ke daerah tersebut dengan Ladita Tour yang siap membantu mewujudkan liburan impian dengan baik. Tapi buat orang hamil sepertiku mungkin harus sabar menunggu beberapa bulan buat mewujudkan liburan kesana.

Untung sekarang ada Omiyago yang merupakan toko online yang menjual berbagai oleh-oleh khas Indonesia. Tentunya kehadiran Omiyago sangat membantu para pecinta kuliner nusantara yang ingin mencicipi makanan dari berbagai daerah tanpa harus berkunjung ke tempatnya. Nah bagaimana cara belanja di Omiyago?

Omiyago memiliki pilihan produk yang beragam mulai dari makanan baik itu kue maupun lauk, minuman, sambal, bumbu kering dan lainnya. Mulai dari Indonesia bagian barat hingga timur tersedia di Omiyago dan secara bertahap selalu ada produk baru dari daerah baru. Untuk memudahkan pemilihan produk, Omiyago memberikan fitur pilihan berdasarkan daerah makanan.

Tentu oleh-oleh khas harus terjadi keasliannya agar cita rasa yang otentik benar-benar dirasakan oleh pembelinya. Omiyago memberikan jaminan kualitas dan keaslian dari produk yang dijual seperti Bolu Meranti Medan yang memang langsung didatangkan dari produsen aslinya di Medan sana.

Sebagai toko online, tentunya Omiyago sangat praktis dan hemat waktu, cukup tunggu dirumah maka makanan khas yang diinginkan bisa didapat. Ini membantu jika kasusnya sepertiku yang lagi hamil lalu ngidam makanan dari kampung halaman tapi gak memungkinkan keseringan mudik.  Jadinya pesan online aja di Omiyago seperti Sambal Bawang Bu Rudy, Bumbu Pecel Pandigiling, Spikoe dan makanan lain dari Surabaya.

Kelebihan Omiyago yaitu bisa dikemas secara eksklusif dengan box, kertas bungkus, dan kartu ucapan. Kemasan Omiyago box ini cocok dijadikan bingkisan untuk teman atau kolega kerja agar mereka juga merasakan makanan khas daerah di Indonesia. Sepertiku yang kebetulan bekerja diperusahaan asing maka saat ada ekspatriat kembali ke negara asal bisa diberi bingkisan Omiyago box ekslusif sebagai oleh-oleh khas Indonesia.

 

Nah gampang kan beli oleh-oleh Indonesia sekarang ? Bisa beli online di Omiyago atau sekalian liburan bareng Ladita Tour yang punya pilihan paket liburan beragam. Langsung aja ya main-main ke website mereka untuk cari tahu informasinya.

Well, semoga bermanfaat ya..

Wassalamualaikum.

Let's write your opinion

%d bloggers like this: