Beauty Review

Kulit Cantik & Sehat dengan Venus Cosmetic

November 2, 2017

Assalamualaikum… Hi beauty readers, apa kabar kulit kalian ? Sehat? hehehe.

Membahas tentang kesehatan kulit itu emang seru ya, karena banyak ilmu baru seiring berubahnya zaman atau lingkungan yang berpengaruh pada kondisi kulit seseorang yang ikut berubah. Selain faktor lingkungan, kondisi kulit juga bisa berubah lantaran adanya perubahan trend kecantikan dengan produk-produk baru yang kandungannya belum tentu aman. Sebagai pengguna tentunya kita harus lebih berhati-hati dalam memilih kosmetik, jangan sampai hanya ingin terlihat cantik tapi lupa pentingnya menjaga kesehatan kulit, dimana sebagai organ terluar yang rentan dengan berbagai penyakit.

Minggu lalu bertempat di Hongkong Cafe Sarinah Jakarta, aku mengikuti sharing session dari Venus Cosmetic yang bekerjasama dengan Tabloid Bintang. Di beauty event kali ini Venus Cosmetic membahas tentang Kulit Sehat, Cantik Kini & Nanti yang memang menjadi jargon mereka. Sebagai brand kosmetika dari Kimia Farma, Venus Cosmetic konsen terhadap kemananan produk yang diproduksi, terutama terhadap kandungan bahan kimia berbahaya yang dapat merusak kesehatan kulit. Kebetulan hadir Ibu Tri Tunggal selaku Marketing Manager yang menjelaskan tentang kandungan kimia berbahaya pada kosmetik. Salah satunya adalah merkuri.

Dijelaskan bahwa merkuri bisa mengganggu pertumbuhan janin pada wanita hamil, menambah flek hitam ketika pemakaian berhenti, serta mengganggu kesehatan lainnya seperti pusing, mual, gangguan penglihatan dan susah tidur. Ciri-ciri kosmetik bermerkuri adalah lengket, berbau logam namun biasanya ditutupi dengan wewangian yang mencolok, mengkilap seperti mutiara, memiliki efek panas, gatal dan kemerahan saat dipakai, serta membuat kulit terlihat putih pucat. Sungguh sangat mengerikan ya !. Apalagi buat ibu hamil sepertiku. Untungnya Venus Cosmetic aman dari semua bahan kimia berbahaya itu, bahkan Venus Cosmetic sudah memiliki sertifikasi Halal MUI selain izin BPOM yang memang harus dimiliki.

Nah setelah mendengar penjelasan Ibu Tri Tunggal, aku pun semakin penasaran dengan produk Venus Cosmetic, Untuk itu aku pun mencoba salah satu produk yang memang di display pada saat acara. Yang aku coba itu Venus Compact Powder, saat ditap-tap ke wajah ternyata ringan banget cocok untuk dipakai sehari-hari atau touch up saat bepergian.

Di acara tersebut hadir pula dr. Asih Budi Utami sebagai konsultan kecantikan dan Atiqah Hasiholan sebagai Brand Ambassador Venus Cosmetic. dr Asih menjelaskan treatment apa saja yang harus dilakukan untuk menjaga kecantikan serta kesehatan kulit seperti rajin membersihkan wajah dengan benar, aware dengan kosmetik yang digunakan, serta menjaga pola makanan sehat. Sama halnya dengan Atiqa yang berbagi tips dalam hal menjaga kecantikan, dia rajin olah raga dan makan makanan sehat. Hal itu diimbangi dengan penggunaan kosmetik yang aman, “Jangan sampai saya sudah jaga kulit dengan makan buah serta lari 5 km sehari tapi pakai make up yang penuh dengan merkuri”, begitu ujarnya.

Ibu dari Salma Jihane Putri Dewanto ini mengaku jatuh cinta dengan Venus Cosmetic sejak 2008, ketika salah satu lawan mainnya menggunakan produk Venus Compact Powder, dengan harga yang terjangkau Atiqa awalnya ragu menggunakannya, tapi karena temannya yang lebih senior saja menggunakannya dengan alasan aman Atiqah pun mencobanya dan ternyata berlanjut dengan produk lain seperti Venus Body Milk Green Tea yang menjadi favorit Atiqa Hasiholan saat ini.

Acara berjalan seru dengan adanya games, make over, dan performance musik yang ditampilkan. Tak lupa sesi foto bersama diakhir acara. Serta dibagikan goodie bag yang berisi rangkaian produk Venus Cosmetic yang bisa dicoba. Aku sangat senang mendapatkan ini, lagi-lagi karena Venus Cosmetic merupakan produk aman digunakan untuk ibu hamil dan menyusui serta memiliki sertifikat Halal MUI. Untuk itu aku mau sharing review dari first impression aku memakai produk Venus Cosmetic.

Venus Loose Powder

Sadar gak sih kalau sebelum tulisan Venus tedapat tulisan Marcks, Yup tahu bedak legendaris Marcks kan ? Itu merupakan cikal bakal dari Venus Cosmetic. Marcks sebagai produk kosmetika pertama dari PT Kimia Farma mampu bertahan dari tahun 1971 hingga sekarang. Nah, sebagai Marcks Venus Loose Powder hadir sebagai produk terbarunya, dengan kualitas yang sama dengan bedak Marcks.

Kemasan : Berbeda dengan seniornya yang warnanya kuning, Venus Loose Powder memiliki warna kemasan biru. Terdapat pembungkus box dan tutupnya terbuat dari plastik yang mengkilat sehingga memberi kesan elegant. Didalamnya terdapat penutup kertas untuk melindungi produk, mika pembatas agar bedak tidak mudah tumpah, dan spons yang halus.

Komposisi : Talc, Zea Mays Starch, Zinc Oxide, Aluminium Starch Octanylsuccinate, Zinc Stearate, Salicylic Acid, Fragrance.

Shade : Venus Loose Powder memiliki 4 shade, diantaranya 01 Invisible, 02 Natural, 03 Beige, dan 04 Ivory. Kebetulan yang aku pakai disini adalah shade 01 Invisible atau translucent alias transparan sehingga ini cocok banget buat “baking” atau setting foundation. Sebagai orang yang memiliki warna dasar muka sawo matang, memakai Venus Loose Powder no 1 ini membuat mukaku gak keliahatan abu-abu, tetap terlihat cerah namun tidak berlebihan. Memberi efek segar di wajah ketika digunakan tanpa menggunakan foundation.

Tekstur & Ketahanan : Bedak ini sangat lembut dan super ringan. Entah kenapa malah kesannya matte di kulitku. Apalagi saat dipakai dengan foundation, meskipun loose powder tapi awet dimukaku yang sedikit oily terutama di sekitar zona T. Jujur ini yang membuatku berfikir kalau kualitas Marcks Venus lebih bagus ketimbang Marcks.

Untuk aromanya juga lembut tidak terlalu menyengat, aku suka dengan aromanya yang wangi tapi segar persis sih kayak aroma bedak Marcks, lalu untuk netto produk ini adalah 20 gram yang dibandrol dengan harga kisaran 40.000 – 45.000

Venus Two Way Cake

Venus Two Way Cake diklaim sebagai paduan foundation dan bedak yang pas digunakan untuk penyempurnaan tata rias, cocok dipakai untuk semua jenis kulit. Mengandung UV protection SPF 18 yang melindungi kulit dari sinar UV, Vitamin E sebagai antioksidan dan antiaging pada kulit, serta ekstrak Chamomile yang membuat kulit tampak sehat dan lembut.

Kemasan : Hampir sama dengan Two Way Cake merk lain yang kemasannya dilengkapi box, dan didalamnya terdapat kaca dan spons sebagai aplikator. Tapi yang jadi the best part of this product is spons, menurutku sponsnya sangat kenyal (membal) gitu sehingga saat digunakan terasa kesat tapi lembut, ini yang bikin make up jadi awet, biasanya spons TWC yang lain pakai dibasahi terlebih dahulu tapi kalau spons Venus Two Way Cake sudah bisa menyerap dan mengaplikasikannya dengan baik.

Komposisi : talc, mica, titanium dioxide, ethylhexyl methoxycinnamate, dimethicone/methicone copolymer, C12-15 alkyl benzoate, hydrogen dimethicone, zinc myristate, alumunium hydroxide, methyl paraben, dimethicone, caprylic/capric triglyceride, propyl paraben, fragrance, chamomilla recutita extract, tocoperyl acetate.

Shade : Venus Loose Powder memiliki 4 shade, diantaranya 01 Invisible, 02 Natural, 03 Beige, dan 04 Ivory. Aku menggunakan shade natural yang cocok dengan tone wajahku tidak memberi kesan keputihan tapi bisa ngeblend dengan baik, ya mungkin karena spons nya yang bagus.

Tekstur & Coverage : Sebagai TWC, Venus terbilang ringan, saat diulas begitu lembut gak bikin menggumpal. Karena teksturnya ringan makan coverage nya pun terbilang sedang. Kita harus tap beberapa kali jika ingin membuatnya full cover. Aku sendiri suka dengan Venus Two Way Cake yang ringan ini, gak bikin medok riasan apalagi kalau pakai foundation lagi sebelumnya.

Untuk lumayan wangi ya tapi balik ke selera sih, lalu untuk netto produk ini adalah 12 gram yang dibandrol dengan harga kisaran 70.000 – 75.000

Venus Aqua Facial Wash

Venus Aqua Facial Wash diklaim sebagai merupakan sabun pembersih wajah yang cocok digunakan untuk semua jenis kulit karena memiliki ph Balance yang baik. Mampu mengangkat kotoran di wajah termasuk minyak berlebih. Bahan aktifnya mampu membersihkan, menyegarkan dan mencerahkan kulit wajah.

Kemasan : Berbentuk Tube dengan plastik doff yang menurutku ini unik karena kalo dipegang jadinya kesat. Lalu dibagian dalam terdapat plastik mika penutup sehingga lebih aman dan higienis. Terdapat informasi dibagian belakang kemasan, tanggal expired, dan logo halal. Sehingga kemasannya tergolong informatif.

Komposisi : Wacamine:  Undaria Pinnafida Extract yang berguna untuk Membersihkan kotoran & Mencerahkan kulit. Aqua Cacteen : Opuntia Streptacanta Steam Extract, untuk melembabkan kulit dan Portulaca Oleacera Extract sebagai antioksidan

Tekstur: Tertulis liquid sehingga cair tpi menurutku lumayan kental, warnanya bening dan lembut. Saat diulas diwajah busanya tidak terlalu banyak, bisa dibilang busa lembut ala ala, hehehe, dan sehabis dibilas efeknya agak kesat tapi tetap lembut.

Untuk daya angkat kotoran bisa dibilang lumayan, tapi sebaiknya jika kita make up dibersihakan dulu pakai remover baru memakai facial wash ini. Lalu aromanya segar sekali sehingga enak dipakai di wajah. Terdapat 2 ukuran 100 ml dan 50 ml.

Venus Body Milk Bengkoang

 

Kemasan : Berbentuk Tube dengan plastik glossy. Lalu dibagian dalam terdapat plastik mika penutup sehingga lebih aman dan higienis. Terdapat informasi dibagian belakang kemasan, tanggal expired, dan logo halal. Sehingga kemasannya tergolong informatif.

Komposisi : Purified water, Glyceryl stearate, Stearic acid, Cetyl Alcohol, Glycerine, Dimethicone, Isopropyl myristate, Cyclopentasiloxane, Ethanol, Ethylhexyl methoxycinnamate, Pachyrrhizus erosus root extract, Acrylates/c10-30 alkyl acrylate crosspolymer, Metylparaben, Ethylparaben, Propylparaben, Butylparaben. Ethylhexyl methoxinamate:  Melindungi kulit dari sinar matahari (menyerap radiasi UV), Dimethicone :  Melindungi & melembabkan kulit, serta berfungsi sebagai emollient / Anti Iritasi. Yambean / Bengkoang Extract : Natural Whitening Agent, Mencerahkan Kulit.

Tekstur:  Lembut dan cepat meresap ke kulit. Body milk ini lebih moiz ketimbang lotion yang aku review sebelumnya. Agak kaget sih ko bisa produk dengan harga terjangkai ini efeknya lebih lembut daripada produk mahal. Terus kandungan bekngkoangnya memberi efek mencerahkan walaupun gak bikin kulit langsung berubah warna aneh tapi terlihat lebih “ternutrisi”.

Lalu aromanya segar sekali meskipun tertulis Body Milk yang ada milk milk gitu tapi nyatanya segar soalnya emang ada kandungan Bengkoangnya sih, aku suka aromanya gak eneg apalagi buat ibu hamil sepertiku. Ukurannya 100 ml dengan harga 25.000

 

Kesimpulan Memakai Venus Cosmetic

Aku suka hampir semua produk, semuanya memiliki kualitas yang bagus, ya lagi-lagi sebagai kosmetik dari PT Kimia Farma yang memang sudah lama berkecimpung dibidang farmasi maka kandungan serta kualitas Venus Cosmetic sangat bagus. Aroma yang biasa menjadi permasalahan produk lokal yang sering menyengat tidak terasa di Venus, semua aromanya cenderung kalem dan segar. Dan harganya memang terjangkau dengan kualitas yang diberikan. Tapi memang perlu perluasan penjualan karena tidak semua toko kosmetik menjual produknya. Mungkin perlu perbaikan dalam hal ini. Tapi tenang, kamu bisa membelinya di semua apotik Kimia Farma, Lulu Hypermart, Hypermart, dan lainnya.

Well, itu saja sharing dan mini review dari aku. Beneran aku antusias banget nyobain produk ini soalnya ya itu Venus menjamin keamanan produknya dari bahan kimia berbahaya yang memang harus aku hindari banget sebagai ibu hamil. Ya kan hamil pengen tetep cantik dan terawat gak apa-apa kan ! hehehe.

Semoga bermanfaat ya.

Wasaalamualaikum Warrahmatullahi Wabarraktu

 

    1. Iya lia, efek jangka panjang dari pemakaian kosmetik berbahaya walau sekali kali bisa terasa makanya kudu hati-hati

  1. Aku penasaran blm coba bedak venus. Kalo mukaku ini jdi antara kering tp bagian T nya ttep aja berminyak, jadi suka gak rata kalo pake bedak. Ttep harus pakai bb cream slu minimal.

    1. oh gt ya, ya kalau berminyak mending pake bb cream dulu biar ga luntur, atau pake bedak taburnya coba mude, soalnya di mukaku jadi agak matte gitu bagus

  2. yg aku suka dari bedak marcks versi bedak tabur jaman baheula itu wanginya yg khas, setelah beralih ke bedak tabur venus suka sama bedaknya yg nempel awet di muka … btw, ini sekarang ada facial wash sama body milk-nya ? mantap venus marcks terus berinovasi ya mak

    1. iya mba maria, aku merekomendasikan banget yang facial foam soalnya bagus produknya, bikin kulit lembut gak kering dan busanya gak berlebihan.. kalau lotionnya lembut sih cuma aku kurang suka aromanya… maklumlah bumil sensitif bau hahaha

    1. sebenernya sudah lama mba hastira produk ini, cuma emang distribusinya ga rata, ga disemua minimarket ada jadi baru tahu deh.. ini adik dari produk bedak Marcks itu loh..

Let's write your opinion

%d bloggers like this: