Nikah Muda

Waktu Berkualitas Bersama Keluarga

November 10, 2017

Assalamualaikum, apa kabar semua ? Semoga selalu dalam keadaan sehat ya.

Aku dan suami semenjak menikah memutuskan untuk tinggal berdua, faktor pekerjaan membuat kami harus berjauhan dari orang tua masing-masing. Setelah menikah pun kami tidak langsung dikaruniai keturunan, aku harus menunggu 1 tahun 2 bulan untuk akhirnya hamil juga. Jadi ketika ditanya bagaimana caraku menghabiskan waktu berkualitas bersama keluarga, itu agak membingungkan. Bagiku keluarga adalah suami, istri, dan anak, atau bisa jadi suami, istri, dan orang tua, yang jelas bukan cuma suami dan istri saja soalnya menurutku itu istilahnya pasangan.

Tapi namanya juga pasangan yang sudah menikah ya bisa disebut keluarga kecil kan ya, lantas bagaimana cara kami memanfaatkan quality time bersama meski cuma berdua. Oh ya tahu kan tujuan quality time itu sebenernya apa? yup selain untuk menumbukan rasa kebersamaan dalam keluarga, momen ini juga bisa dimanfaatkan untuk melakukan kegiatan yang berguna, jadi gak sekedar hura-hura berjamaah tapi juga bermanfaat.

Sarapan Bersama

Aku pernah nulis tentang pentingnya sarapan pas di bulan sarapan sempurna tahun lalu, jujur dari situ aku yang awalnya lebih sering bawain bekal buat sarapan di kantor masing-masing jadinya makan bareng di rumah, dari cuma minum susu hangat buat sarapan sampai sempet makan nasi dulu atau buah dulu. Nah lumayan momen seperti ini bisa dilakukan berdua. Sarapan sambil nonton TV pagi-pagi sembari ngobrol ringan menjadi quality time yang pas dilakukan. Sebenernya bisa juga pas makan malam tapi nyatanya kami sering beda jam pulang kerja jadi jam makan malamnya beda juga.

Beberes Rumah

Seperti yang udah aku sampaikan tentang quality time tak sekedar hura-hura berjamaah, maka aktifitas beberes rumah bersama menjadi momen berfaedah, dimana kami bisa membersihkan dan mengatur ulang rumah tempat tinggal agar lebih nyaman. Apalagi aku habis pindah rumah dan sedang menyambut kelahiran anak pertama tentunya kegiatan beberes rumah tiap weekend sering dilakukan. Menata ulang kamar dan menyiapkan kamar bayi jadi aktifitas yang menyenangkan.

Liburan

Kalau liburan mah jangan ditanya, pasti itu momen langka yang memang harus disempatkan untuk menciptakan momen kebersamaan dan melepas penat dari tekanan pekerjaan. Makanya ini bisa disebut quality time. Baiknya sih liburannya ke tempat yang menenangkan atau sekedar nginep di hotel untuk mencari suasana baru. Untungnya aku dan suami ada jatah family gathering yang biasanya nginep di luar kota jadi bisa dimanfaatkan dengan baik, alhamdulillah.

Berkunjung ke rumah orang tua atau saudara

Nah ini kegiatan yang aku suka yaitu berkunjung ke rumah orang tua atau saudara kebetulan mertuaku tinggal di Tangerang jadi pas weekend aku dan suami suka main. Hal ini untuk menciptakan bonding yang baik untuk mertua dan menantu. Makan bersama dengan mereka atau aktifitas lain. Main ke rumah teman dan menghabiskan weekend berbarengan juga bisa dijadikan quality time yang baik sekaligus menambah silaturahmi.

Sayangnya di jaman yang super canggih ini ada saja yang bisa merusak quality time bareng keluarga, yang paling mencolok menurutku adalah gadget alias smartphone. Karena si kotak kecil ini bisa membuat fokus yang awalnya bersama menjadi sendiri-sendiri. Lah gimana dunia seakan hanya ada dia ketika asyik main sosial media, games, atau lainnya melalui smartphone. Makanya jika aktifitas yang sudah digadang-gadang menjadi quality time dimana momen itu sebaiknya dipakai untuk mendekatkan keluarga dengan cerita dan lainnya. Alangkah lebih baik jika kita berjauhan untuk sementara dengan gadget.

Tapi alhamdulillah sekarang aku lagi hamil dan mau melahirkan, jadinya di rumah lagi banyak orang. Ketambahan eyang uti dan bunda doang sih, hahaha. Tapi kan lumayan, rumah jadi gak sepi-sepi amat, secara biasanya cuma berdua doang. Mungkin kalau sudah rame banget nanti ada anak maka cara atau aktifitas untuk memanfaatkan quality time bareng keluarganya jadi berbeda. Yang jelas aktifitas seperti itu menjadi penting mengingat aku dan suami merupakan pasangan yang sama-sama bekerja. So mungkin nanti ada kelanjutannya.

Yup mungkin ini dulu yang bisa aku sharing tentang Quality Time Bersama Keluarga. Untuk tulisan dengan tema sama yang lebih kece bisa dibaca di website Kumpulan Emak Blogger dari Mak Ika Puspitasari tentang “Menciptakan Quality Time Bersama Keluarga”.

Dan tulisan ini merupakan #KEBloggingCollab ke 4 untuk kelompok Sri Mulyani dengan tema Keluarga : Quality Time.

Wassalamualaikum Warrahmatullahi Wabarrakatu.

 

 

 

Let's write your opinion

%d bloggers like this: