Kesehatan

Tetap Sehat Selama Musim Hujan

November 24, 2017

Halo Assalamualaikum, apa kabar ?

Duh november rain ini sungguh sedikit sekali tulisannya, makanya sekalinya nulis pengennya yang bermanfaat meskipun masih ringan-ringan aja hehehe. Memasuki bulan November, ya pokoknya bulan dengan nama yang berakhiran “-ber” pasti identik dengan musim hujan. Sebagai pecinta hujan tentunya aku sueneng banget soalnya suasanya jadi redup, sejuk, dan tenang. Ya walaupun agak ngeri-ngeri sedap kalau hujannya deras yang berpotensi banjir, angin kencang, dan lampu mati, huhuhu. Selain itu yang bikin orang kadang gak suka musim hujan itu soalnya jadinya gampang sakit. Lah kok bisa ? Ya karena faktor cuaca yang bikin lingkungan jadi lembab, banyak kenangan eh genangan maksudnya yang bisa jadi sarang nyamuk, dan suhu yang jadi lebih dingin.

Kira-kira, apa aja sih penyakit yang suka muncul saat musim hujan ?

Flu

Batuk pilek karena influenza memang menjadi penyakit langganan saat musim hujan, dimana kondisi lingkungan atau suhu udara yang menjadi lebih dingin yang bisa merusak daya tahan tubuh dan mengganggu kesehatan.

Demam

Karena suhu lingkungan menjadi lebih dingin, kalo gak hati-hati menjaga kondisi badan dengan pakaian hangat maka badan bisa terserang demam, tapi ini juga sering muncul ketika flu ikutan menyerang, udah pilek eh badannya panas. Nah kalau demam lebih dari 3 hari harus diperiksa lebih lanjut takutnya bisa jadi ke demam berdarah soalnya pas hujan banyak genangan air yang berpotensi sebagai sarang nyamuk.

Diare

Saat musim hujan lingkungan menjadi lebih lembab dan becek, biasanya kalau gak jaga kebersihan jadinya kotor sehingga meningkatkan perkembangan virus, bakteri dan parasit. Bakteri-bakteri yang hidup dalam keadaan basah lebih mudah menyebar dan menular kepada manusia. Dengan mudahnya bakteri masuk ke air yang dikonsumsi atau lainnya sehingga menyebabkan diare.

Sesak Nafas

Udara dingin menyebabkan kita gampang terkena pilek dan batuk, jika ingus dan dahak tersumbat maka akan menyebabkan sesak nafas. Belum lagi bakteri yang bertebaran saat hujan juga bisa memicu seseoran menjadi sesak nafas.

Gatal-gatal

Sama halnya dengan diare, gatal-gatal juga muncul saat hujan lantaran lingkungan yang menjadi lebih mudah kotor ketika hujan. Belum lagi buat orang yang pada dasarnya memiliki alergi dingin, maka saat musim hujan akan sering kambuh.

Lalu, biar terhindar dari penyakit diatas, supaya kita tetap sehat selama musim hujan itu bagaimana ?

Menjaga Kebersihan Lingkungan

Seperti yang sudah banyak aku sebutkan beragam penyakit yang datang kala musim hujan, lingkungan menjadi faktor utama penyakit gampang terjangkit. Untuk itu kebersihan lingkungan jangan sampai terbaikan. Jangan sampai ada genangan yang dekat dengan rumah, sampah yang basah segera dibuang, dan aktifitas lainnya.

Olahraga

Daya tahan tubuh gampang runtuh saat hujan bisa jadi karena kita males-malesan, saat hujan emang paling enak buat tiduran sehingga lupa gak olahraga. Untuk itu tetap rajin olahraga agar tetap berkeringat sebagai detoks badan penting dilakukan.

Menyiapkan & Menggunakan Aksesoris Hujan

Memakai jaket ketika dingin mulai menyerang, menggunakan payung saat keluar rumah ketika hujan, atau memakan jas hujan saat berkendara dikala hujan bisa mencegah sakit saat musim hujan karena bisa menjaga tubuh untuk tetap hangat

Segera Mandi & Cuci Rambut Ketika Kehujanan

Nah ini tips sederhana tapi sering tidak dihiraukan bagi sebagian orang, padahal air hujan itu selain dingin juga memiliki kandungan yang kurang baik sehingga tak cukup jika mengeringkan badan saja, harus benar-benar mandi ditambah keramas jika rambutnya basah, soalnya kalau engga biasanya kepala bisa pusing.

Mengkonsumi Minuman & Makanan Sehat

Aku pernah menulis kalo hujan terus sakit semacam pilek, demam, dan penyakit karena kedinginan, aku lebih memilih untuk mengkonsumsi minuman sehat dan hangat seperti wedang jahe, air jeruk, dan sop ayam. selain itu makan buah-buahan terutama yang memiliki kandungan vitamin C karena baik untuk menjaga daya tahan tubuh.

Yup mungkin ini dulu yang bisa aku sharing tentang Sehat Selama Musim Hujan. Untuk tulisan dengan tema sama yang lebih jelas bisa dibaca di website Kumpulan Emak Blogger dari Liswanti Pertiwi tentang “Menjaga Tubuh Tetap Sehat Selama Musim Hujan”

Dan tulisan ini merupakan #KEBloggingCollab ke 5 untuk kelompok Sri Mulyani dengan tema Kesehatan : Menjaga Kesehatan Saat Musim Hujan.

 

Let's write your opinion

%d bloggers like this: