Ads | Personal Style | Self Reflection

Ramadhan Sebentar Lagi

April 3, 2018

Assalamualaikum semua, apa kabar ?

Memasuki bulan April 2018 terasa begitu cepat, kalau menurut hitungan bulan Hijriah ini sudah memasuki bulan Rajab, kemudian bulan Sa’ban dan bertemulah kita dengan bulan yang diidam-idamkan yaitu Ramadhan. Bagi busui sepertiku merupakan tantangan yang semoga bisa ditaklukan. Meski terdapat kemudahan bagi ibu hamil dan menyusui untuk menunda puasa dengan menggantinya di kemudian hari atau mengganti dengan menunaikan fidiah tapi karena tahun lalu aku hanya mampu puasa 3 hari gara-gara masih hamil 4 bulan dan memang gak disarankan puasa lantaran harus minum air putih yang banyak, untuk itu tahun ini aku berusaha untuk bisa puasa semaksimal mungkin.

Sebenarnya aku gak seberapa sadar puasa sebentar lagi, kalau gak ada temen kantor yang nanyain sudah dapet tiket mudik atau belum, aku gak bakalan ngeh. Makanya selain mempersiapkan tiket mudik, aku juga mempersiapkan diri untuk hal lain, misalnya mulai nyiapin mukena baru yang nyaman agar saat sholat tarawih bisa tenang gak kegerahan, Kurma yang bakalan aku jus agar tetap kuat puasa walaupun menyusui, dan kalau sempat juga udah beli baju untuk lebaran biar pas puasa udah gak kepikiran.

Ngomong-ngomong masalah mukena, aku jadi keinget zaman kecil kalau hampir tiap mau puasa aku minta jatah beli mukena baru dengan berbagai alasan. Kadang ya dibeliin di toko, kadang juga dijahitin sendiri sama bunda, soalnya dulu jarang banget ada online shop yang menjual apapun termasuk mukena murah makanya bikin sendiri deh. Padahal kalau sudah dibeliin atau dibuatin aku suka mainin mukena kayak rambut gitu. Jadi mukenanya dipakai tapi kebalik kebelakang seolah-olah itu rambut yang panjang, hahaha.

Oh ya temen-temen sudah tahu belum bahan-bahan yang cocok digunakan untuk membuat mukena ? Kalau menurutku ada 4 bahan yang cocok dijadiin mukena yang nyaman. yaitu :

1. Kain Sutera

Sudah bukan rahasia lagi kalau kain sutera memang sangat nyaman jika digunakan untuk mukena. Dengan kelenturan dan kelembutan tekstur, kain sutera juga terasa dingin saat dipakai. Tapi ya itu harganya lumayan mahal sesuai dengan kenyamanannya.

2. Kain Katun

Serat kain katun yang lembut dan tebal tetap terasa sejuk jika digunakan, apalagi jenis katun jepang sangat nyaman sekali jika digunakan sebagai mukena. Kain seperti ini cocok untuk diaplikasikan motif. Sehingga tak heran banyak mukena katun jepang yang dijual dipasaran.

3. Kain Rayon

Jika tidak jeli, serat kain rayon dan katun hampir mirip-mirip tapi kalau rayon lebih lemas. Secara harga kain rayon lebih murah ketimbang katun. Kain ini bisa dijadikan mukena murah dengan motif yang bagus, seperti mukena bali.

4. Kain Parasut

Sebenarnya jenis kain ini baru-baru saja dikenal untuk dijadikan mukena, lantaran kelenturannya yang mampu dilipat setipis mungkin membuat mukena kain parasut sangat disukai, apalagi untuk orang yang suka bepergian dan perlu sholat dalam perjalanan. Kalau menggunakan mukena yang terbuat dari kain katun, lumayan juga beratnya, berbeda jika menggunakan kain parasut.

Nah, selain persiapan hal-hal yang riil seperti diatas, yang gak kalah penting juga adalah mempersiapkan hati. Hati yang bersih dalam menjalankan ibadah puasa dengan khusyuk itu yang kuinginkan. Nulis seperti ini aja rasanya terenyuh banget, lantaran mungkin aku masih banyak melakukan kesalahan dan lalai dalam menjalankan ibadah, ingetnya cuma kalau lagi susah, duh ! padahal masih banyak doa yang akan kurapalkan dibulan Ramadhan yang penuh berkah nanti, terutama untuk si kecil Nurani.

Yang jelas harapannya Ramadhan tahun ini bisa kulalui dengan baik, semuanya lancar, dan aku bisa beribadah dengan nyaman. Aamiin.

Well, semoga bermanfaat ya.

Wassalamualaikum

 

  1. Gara-gara tulisan ini jadi inget mau beli tiket mudik euy..
    hahaha
    Nampaknya tips finansial menjelang lebaran juga cucok.

    thanks mbak

Let's write your opinion

%d bloggers like this: