Personal Style

Outfit Andalan Saat Bekerja di Kantor

August 27, 2018

Hai semua, Assalamualaikum?

Waktu berjalan begitu cepat, rasanya baru kemarin aku magang dan wisuda. Eh ternyata aku sudah 4 tahun bekerja. Masih ingat dulu bagaimana aku mencari kerja, tes dari satu perusahaan satu ke perusahaan lain hingga akhirnya diarahkan untuk masuk ke perusahaan ini. Awalnya aku hanya dikontrak selama 4 bulan menggantikan posisi seorang karyawan yang cuti melahirkan. Qadarullah aku malah bisa bertahan hingga saat ini. Kebetulan bulan Agustus ini waktunya penilaian tengah semester, ada beberapa assessment yang dilalui untuk melihat performa karyawan, nanti di bulan September akan muncul nama-nama karyawan yang mendapat promosi jabatan atau training ke luar negeri. Bedanya tahun ini akan ada kesempatan untuk pindah penempatan antar group perusahaan hingga afiliasi antar negara jadi aku makin semangat bekerja.

Oh ya aku bekerja di sebuah perusahaan multinasional yang bergerak di bidang industri mesin dan alat berat dari Jepang. Bekerja disini merupakan doa yang dikabulkan dengan cara indah oleh Tuhan. Pasalnya aku dulu memiliki impian bekerja di bidang tambang atau energy. Eh malah sejak magang dan bekerja masuknya di alat berat, setidaknya masih jodoh lah ceritanya. Nah pas awal masuk kerja aku suka bingung dengan cara berpakaian, secara aku kan pengennya kerja di pertambangan yang biasa mendapat seragam toh pas kuliah pun aku memakai seragam jadi gak pernah pusing mikirin baju, eh ini tidak ada aturan yang resmi jadi bingung sendiri mau pakai baju apa setiap harinya.Baju kemeja wanita tuh pilihan yang selalu dipakai baik saat masih tes hingga diterima, kayaknya sudah pakemnya gitu.

Untungnya sekarang aku tidak terlalu bingung dengan cara berpakain soalnya sudah terbiasa, lagipula aturan berpakain baru ada setahun ini, itu pun mengatur pakaian karyawan setiap hari Senin dan Jumat saja yaitu seragam perusahaan untuk Senin dan batik atau casual untuk Jumat. Selebihnya tetap bebas asal sopan. Tapi tetep kan ya perempuan suka agak ribet sendiri masalah penampilan, ada yang sukanya matching dari atasan, bawahan, kerudung hingga tas dan sepatu, ada juga yang cuek nabrak sana sini. Kalau aku sih tergantung mood, ya paling kerudung sama baju agak senada, selebihnya ya suka nabrak-nabrak aja yang penting nyaman dan sopan. Nah aku punya outfit andalan pas ke kantor, apa saja itu ?

Gamis Polos

Mungkin bagi sebagian orang gamis itu kurang terlihat formal apalagi dipakai untuk ke kantor yang banyak orang asingnya, tapi karena banyak teman yang menggunakannya jadi aku pun lebih nyaman menggunakan gamis, gak ribet mikir atas dan bawah mau gimana. Lagi pula dulu pas mantap memilih kerja disini padahal cuma dikontrak 4 bulan sedangkan ada perusahaan lain yang lebih menjanjikan adalah di sini aku bisa berpenampilan syari. Nah, untuk menjaga penampilan tetap terlihat formal meski menggunakan gamis, aku biasanya memilih menggunakan gamis yang berbahan polos dan memiliki model sederhana, kalaupun ada aplikasi paling di bagian bawah jadi tidak mengganggu penampilan secara keseluruhan. Sesekali aku juga pakai gamis yang memiliki motif tapi tetap yang gak terlalu mencolok dan itu pun biasanya aku pakai di hari Jumat.

Atasan Blouse

Sebenarnya aku baru sadar sering menggunakan blouse saat membuat postingan ini, soalnya banyak juga fotoku yang menggunakan blouse saat bekerja. Ini mungkin dampak dari banyaknya model blouse yang modis saat ini, ada yang panjang biasa disebut tunik, ada yang memiliki lekuk biasa disebut peplum, ada pula longgar dengan model lengannya lonceng kekinian. Oleh karena itu aku senang menggunakan blouse, walaupun sekarang agak aku kurangi soalnya blouse banyak yang tidak memiliki kancing depan jadi kurang busui friendly.

Kemeja Wanita

Siapa sih yang gak pernah pakai kemeja saat kerja di kantor ? Soalnya kemeja adalah pilihan pakain formal yang jadi andalan setiap orang kantoran. Ini juga andalanku pas awal-awal magang lalu bekerja, namun aku sempat tidak suka pakai baju kemeja wanita karena terkesan kaku dan ribet kudu mikirin bawahannya gimana, pakai rok atau kulot yang seperti apa. Tapi sekarang aku balik lagi pakai kemeja kalau bosen memakai gamis, soalnya ada kancing depan yang dibutuhkan oleh busui. Toh sekarang banyak pilihan kemeja wanita dengan model yang baru beredar di pasaran, bias dilihat lah di e commerce seperti Matahari Mall.

Outers

Bagiku outer adalah pelengkap dan kadang penolong penampilan. Selain itu outer membantuku ketika udara terlalu dingin tapi gak suka pakai jaket. Yup, outer yang sering dipakai itu berupa blazer untuk membantu penampilan terlihat formal dan cardigan untuk membantu tampilan lebih chic dan santai. Oleh karena itu aku sering menyimpan blazer di laci kantor sebagai pertolongan jika mendadak ada acara formal atau mendadak kedinginan, hehehe.

Ya kurang lebih itu cerita outfit andalanku serta curhat tipis-tipis kali ini. Sekarang mah gampang sih ya kalau bingung mau pakai baju apa bisa langsung browsing atau lihat inspirasi di instagram, kalau bingung beli dimana sudah banyak e commerce yang memiliki banyak pilihan ples promo yang beragam, beli gamis, blouse, baju kemeja wanita, dan outer gampil banget tinggal pencet. Semoga menginspirasi dan berguna ya buat kamu.

Wassalamualaikum.

Let's write your opinion

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: