Review

Aktivitas Memandikan Anak Pakai Air Hangat Jadi Lebih Mudah dengan Ariston Water Heater

October 5, 2018

Assalamualaikum semua, apa kabar?

Siapa sih yang gak takut mandiin bayi, apalagi bayi merah yang baru lahir ? Aku termasuk orang yang takut memandikan anak sendiri pas pertama kali dia lahir, gendong saja masih terbata-bata apalagi memandikan. Beruntung aku memiliki eyang uti dan suami yang sangat hati-hati dan telaten memandikan bayi, sampai akhirnya di usia anakku Nurani 2 bulan barulah aku berani mamandikannya sendiri.

Sejak lahir Nurani memang dimandikan dengan air hangat sampai usiah 3 bulan pun masih menggunakan hangat dan sering menggigil apabila aku terlalu lama menyiapkan air hangat sedangkan dia sudah dilepas bajunya. Kasian jadinya. Sampai saat ini usia 10 bulan juga masih terkaget-kaget kalau kena air dingin pas mau mandi atau cebok setelah buang air besar. Aku juga heran kenapa yak ok bisa begini soalnya ribet juga kalau menyiapkan air hangat karena harus merebus dulu di dapur lalu dipindahkan ke kamar mandi.

Kebetulan beberapa minggu yang lalu aku mengikuti Community Gathering dari Mommies Daily dan Ariston Thermo Indonesia yang membahas kesehatan kulit bayi dan mudahnya memandikan anak dengan air hangat masa kini. Bertempat di bilangan Kemang Jakarta Selatan, acara berjalan seru apalagi disi dengan sharing dari bintang tamu Putri Titian yang juga sebagai mom influencer  yang anti ribet-ribet club dalam urusan memandikan anak dan dr. Srie Prihianti Gondokaryono, SpKK, PhD sebagai pakar dermatologi alias kesehatan kulit serta Mr Jacopo dan Nina sebagai perwakilan dari Ariston.

Mengenali Kondisi Kulit Anak

Acara pertama diisi dengan sharing dari dr. SRie Prihianti yang menjelaskan tentang kondisi kulit anak itu seperti apa. Jadi ternyata lapisan kulit anak terutama yang masih dibawah 2 tahun itu sangat berbeda dari orang dewasa dimana lapisan epidermis dan dermisnya lebih tipis 40%-60% dari orang dewasa, hal ini dikarenakan ikatan antar selnya yang belum begitu kuat sehingga mudah rapuh. Padahal seperti yang kita ketahui bahwa kulit merupakan organ pelindung badan yang harus terjaga dengan baik, untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan seperti iritasi ataupun ruam maka kita harus merawatnya dengan baik.

Menurut dr Srie Prihianti terdapat 3 langkah perlindungan kulit pada anak :

  1. Cleansing, yaitu memandikan atau membersihkan seluruh badan termassuk rambut dan kulit kepala secara rutin dan benar.
  2. Mouturizing, karena kulit bayi cenderung kering karena lapisannya kurang sempurna maka diperlukan pelembab untuk menghindari gatal atau iritasi kulit
  3. Protecting, beberapa bagian kulit bayi yang sering bermasalah perlu diberi proteksi seperti diaper cream untuk mencegah ruam popok ataupun sun protection agar anak terhindar dari sinar UV berlebihan ketika berada di luar ruangan.

Namun dr Srie menambahkan apakah cara memandikan anak kita sudah benar ? ternyata memandikan anak itu perlu perhatian khusus mulai dari penggunaan air dengan suhu 36-37 derajat sesuai dengan kondisi normal serta waktu memandikan yang sebaiknya sekitar 10 menit. Sampai kapan anak mandi dengan suhu hangat seperti itu ? Sampai usia 2 tahun dimana kondisi kulit anak lebih kuat dengan ancaman yang ada, namun toh mandi dengan air hangat itu banyak manfaatnya baik bagi anak maupun orang dewasa.

Manfaat Mandi Air Hangat

1. Mandi menjadi lebih bersih karena air hangat mampu membuka pori-pori kulit sehingga dapat mengeluarkan kotoran dengan maksimal.

2. Badan menjadi lebih rileks karena air hangat dapat meregangkan otot-otot yang kaku setelah seharian beraktifitas apalagi anak-anaknya yang tingkah polahnya begitu banyak.

3. Mencegah sakit karena air dengan suhu hangat dapat membunuh kuman dari kotoran yang dibersihkan, lalu uap hangat yang dihasilkan dapat mencegah penyakit flu atau pilek. Bisa dikatakan mandi air hangat untuk menjaga kesehatan.

Namun, suhu rata-rata air dirumah berkisar 30 – 35 derajat, artinya diperlukan proses pemanasan untuk menaikkan suhu air agar lebih hangat. Untuk itu masyarakat Indonesia terbiasa merebus air untuk mandi, padahal saat ini segala aktivitas dituntut serba cepat sehingga perlu alat untuk menyediakan air hangat dalam waktu singkat.

Water Heater Vs Merebus Air

Tahun 2017 lalu, Ariston Thermo Indonesia bekerjasama dengan Nielsen melakukan penelitian tentang perilaku konsumen Indonesia terhadap pemanfaatnya penggunaan pemanas air listrik atau water heater. Berdasarkan penelitian tersebut ditemukan bahwa pengguna air hangat untuk mandi itu sudah menjadi kebutuhan masa kini ditengah banyaknya aktivitas sehingga badan harus rileks agar bisa beristirahat dengan baik di malam hari. Selain itu adapula keluarga muda yang butuh air hangat untuk memandikan anak.

Namun dalam penelitian tersebut status sosioekonomi turut andil dalam pengambilan keputusan penggunaan water heater, dimana alat ini dinilai kurang ekonomis walaupun mereka sadar bahwa merebuh air memiliki risiko keamanan yang cukup tinggi. Padahal jika dihitung pengoperasian air mendidih dengan kompor  membutuhkan biaya 3.839 atau 115.170 per bulan. Ariston sebagai pemanas air yang memiliki pilihan produk sesuai kebutuhan nyatanya lebih murah yaitu 2559 per hari atau 76.776 per bulan.

Keistimewaan Ariston Water Heater

Ariston merupakan merek water heater dari Italia yang telah puluhan tahun menghasilkan produk dengan kualitas baik, hal ini dikarenakan Ariston memproduksi semua spare partnya sendiri sehingga terjamin mutunya. Oleh karena itu Ariston menjadi merek yang memiliki fans fanatik dimana konsumen yang sudah merasakan water heater Ariston tidak ingin berpindah ke merek lain, alasan lain kenapa memilih Ariston Water Heater yaitu:

Durability

Ketahanan produk terjamin karena perlindungan anti karat kelas internasional dengan menggunakan tangki berlapis Titanium Enamel. Teknologi unggulan Ariston dengan kualitas lebih baik dari flange dan gasker pencegah kebocoran. Selain itu, heating element terbuat dari bahan terbaik yang lebih fleksibel, tahan lama dan tahan karat. Pantas saja kalau Putri Titian mengaku keluarganya menggunakan water heater Ariston sejak dia kecil dan jarang bermasalah hingga saat ini, mungkin karena bahannya yang memang berkualitas sehingga tahan lama.

Safety

Keamaan penggunaan Ariston water heater terjamin karena menggunakan teknologi untuk mencegah bahaya arus bocor dengan ELCB serta perlindungan dari kebocoran akibat tekanan tinggi oleh safety valve yang sekaligus berfungsi mencegah tangki kosong. Se;ain itu pengkurusan suhu lebih akuran dan m5elindungi dari kemungkinan pemanasan yang berlebihan.

Comfort

Sesuai dengan taglinenya, Comfort always on maka produk ini memberi kenyamana dari berbagai fitur yang dimiliki seperti efiesiensi penggunaan energi yang berlebih dengan thermosfat yang akurat dan terkontrol. Penggunakan listrik yang lebih efisien  serta tampilan dan cara penggunaan yang mudah.

Produk Unggulan Ariston Water Heater

Ariston Thermo Indonesia hadir dengan beragam jenis produk yang dapat mengakomodasi kebutuhan masyarakat Indonesia. Dengan kualitas dan value to money, produk Ariston merupakan yang terbaik karena dibuat oleh para ahli. Produk unggulan Ariston masa kini adalah :

Andris Slim 20 & Slim 30

Tipe ini merupakan pemanas pertama di Indonesia yang hadir dengan daya listrik rendah yaitu 350 watt dan kapasitas air lebih besar yaitu 20 liter dan 30 liter. Slime 20 dan Slim 30 memungkinkan penggunanya untuk menggunakan peralatan elektronik rumah tangga lainnya secara bersamaan. Meski begitu daya tahan tipe ini sangat baik karena didukung oleh elemen pemanas berbahan tembaga, efisiensi air yang optimal melalui teknologi Flexomix, dan jaminan keamanan menyeluruh pada semua produk Ariston. Selain itu terdapat 4 kenyamanan dalam 1 produk.

New and modern design, pemanas Ariston terbaru ini merupakan hasil rancangan Umberto Palermo, seorang designer ternama Italia. Desain terbaru dan terkini dengan tampilan horisontal yang modern dan mutakhir serata memiliki kesan mewah.

Compact / Saving Space, dengan desain yang sudah disesuikan dengan kebutuhan pelanggan Slim 20 & Slim 30 dapat menghemat banyak ruang dan membuat dekorasi kamar mandi semakin stylist. Kedua model tersebut dilengkapi dengan sistem yang emudahkan perawatan dan pemeriksaan jika diperlukan. Panel samping memungkinkan untuk pemeriksaan internal, sedangkan tempat menarik pipa terdapat dibawah tangki.

Hot shower ready Indicator, terdapat indikator untuk menginformasukan pengguna saat suhu yang diinginkan sudah tercapai dan air hangat siap digunakan.

Time saving, khusus untuk Slim 30 terdapat tangki ganda dengan sistem pemanas terpisah sehingga mepercepat proses pemanasan namun tetap dengan konsumsi daya listrik yang rendah yaitu 350 watt.

Ariston Andis Lux

Sama seperti tipe Andris sebelumnya, varian ini memiliki daya listrik rendah yaitu 350 watt namun memiliki tingkat kemanan yang baik karena menggunakan heating element yang dialpisi Incology Enamel. Hal ini dapat mencegah terjadinya sedimantasi atau endaoan yang terdapat di air dengan begitu pemanasan air bisa lebih cepat dan konsisten.  Kapasita produk ini 15 liter dengan tingkat keamanan menyeluruh.

Ariston Andris AG+

Varian terbaru ini dilengkapi dengan teknologi AG+ yang dapat mencegah pertumbuhan bakteri dan jamur pada tangki pemanas air hingga 80%. Teknelogi silver ion AG+ yang diterapkan dapat melindungi dan mengurangi pertumbuhan bakteri seperti E/coli. Sallmonella, Legionella, jamur dan lainnya. Dengan begitu air akan tetap bersih, bebeas penyakit, dan aman digunakan anak dan keluarga. Daya yang digunakan masih 350 watt dengan kapasitas 15 ml.

Ariston Fast R

Ariston Thermo Ondonesia memiliki varian Fast R sebagai rangkaian produk Gas Instant Water Heater Ariston yang dilengkapi dengan teknologi 2 pin untuk menghasilkan waktu pemanasan yang lebih ceoat. Produk ini juga memiliki fitur keamanan tambahan  yang mampu mencegah nyala api ketika tidak ada aliran air, mematikan unit pemanas secara otomatis ketika suhu air terlalu tinggu, dan menghentikan aliran gas saat tidak ada api untuk mencegah kebocoran gas.

Fast R dapat bekerja dan menghasilkan air pana meski dalam tekanan air rendak. Fiturnya yang memberikan kemampuan mamanaskan air secara cepat dengab tambahan keamanan ekstra ini didesain secara khusu bagi konsumen yang tinggal di wilayah dataran tinggi dengan suhu tingga. Pas banget dengan kondisi lingkungan Indonesia.

Wah kalau pilihan produknya seperti ini yang buatku sangat ramah tagihan listrik bikin pengen banget belinya. Secara usia Nurani yang 10 bulan masih butuh manfaat dari mandi dengan air hangat. Dengan menggunakan water heater maka waktu tunggu saat akan meandikan bayi bisa lebih cepat, suhu ruangnya bisa diatur lebih pas, dan aan karena tidak perlu mengangkat panci rebusan air ke kamar mandi yang rawan terpeleset lalu tupah. Hal ini juga sepat disharing oleh Putri Titian saat dia menginap di rumah saudara yang tidak meiliki water heater sehingga dia harus merebus air dulu untuk anaknya mandi, dan itu nyatanya berbahaya karena saat membawa air rebusan bisa tumpah. Lagipula Ariston Water Heater harganya masih affordable dengan kualitas yang baik. Kalau ingat manfaat air hangat yang banyak jadi gak sayang untuk mebeli water heater untuk menjaga kesehatan.

Nah semoga sharing kali ini bermanfaat ya.

Wassalamualaikum, sarange !

 

    1. aku termasuk males lia mandi pake air anget, males rebusnya hahah… tapi kalau lagi di hotel ya mau banget

    1. ini ada alat pelindungnya ka ada element yang menjaganya sehingga meminialisir konsleting, bisa di cegah juga dengan tidak menggunakan shower berkabel, kalo yang tipe gas juga ada pelindungnya

Let's write your opinion

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: