Blogging

Alasan Kenapa Ngeblog

November 20, 2018

Assalamualaikum, apa kabar?

Ketika bingung mau nulis apa dan untungnya ada challange untuk ngeblog 30 hari penuh dari Blogger Perempuan yawislah dikerjakan meski sebenarnya telat banget karena sudah dimulai sejak 20 November 2018, mari kita akalin saja dan lanjut menulisnya hahaha

Day 1 : Kenapa Kamu Ngeblog ?

Jawabanku sangat amat KLISE, Yup karena aku suka menulis.

Dari kecil aku suka menulis buku diary, berisi rutinitasku sehari-hari, pemikiranku yang random atau puisi ala ala kegalauan. Mungkin darisitu aku terlatih menulis, namun dengan seiringnya waktu aku mulai malas menulis dengan tangan, lambat laun tulisanku pindah tempat ke komputer.

Lalu aku ikut pelatihan jurnalistik berlajut jadi junalis sekolah dari SMP dan SMA sempat join kompetisi Jawa Post DetEksi Con yang merupakan event paling bergengsi sewaktu SMA, ikut kompetisi jurnalis untuk meliput DetEksi Basketball League, hingga akhirnya bergabung menjadi Kompas MuDA Surabaya. Disini kemampuanku banyak diasah, mulai dari menulis berita, fotografi hingga membuat sebuah event untuk menggerakkan anak muda saat itu.

Selain itu aku juga sering membuat karya tulis ilmiah hingga masa kuliah dimana aku sudah mulai putus hubungan dengan Kompas MuDA, aku tidak bisa membagi waktu kuliah dengan aktifitas Kompas kalau harus ke Palmerah. Akhirnya aku lebih sering menulis esai dan karya tulis lainnya. Bisa dilihat gimana gaya menulisku diawal aku membuat blog ini. Bahkan kaku se kaku-kakunya. Karena beberapa tulisan esai aku publish di blog.

Lambat laun aku mulai mengisi blog ini dengan cerita-cerita receh, pengalaman suatu hal, review barang atau jasa, cerita kecantikan lain yang membuatku bertemu dengan komunitas blog, disana bukan sekedar sharing menulis, aku menemukan hal baru yaitu mendapat penghasilan lewat blog adalah sebuah kebanggaan tersendiri walaupun bagiku traffic yang tinggi tetap lebih melegakan karena itu artinya tulisanku dibaca dan bermanfaat bagi banyak orang.

So, kenapa nge blog ?

1. Berbagi Cerita

Meski sudah berusaha menjadi blogger profesional tapi aku tetap menyisipkan cerita personalku, bukankah itu yang membedakan blog dengan website mainstream pada umumnya dimana ada cerita pribadi yang dibagikan. Berbagai pengalaman aku tulis baik itu review maupun celoteh siapa tahu sedikit tulisan itu bisa berguna bagi orang soalnya kadang tulisan hasil random dalam otakku malah yang mendapatkan pengujung lebih banyak.

2. Self Healing

Aku pernah merasakan senewen gak jelas gara-gara sibuuuuk dengan berbagai urusan pekerjaan ini itu hingga aku sadar bahwa aku tuh belum nulis blog sama sekali di bulan itu, soalnya seberbayarnya tulisanku selalu aku bumbui dengan curhat colongan hehehe, anggap saja ini sebagai pelampiasan emosional dengan bijak lewat tulisan hehehe.

3. Mendapatkan Penghasilan

Tidak dapat dipungkiri saat ini banyak cara mendapatkan penghasilan termasuk melalui blog, aku sebutin ya peluang apa saja yang bisa mendatangkan penghasilan melalui blog, antara lain :

 a. Google Adsense yaitu menampilkan iklan dari Google di dalam blog. Ketika ada pengunjung maka ada perhitungannya sendiri, apalagi kalau pengunjung klik iklan yang tersedia makan perhitungannya akan lebih besar.

 b. Paid Review yaitu kita menulis tentang review sesuatu, bisa barang ataupun jasa, bisa event atau langsung produknya saja. Ini merupakan cara soft selling dimana pembaca akan digiring opininya untuk menyukai produk atau jasa tersebut, namun untuk aku sendiri selalu berusaha mencantumkan sisi baik buruknya agar pembaca juga lebih mengerti dengan baik.

 c. Content Placement yaitu menampilkan tulisan orang lain di blog kita, bisa dari agency atau langsung dari perusahaan barang atau jasa. Ini biasanya menjaring backlink do follow dan pengunjung ke website terkait. Tapi meskipun tulisan sudah disediakan, aku biasanya tetap melakukan editing agar gaya bahasanya masih sesuai denganku.

 d. Competition yaitu lomba blog yang seringkali diselenggarakan oleh sebuah brand atau instansi guna mempromosikan mereka dengan lebih maksimal.

4. Menambah Pengetahuan

Menulis kalau gak ada ilmunya cuma pengalaman juga rasanya hampa, jadi sebisa mungkin ada referensi tertentu seperti bahan bacaan yang bisa dijadikan tambahan informasi saat menulis. Meski tulisannya hanya sekedar curhat setidaknya ada foto atau ilustrasi apa yang baiknya milik kita sendiri sehingga kita juga perlu belajar bagaimana mengambil foto yang baik atau bagaimana menyuguhkan ilustrasi gambar yang bagus dengan aplikasi yang ada. So blogging menambah pengetahuan kan ? apalagi kalau lagi kompetisi, itu rasanya bukan lombanya aja, effort memmpelajari materinya dan menyugukannya sebaik mungkin itu juga menambah pengetahuan.

5. Menjalin Silaturahmi

Saat ini blogging tidak hanya sebuah pertemuan dunia maya namun juga bertemu secara nyata dalam berbagai komunitas yang tersedia, salah satunya Blogger Perempuan Network yang mana didalamnya terdapat ribuan blogger dari selauruh Indonesia, tak jarang BPN mengadakan gathering baik bersapa salam di media sosial maupun gathering secara langsung. Artinya lewat blog saya memiliki banyak teman dan menjalin silaturahmi dengan baik. Bahkan ada beberapa blogger yang rasanya sudah kuanggap seperti sudara sendiri.

Well mungkin itu dulu dariku.

Wassalamualaikum

 

Let's write your opinion

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: