Pregnancy Story | Weekly Diary

Cerita Kehamilan di Minggu ke 32

By on October 8, 2017

Assalamualaikum semua

Welcome to October 2017, welcome to 32 weeks of pregnancy. Yay !!!

Alhamdulillah selalu bersyukur dalam pencapaian per minggunya. Apa yang dirasakan sekarang sungguh penuh nikmat dari yang Kuasa. Dijalani, dinikmati, dan disyukuri karena memang ini yang dinanti. Rasanya memang campur aduk memasuki kehamilan di minggu ke 32 ini. Tapi lebih banyak senangnya sih karena di masa ini kondisiku cukup stabil. Mengingat trimester pertama, aku dihantui dengan ISK jadi baru bisa menikmati kehamilan dengan indah di trimester ke 2 dan 3. Justru di trimester ke 3 ini aku jadi banyak maunya macem kamera mirrorles dan agak mual-mual kayak orang hamil beneran, hehehe.

Continue Reading

Jalan-jalan | Pendidikan | Review

Susah Baca Peta ? Sudah Bukan Zamannya !

By on October 4, 2017

Assalamualaikum. Apa kabar semua ?

Kalian pernah tahu tentang “Why Men Don’t Listen and Women Can’t Read Maps”? Yup, itu merupakan judul sebuah buku karya Barbara Pease yang membahas perbedaan karakter antara laki-laki dan perempuan. Tapi kok yang dijadikan judul buku ini menyoroti tentang kemampuan perempuan yang susah baca peta ? Jangan-jangan salah satunya adalah aku, hahaha. Meski dari sekolah dasar udah diajarin gimana cara baca peta bahkan disuruh bikin gampar peta provinsi hingga negara dengan bergabagai simbol-simbolnya, nyatanya setelah tidak dipelajari lagi malah bingung. Bahkan kadang menjelaskan letak rumah dimana saja susah.

Untung sekarang zamannya sudah serba digital, smartphone merubah gaya hidup kita dengan fasilitas yang memberikan berbagai kemudahan, termasuk kemampuan kita membaca peta. Melalui informasi geospasial yang ada dalam genggaman, sekarang mau kemana pun jadi gampang ! tinggal ketik tempat tujuan maka dengan mudah kita menemukan arahnya. Atau bingung menjelaskan posisi kita ada dimana ? ya tinggal share location yang memanfaatkan geotagging yang bisa mereferensikan tempat-tempat yang berada disekitar kita.

Memahami Informasi Geospasial

Eh, tapi kalian tahu kan Geospasial itu apa ? Istilah Geospasial memang belum begitu familiar, padahal sering dijumpai di kehidupan sehari-hari. Menurut Rancangan Undang-Undang RI tentang Informasi Geospasial dijelaskan bahwa Geospasial merupakan sifat keruangan yang menunjukkan posisi atau lokasi suatu objek atau kejadian yang berada di bawah, pada, atau di atas permukaan bumi dengan posisi keberadaannya mengacu pada sistem koordinat nasional. Sedangkan informasi yang mencakup posisi dan sebaran suatu obyek yang ada di seluruh permukaan bumi ini disebut Informasi Geospasial. Intinya apa mir ? ya geospasial itu menjelaskan letak suatu obyek berdasarkan koordinat yang ada di bumi.

Continue Reading

Financial | Nikah Muda

Kebiasaan Hemat Ala Keluarga Saya Tapi Tetap Bahagia

By on September 26, 2017

Assalamualaikum…. Happy Pay Day ya Guys !!!

Sebagai keluarga muda baik dari segi usia maupun dari masa berumah tangga tentu banyak sekali kebutuhan yang diperlukan. Setelah nekat menggelar pesta pernikahan dengan modal sendiri dan pas-pasan selang sebulan menikah kami hidup teramat sederhana. Inget banget uang yang tersisa dari semuanya cuma 200 ribu padahal gajian masih seminggu, huhuhu. Uang bonus suami yang digadang-gadang bisa dipakai untuk kebutuhan bulan itu nyatanya terpakai untuk keperluan mendesak Bunda berobat. Nyesek sih rasanya tapi ya gimana lagi harus dijalani. Toh masa-masa seperti ini dulu juga aku alami, disaat-saat kuliah, saat uang beasiswa hampir habis dan gak mungkin minta orang tua. Ya aku harus hemat bin cermat mengelola uang seadanya.

Tapi sebagai anak muda, tentunya aku dan suami punya ambisi tersendiri untuk memiliki barang-barang yang diingini, pergi liburan ke tempat yang sudah lama ingin dikunjungi, dan mecicipi jajanan kesukaan yang susah untuk ditoleransi. Sebut saja semua hal itu gaya hidup khas jiwa anak muda yang masih suka mencoba dan berpetualang.

Lantas, apa kabar buat kami yang sudah berumah tangga di usia muda ??? Apa iya terus-terusan begitu ? Apalagi setelah menikah tentu akan dihadapkan dengan kebutuhan rumah tangga yang gak sedikit, ada masa depan keluarga yang gak bisa dibuat main-main, ada anak yang bakal hadir dalam kehidupan kami, ada kebutuhan A, B, C, D yang lebih kompleks lagi.

So, kali ini aku mau sharing kebiasaanku dengan suami untuk berhemat tapi tetap bahagia. Ini bener-bener murni yang kami jalani ya, jadi memang bukan patokan yang pasti karena tiap keluarga beda kebutuhan jadi jelas beda juga pengelolaan keuangannya. Apa saja itu ???

Continue Reading

Jalan-jalan | Kuliner

Senangnya Jajan di Kereta dan Loko Express

By on September 22, 2017

Halo semua, Assalamualaikum.

Akhir minggu lalu aku kembali melakukan wedding travelling, kali ini ke daerah namanya Purworejo. Tahu kan dimana ? Ini bukan Purwokerto loh beda, foto diatas cuma ilustrasi belaka, hahaha. Tapi Purworejo dan Puwokerto sama-sama berada di provinsi Jawa Tengah. Seperti biasa aku pun menggunakan transportasi kereta api ekonomi untuk bisa kesana. Murah, meriah, dan nyaman pula. Aku berangkat menggunakan KA Gaya Baru Malam Selatan dan pulangnya menggunakan KA Kutojaya Utara dengan rute stasiun Pasar Senen – Kutoarjo dan sebaliknya. Nah kebetulan KA GBMS itu jurusan akhirnya ke Surabaya. Duh rasanya aku pengen ikutan keretanya sampe tujuan akhir kalo gitu, pura-pura ketiduran biar bablas hahaha.

Nampaknya PT KAI memang banyak bebenah. Mulai dari fasilitas AC disetiap kelas, bebas asap rokok selama perjalanan, semua penumpang mendapat tempat duduk dan tidak ada pedagang masuk. Nah untuk restorasi dalam kereta pun makin bervariasi, orang gak takut beli makan lagi di dalam kereta karena harga nya mulai waras dan Worth to Buy. Ini juga berlaku di semua kelas kereta baik Eksekutif maupun Ekonomi loh… Senangnya !

Continue Reading

Pregnancy Story | Review

Nyicil Perlengkapan Menyusui

By on September 17, 2017

Halo readers, Assalamualaikum ^_^

Alhamdulillah wa syukurillah kandunganku sudah masuk bulan ke 7 atau kalau berdasarkan minggu sudah ke 29 week. Senang dan gak sabar pengen lihat bayi ini terlahir. Soalnya doi suka jedag jedug dalem perut jadi penasaran kalo nanti sudah keluar apakah tingkahnya bakalan banyak macam mamak bapaknya juga, wkwkwk. Kalo tingkahnya banyak tentu asupan makanannya juga perlu banyak kali ya, secara bayi butuh energi untuk terus bergerak, tentu sumber utamanya berasal dari ASI  alias Air Susu Ibu. Jadi kalau beneran itu terjadi, aku harus mulai bersiap untuk menyusui sedari dini. Toh aku juga memiliki keinginan untuk bisa memberikan ASI Eksklusif selama 6 bulan dan dilanjutan hingga 2 tahun.

Proses menyusui itu memang tidak mudah, ya bisa dibilang gampang-gampang susah, aku pun mulai bertanya kepada teman-teman yang sudah berpengalaman, tak ketinggalan baca berbagai referensi seputar ibu menyusui. Setiap ibu memang berbeda “drama” yang dihadapi, apalagi bagi ibu menyusui yang bekerja, tentu butuh persiapan yang matang untuk bisa terus menyusui setelah berakhirnya cuti maternity. Nah untuk mencegah permasalahan yang kemungkinan bakal terjadi selama proses menyusui bagi ibu bekerja maka ibu bisa melakukan hal-hal sebagai berikut :

Continue Reading

Kuliner | Review

5 Oleh-Oleh Sambal Khas Indonesia

By on September 14, 2017

 

Assalamualaikum readers,

Kalau membahas makanan Indonesia pasti gak ada habisnya, ada banyak pilihan makanan yang terkenal enak hingga ke manca negara, apalagi tentang makanan yang pedas. Sambal sebagai makanan pendamping selalu tampil diberbagai kesempatan. Desahan akibat kepedesan sambal itu sungguh nikmat apalagi bikin badan jadi berkeringat. Makan jadi lebih semangat.

Nah ngomong-ngomong soal sambal, Indonesia termasuk surganya sambal. Ada macam-macam olahan pedasnya sambal sesuai cita rasa daerah masing-masing, ada yang pakai terasi, ada yang tidak, ada yang memiliki rasa sedikit manis, ada yang benar-benar pedas membara. Dan kini semua cita rasa sambal itu bisa dengan mudah kita coba lantaran sudah dikemas dalam botol yang memudahkan penggemar sambal untuk merasakannya. Sehingga sambal bisa dijadikan oleh-oleh khas Indonesia.

Apa saja rekomendasi sambal yang bisa dijadikan oleh-oleh khas Indonesia ?

Continue Reading