Curhat

6 : Hal Yang Paling Aku Takutin

By on December 4, 2013

Kali ini aku mau menulis tentang hal yang paaaaling aku takutin, tentunya sebagai umat yang baik, aku takut kepada Allah. Dalam artian takut jika Allah murka, adzab, serta siksa-Nya sebagai akibat dari kelalaiku yang tidak menjalankan perintah-Nya dan menjauhi larangan-Nya, itu sih….

Terus yang ditakutin ada 1 lagi… kalo biasanya oranh-orang kan hantu… orang-orang kayak gitu mah berarti perlu dipertanyakan Tauhidnya… hehe, so apasih yang ditakutin mirna? Jawabannya adalah Binatang reptil terutama Ular… udah deh enggak usah nanya kenapanya… nulis udah merinding… hiii -_-

Continue Reading

Nikah Muda

Nikah muda : Apa Sih Yang Harus Dipersiapkan???

By on December 2, 2013

 

Assalamualaikum Warrahmatullah…

Menikah… Pernikahan… Sepertinya sudah menjadi topik pembahasan diantara temen-temen nih… Kadang kalau difikir kita masih terlalu muda untuk membicarakan suata hal sakral dan penuh akan komitmen itu. Tapi kada-akadang kalau ngelihat orang sekitar kita misalnya temen SMA dulu yang share foto pernikahan mereka atau temen pengajian yang bagi-bagi undangan nikahan, duh ada perasaan iri yang tiba-tiba muncul. Wih enak banget ya udah nikah, udah gak galau lagi soalnya sudah ada seseorang yang selalu mendampingi. Kayaknya bahagia banget menjadi pasangan muda. Sampai-sampai kakak kelas yang barusan nikah ngomong gini, ” Nikah itu enaknya 10%, tapi sisanya enaaaaaak bangeeet”, duh sebegitu bahagianya kah…

Sekarang mulai lah pembahasannya nikah, ga ngelihat dia cowok atau cewek pasti ada obrolan tentang itu. ga temen kuliah, kajian, dan teman yang lain juga bahsannya udah mengarah kesana. Apa ya emang aku sudah memasuki fase seperti ini yaah… tapi ya memang ditinggal seorang ayah sedari kecil membuatku butuh sosok laki-laki yang bisa di jadikan panutan alias imam dalam sebuah keluarga. Makanya aku memiliki niatan menikah muda untuk menyempurnakan ibadah dan pelengkap kasih sayang.

Tapi sebenernya ngomongin nikah muda, apakah sudah paham hakikatnya seperti apa? jangan sampai menikah muda tapi tidak bahagia atau menikah muda hanya untuk meng-halal-kan sesuatu yang dulu tidak diberbolehkan. Ya itulah hal-hal negatif jika kita hanya mengatas namakan nikah muda saja tanpa tau nilai-nilai dibaliknya. Nah sebenernya apa sih yang harus dipersiapkan untuk menikah muda agar tidak menjadi golongan yang seperti yang disebutin tadi….

1. Niat yang baik

tentunya segala sesuatu memang harus diawali dengan niat, maka niatkan nikah yang akan kamu jalani sebagai pelengkap ibadahmu, karena seperti yang kita ketahui bahwa segala sesuatu yang dijalankan dalam pernikahan bernilai berkah (*tapi yang sesuai syariat ya). Seperti kita yang seorang perempuan bisa melayani suami dengan baik misalnya menyiapkan baju ketika akan berngkat kerja dan menyambutnya saat pulang kerja dengan baju yang bagus, penampilan yang canti dan wangi, serta makanan yang enak (*dikutip dari pembicaraan temen kajian AGI, Mba Nunik). Pastilah hal tersebut membawa suatu keberkahan bagi kita dan keluarga.

2. Ilmu

Kemarin waktu ada kajian pas open recruitment rohis kampus, aku ketemu sama kaka kelas yang sekarang kebetulan jadi dosen di kampus dan pengajar BBQ Rohis (Belajar Baca Qur’an). Dia mengatakan bahwa pernikahan dan rumah tanggaada ilmunya dan ilmunya cukup banyak yang harus dipelajari, gitu katanya. Ada hal-hal yang harus kita pelajari seperti adab-adab suami istri dalam rumah tangga, pernikahan yang baik menurut islam, kewajiban dan hak antara pasangan suami istri, mendidik anak yang sholeh dan sholeha, terus ada juga ilmu psikologi dan kesehatan, seperti bagaimana menghadapi perbedaan yang menyulut pertengkaran, bagaimana menghadapi mertua, dan penganana jika suami atau istri atau anak kita sakit. Tuh kan, apa kita sudah punya ilmunya? ya memang sih bisa nanti dipelajari bersama tapi jika kita sudah memiliki dasarnya bukan kah jauh lebih enak… gitu kata dia… dan Alhamdulillah yang ngasih tau ini kemarin sabtu (30/11) telah menjalani akad nikah.

3. Keuangan

Nah ini juga menjadi sebuah persiapan yang penting, tapi ini juga yang biasanya digunakan sebagai alasan untuk menunda pernikahan. Biasanya “Saya belum siap menikah karena belum sukses” tapi itu bisa ditepis dengan “Kenapa nikahnya yang ditunda? kok ga sukses nya aja yang dipercepat”. Nah loh, hayoo mau berkelit apa lagi?. Tapi tanpa adanya kesiapa secara finansial juga kita tidak bisa serta merta menikah terutama bagi yang laki-laki dimana memiliki peran sebagai kepala keluarga yang mampu mencukupi kebutuhan istrinya baik jasmani maupun rohani. Ya mungkin belum bisa membeli rumah, tapi setidaknya ada tempat yang layak digunakan sebagai berteduh berdua, walaupun itu kontrak atau apa, tapi setidaknya ada tanggung jawab yang sudah diperlihatkan. Makanya kalau bisa pesta pernikahan dibuat sederhana agar masih ada dana yang dialokasikan untuk menjalani kehidupan pernikahan yang sesungguhnya.

4. Restu Orang Tua

Ini merupakan faktor penentu, setelah kita mempersiapkan segala hal maka ini lah bagian terpenting karena resttu orang tua seprti restu Allah swt. jika belum diberi dengan berbagai alasan, cobalah berfikir ulang dengan alasan yang diberikan orang tua, mencoba introspeksi diri. Kemudian jika ternyata kita sudah bisa memberikan bukti atau pemahaman tentang alasan yang diberikan orang tua bahwa kita siap namun belum juga mendapat restu maka jalan terakhir adalah berdoa. Karena setelah kita ikhtiar maka berserah dirilah, Allah tau yang waktu yang terbaik untuk kita. Oh ya restu bukan hanya dari orang tua kita loh, tapi juga orang tua dari kedua belah pihak, biasanya yang agak riskan adalah ketika calon laki-laki meminta restu orang tua perempuan, pasti ditanya kesiapannya untuk menikahi anaknya. Dan sebaliknya ketika calon perempuan ke orang tua laki-laki, pasti dilihat gerak geriknya, tutur kata, perangainya, dll yang bisa menarik simpati dan faktor untuk  memberikan restu dari masing-masing orang tua.

Mungkin itu dulu kali ya yang bisa aku sampaikan tentang apa sih yang harus dipersiapkan jika kita ingin menikah muda. Soalnya kadang-kadang temen2 itu bahasnya mesti tentang pestanya bukan pernikahnnya, semisal nanti aku pakai baju apa ya? resepsinya dimana ya? undangannya gimana ya? yang ngisi kajiannya siapa ya? pake adat apa ya, tradisonal, nasional, atau gimana ya? makanannya apa ya?. Aduuuh gengs, ya engga apa2 sih tapi kalo aku sepertinya yang disipain 4 poin yang aku tulis di atas dulu aja deh baru mikirin pesta pernikahan impiannya hehehe. Dan yang jelas saat ini untukku, selesaikan kuliah dulu, bekerja, dan baru menikah hehe…

Semoga tulisan ini bermanfaat dan kurang lebihnya mohon maaf yaaaa… ^_^

Wassalamualaikum Warrahmatullah…..

Continue Reading

Curhat

5 : Tempat Tinggalnya Keina

By on

Assalamualaikum…

Aduuuh sepertinya aku terlelap dalam buaian weekend sampe lupa gak main-main di blog. Oke melanjutkan 30 days challenge, tantangan ke 5 tentang foto pas sendiri dan deskripsi tempat tinggal kita. So sebelum nulis ini aku sempeting cari2 dulu fotoku di rumah ato di kosan. Dan sayangnya foto dirumah itu sedikit sekali, kalopun ada pas kebaran kemarin itu pun di desa bukan dirumah yang sebenarnya. Oke deh dari pada panjang lebar, let’s see,,,

DSC_0365
Ketika ibukota dilanda banjir 2013

Selama kuliah di jakarta, aku tinggal di kos namanya Kos Putri Citra Insani daerah Sungai Bambu, Jakut… Tau gak tempatnya? Kosku termasuk yang paling dekat dengan kampus. Berada di daerah industri membuat tempat tinggalku saat ini memang merumakan pemukiman yang rumahnya banyak difungsikan sebagai kontrakan dan kos-kosan. Lingkungannya termasuk bersih-berih banget juga engga tapi kotor banget ya engga [ula… biasa aja sih… tapi kalo ditanya nyaman? engga deh hehehe *jujur* tapi mau gimana lagi, kosanku termasuk nyaman dan lumayan aman karena di dekat jalan besar, bisa dilihat sendiri jalan yang tergenang banjir diatas masih bisa dilewatin mobil. Selain itu kosku khusu cewek semua jadi agak lega gak takut hal aneh2 terjadi. Soalnya daeraha sini jaraaaang banget kosan yang isinya cewek semua. Adanya kalo gak cowok semua ya campur, ya Alhamdulillah aja.
Nah kebetulan foto diatas diambil di depan kos pas Jakarta kena banjir bandang di bulan Januari 2013 kemarin. biasanya sih kalaupun ujan gede paling jalannya doang yang banjir tapi kali ini sampai masuk kamar, jadi penghuninya pada keluar semua. termasuk aku yang mainan air, dan sehabis itu langsung gatel2 deh hahaha

 

DSC_1034
Lebaran di Gumul Kediri

Kalo ini foto di alun2 gumul atau simpang versi Kediri Jawa Timur. Tempat ini seperti L’arch de Triomphe di Paris, Perancis. Letaknyapun memiliki posisi yang serupa, yaitu merupakan persimpangan lima akses jalan ke wilayah Kediri. Arah selatan ke Wates/Gunung Kelud, Timur Ke Gurah, Utara ke pagu, Timur laut ke Pare, dan arat Barat ke Kota Kediri. Lebaran tahun ini aku sengaja mudik ke Kediri di rumah mama as my mother in law sama papa. Jadi Kita pagi sholat di Masjid Agung Kediri lalu sepulangnya kita jalan-jalan ke Gunung Kelud tapi mampir sebentar kesini. Bangunan ini sebenernya museum karena dibawah gapura sebenarnya ada bangunan yang dapat diakses melalui lorong bawah tanah yang ada di seberang jalan. Jadi sebenernya Gapura Gumul bangunan gede banget dengan kontur perbukitan. Jadi buat temen-temen yang belum pernah ke L’arch de Triomphe bisa kesini aja heheh… ^_^

 

 

Continue Reading

Curhat

Perbedaan Kita

By on November 29, 2013

Aku tak menyangkal jika setiap manusia memang dilahirkan berbeda. Jika kehidupan diibaratkan sebagai sebuah buku yang sampu depannya merupakan tanggal dimana kita lahir dan halaman terakhirnya diisi dengan tanggal dimana kita meninggal. Tentunya sebuah buku ada yang tebal, ada pula yang tipis dan ada yang menarik, ada pula yang membosankan”. Dari setiap sisi kehidupan tersebut tentunya mencetak karakter yang beraneka ragam sehingga tidak bisa kita bandingkan satu sama yang lain karena ada nilai yang terkandung dalam setiap kehidupan manusia.

Berbicara tentang kita, sebut saja aku dan dia. 2 manusia dengan 2 kepala yang berbeda sehingga menimbulkan pemikiran dan pemahaman yang tak sama. Seringkali perbedaan itu muncul dan membuat kita kelabakan menghadapinya. Bukannya mencoba meleburkan agar bisa saling memahami, kadang kita justru keukeh dengan argumen yang ada di kepala masing – masing, belum lagi bumbu emosi yang membuat hal kecil semakin menjadi-jadi.

Ada kalanya kita saling mengalah satu sama lain, meminta maaf atas kesalahan atau perbedaan tadi. Namun kita mungkin belum mendapat esensi dari kata maaf itu sendiri karena kekecewaan yang ada ternyata mencuatkan suatu rasa yang ingin menyalahkan balik. Selalu begitu, terutama kamu,  yang seringkali memutar balikkannya ke aku. lantas untuk apa kata maaf di ucapkan kalau ada rasa tidak terima dalam hatimu.

Lalu bagaimana dengan diriku sendiri yang juga merasakan adanya perbedaan ini. Kadang aku merasa munafik sebagai seorang manusia. Aku kadang tidak bisa mentolerir sikap ini itunya seseorang. Namun kalau sudah dihadapkan dengan dia, rasanya kata “maklum” dan mencoba menerima bagaikan seseorang yang plin plan dalam bersikap. Tak pernah bisa konsisten menghadapi dia, seseorang yang aku cinta. Karena ada cinta, maka dia terlihat dan mendapat suatu penilaian yang berbeda.

Tapi apakah akan selamanya merasakan perbedaan seperti ini? Aku tahu dan sadar bahwa kita seharusnya bisa saling memahami satu sama lain. Namun hanya berlandasakan cinta saja, rasanya tidak cukup untuk mengalahkan ego masing-masing. Ketidak puasan dan kekecewaan yang tertimbun di hati bisa saja menjadi suatu bom waktu yang akan meledak di waktu yang tak tentu.

Continue Reading

Cinta | Self Reflection

Repost : That’s Love. That’s Choice

By on

Kita memang berbeda
Dari awal sudah terlihat
Namun ku terus menyangkal
Dan waktu terus berjalan
Memaparkan jurang yang memisahkan
Ketika ku coba rentangkan jembatan
Namun susah juga jika dibangun sendirian
Jembatan itu terlalu rapuh
Tak kuat ia menahan beban
Hingga akhirnya teperosok ke dalam

Ya aku dan kamu, sebut saja kita…
bagai kedua kutub magnet yang berbeda. berjauhan. dan bertolak belakang

Putih. Hitam.
Pengecut. Kritis.
Sensitif. Apatis
Introvert. Ekstrovert.
Penyuka implisit. Pengusung logika.
Pengkhayal. Pemapar deskriptif.
Pecinta cahaya. Penyuka gelap.
“Karena kita berbeda, makanya kita saling mengisi,” ujarku dulu.
Karena kutub magnet tak akan tarik menarik bila keduanya memiliki medan yang sama. Mereka saling tertarik dan mengikat, karena perbedaan signifikan di antara keduanya. Positif dan negatif.
Well, that’s life. That’s love. 
 
Tetapi ketika umur magnet usang dimakan zaman
apakah keduanya masih saling bertautan.
mungkinkah keduanya terpisah….
meski berat terasa, akankah bertahan demikian…
mana jalan yang lebih baik….
aku belum bisa menentukan….
perumpamaan tak bisa menjadi acuan….
 
Well, that’s life. That’s Choice
inspired from my story with http://ceritahujancandella.blogspot.com/2013/02/diferensiasi-saya-dan-kamu.html

Continue Reading

Curhat

4 : 5 Artis Favoritku

By on

Yah inilah beberapa aktris dan aktor yang aku suka dari berbagai penilaian heheh

1. Dian Sastrowardoyo

dian sastrowardoyo 2
dian sastrowardoyo

 

Aktris Indonesia yang keren ini selain cantik juga pandai berakting. Perempuan yang bernama asli Diandra Paramitha Sastrowardoyo memukau penonton melalui film pertanya yang menjadi momen bangkitnya perfilman Indonesia. ya, Ada Apa Dengan Cinta, kalau gak salah keluar pas aku masih SD deh tapi aku baru liat secara gamblang ketika SMP secara orang tua dulu selalu membatasiku menonton film. Tapi disitu dian udah keliatan keren dan lanjut ke film-film bagus lainnya. Mungkin dian ermasuk aktris yang pilih2 jadi hanya film dengan cerita dan peran yang terbaik yang dia mainkan. Selain itu aku juga suka sewaktu dia main sinetron yang tayangnya dulu seminggu sekali di RCTI. Ya sinetronnya termasuk cepet taman ketimbang lainnya, tapi emang tidak dipungkiri kalo sinetron itu masih aku inget sampai sekarang dan salah satu sinetron inspiratif menurutku. Judulnya adalah “Dunia Tanpa Koma”, disana dian berperan sebagai reporter majalah mingguan yang berhasil mengungkap gembong Narkoba, lawan mainnya fauizi baidillah sebagai reporter dari koran lainnya semakin membuat cerita semakin hidup.

2. Maudy Ayunda

PERAHU-KERTAS-MAUDY-AYUNDA
Maudy Ayunda

 

Aktris muda berbakat ini selalu menawan dalam setiap film yang diperankan. Film pertama dia yang aku liat sih di Sang Pemimpi, yaitu kelanjutan dari Laskar Pelangi, karena waktu aku masih di Kompas MuDA, dia diundang sebagai bintang tamu sewaktu kita merayakan 2nd Anniversary dan mengisi perannya di film Sang Pemimpi. Pas ketemu langsung, emang bener, dia cantik banget dan manis. kalau gak salah dia dateng ke acara kita bareng Om Matias Muchus. Namanya kian melambung di film perahu kertas. Apalagi ternyata dia juga mengisi sountrack film itu. Wah aku jadi semakin nge fans sama dia. Ditambah sekarang dia sedang menempuh kuliah di Oxford University London, jadi pengen standing applous buat dia. Heheheh

 

 

3. Nicholas Saputra

Nicholas+Saputra+Kebun+Binatang+Premiere+62nd+UKxkI1ZlMhml
Nicholas Saputra

 

Gegara film remaja yang boleh aku tonton pertama kali itu Ada Apa Dengan Cinta membuat aku suka sama pemeran utamanya. Ya aktor yang bermain sebagai rangga ini memang bener-bener keren. Karakter dia yang cool abis disana semakin membuat aku terpesona *halah*. Tapi aku sih sebenrnya paling suka aktingnya di film Soe Jok Gie. Cerita dokumenter itu dia mainkan dengan baik. Dan dia termasuk aktor yang gak sembarangan alias berkualitas punya, terlihat dari film dan peran yang dia mainkan selama ini. Selain itu dia juga hampir gak pernah dapet gosip miring. Salut sama nico

 

 

 

4. Emma Watson

Emma-Watson-3
Emma Watson

 

Menurutku artis ini cantiiiiiik bgt, apalgi cantiknya tuh Alami banget. Walaupun dia gak pake make up dia keliatan manis. Perannya sebagai Hermione Granger di Harry Potter dari 1-7 yang memperlihatkan masa-masa dia kecil hingga sekarang remaja, membuat dia benar-benar terekspose. Dandannanya gak pernah aneh-aneh, tetap manis, dan gak pernah dapet gosip yang jelak.  Aktris bule favorite dah.. Tapi agak kecewa sih setelah di potong rambut sampe sependek itu. Tapi engga apalah dia tetep keliatan cantik alami… hihi

 

5. Taylor Lautner

jacob-black2
My Handsome Boy

 

Sangkina aku ngefansnya sama aktor ganteng yang satu ini sampai nama inbox fbku KeiRahardjo.Lautner hehehe. Percaya ato engga, aku pernah mimpi dilamar sama dia di jalanan NY City. Huaa emang khayalan tingkat tinggi. Tidak dapat dipungkiri kalo perannya sebagai Jacob Blck di Twilight Series membuat dia semakin terkenal. Dan yang paling aku suka, sebagai angoota ware wolf, tato di lenggannya itul loh yang *kagak nahan abiiiis* hehehhe. Selalu ditunggu deh film dari Taylor Lautner

Continue Reading