Parenting | Review

Menyiapkan Nutrisi si Kecil dengan Philips Avent

February 18, 2018

Halo Assalamualaikum,

Sejak mengetahui kalau aku hamil, aku berusaha melakukan yang terbaik untuk calon buah hati. Rajin memeriksakan diri ke dokter, makan makanan yang sehat, dan rajin minum vitamin sesuai anjuran dokter. Dan setelah melahirkan, rasa haru dan bahagia bercampur menjadi satu seiring keinginan untuk bisa segera mengASIhi. Meski cita-cita untuk melakukan IMD (Inisiasi Menyusui Dini) saat melahirkan tidak bisa terlaksana namun aku tak patah semangat. Saat pertama kali bayi mungil, Nurani diantar suster ke ruang perawatan, rasanya hatiku langsung meleleh, apalagi saat belajar menyusui. Qodarulllah Nurani sangat pintar menghisap sehingga tak butuh waktu lama air susu pun keluar.

Namun ternyata drama setelah melahirkan itu lumayan menguras tenaga dan sedikit air mata. Termasuk drama menyusui seperti payudara bengkak yang solusinya ternyata dengan memompanya. Sebenarnya aku memang harus rajin memompa ASI sedari awal sebagai usaha pemenuhan nutrisi Nurani saat aku kerja nanti. Karena aku percaya bahwa ASI merupakan sumber nutrisi tebaik. Aku pun bertekad untuk bisa memberikan ASI Eksklusif selama 6 bulan dan lanjut hingga 2 tahun. Hingga menjelang cuti berakhir alhamdulillah sudah tersedia 1 freezer penuh ASIP (Air Susu Ibu Perah).

Beruntungnya aku masih memiliki Eyang Uti dan Bunda yang mau membantu mengasuh Nurani saat aku bekerja. Memang sih, keluarga intiku ya tinggal mereka, jadi Nurani generasi ke 4 kalau dirunut dari eyang uyutnya. Nah masalahnya, mereka tidak terbiasa dengan memberikan ASI seperti zaman now yang bentuknya beku karena disimpan dalam frezeer. Lalu bagaimana dengan pemberian ASIP ke Nurani saat aku kerja?

Salah satu alat yang aku andalkan untuk mengatasi kesulitan eyang uti dan bunda memberikan ASIP ke Nurani adalah Philips AVENT Fast Bottle Warmer. Aku jadi sangat terbantu. Apalagi cara penggunaannya gampang dan praktis sehingga dengan cepat bisa mengajarkan eyang uti memakainya, sehingga cepat pula Nurani bisa minum ASIP saat dia lapar. Karena Philips Avent Fast Bottle Warmer ini bisa melakukan defrost hingga menghangatkan ASIP sampai siap diminum.

Cara penggunaan Philips AVENT Fast Bottle Warmer dapat dibaca pada kardus kemasan produk bagian atas, langkah-langkahnya sebagai berikut :

  1. Sambungkan Philips AVENT Fast Bottle Warmer ke sumber listrik
  2. Masukkan botol yang akan dihangatkan
  3. Tuangkan air sesuai dengan tinggi susu yang dihangatkan
  4. Putar indikator panas sesuai dengan kebutuhan
  5. Tunggu hingga ASIP panas
  6. Putar kembali  indikator dalam keadaan off
  7. Putuskan sambungan power
  8. Buang air sisa Philips AVENT Fast Bottle Warmer, bilas lalu biarkan hingga kering

Keunggulan alat ini adalah praktis dalam menghangatkan susu disesuaikan dengan indikatornya, menaikkan suhu ASIP beku secara perlahan, menghangatkan ASIP secara merata tidak terpusat, untuk menghangatkan makanan, dan hampir semua ukuran botol susu muat untuk dipanaskan menggunakan alat ini. Namun kekurangannya adalah kurangnya otomatisasi waktu sehingga kita harus benar-benar menunggunya jangan sampai kurang panas atau kepanasan saat menggunakannya. Kalau dibaca di website Philips AVENT, alat ini hanya butuh 3 menit untuk menghangatkan susu sebanyak 150 ml.

Saat ini aku mulai memikirkan langkah menyiapkan nutrisi selanjutnya untuk Nurani yaitu pemberian MPASI (Makanan Pendukung ASI) saat usia 6 bulan nanti. Pada masa itu tentunya lebih banyak lagi persiapan yang harus dilakukan. Menurut WHO, bayi usia 6 bulan dikenalkan makanan berupa pure alias bubur halus. Butuh waktu ekstra untuk menyiapkannya, jangan sampai salah olah sehingga kandungan nutrisinya tidak sesuai. Tapi aku juga tidak memiliki waktu yang banyak untuk menyiapkannya lantaran bekerja.

Setelah browsing sana sini, tak lupa mencari informasi juga di forum ibu terbesar di Indonesia yaitu The Urban Mama akhirnya aku menjatuhkan pilihan pada Philips AVENT 4-in-1 Healthy Baby Food Maker. Produk yang inovatif ini mampu menyiapkan makanan pendamping ASI dengan cepat dan tetap terjaga kandungan nutrisinya.

Untuk informasi produk Philips AVENT lebih lengkap kamu bisa baca di official website mereka di www.philips.co.id . Ikutan promonya Apresiasi Cinta Bunda

Semoga bermanfaat ya !!

Wassalamualaikum

Tulisan diikutsertakan lomba #TUMBloggersCompetition #AventSahabatBunda

Source :

https://www.philips.co.id/id/c-p/SCF875_02/4-in-1-healthy-baby-food-maker/ringkasan https://www.philips.co.id/id/c-p/SCF355_00/avent-penghangat-botol-cepat

  1. Wah samaan banget mbak.waktu saya masih kuliah dl, Uti dan Akungnya yg bantuin ngasih ASIP ke anak sy yg pertama.waktu anak pertama opname, anak kedua mash 2 bulan. Uti dan Akungnya jg yg ngasih ASIP. Nenek dan kakek ASI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *