Kesehatan | Kuliner

Praktisnya Menyiapkan Piring Gizi Seimbang Dengan Ayam Potong So Good

March 31, 2018

Halo Assalamualaikum semua, aduh rasanya kangen cerita di blog ini.

Saat ini aku sudah kembali lagi beraktifitas di kantor pasca cuti melahirkan, banyak tantangan ternyata menjadi working mom, selain disibukkan untuk memenuhi nutrisi si kecil dengan ASI, aku pun tetap harus fokus dengan pemenuhan nutrisi keluarga. Pasalnya kemaren sempat keteteran dalam menyiapkan makanan bagi keluarga, aku selalu mikirnya “yang penting kenyang” biar ASI tetap lancar, aku lupa bahwa gizi seimbang sangatlah penting bagi kesehatan. Alhasil, diguyur hujan dikit langsung deh kena flu, padahal kalau kita antisipasi dengan makanan yang bergizi bisa loh membangun daya tahan tubuh kita.

Bicara mengenai gizi seimbang, sebenernya itu apa sih, Mir ?

Sebenernya sudah banyak yang ngingetin untuk selalu makan makanan bergizi, tapi kalau cuma bergizi tapi gak sesuai porsi gimana ? Kita tidak tahu apakah kebutuhan nutrisi tubuh sudah terpenuhi atau belum. Masih inget gak dulu sering diingatkan bapak atau ibu guru waktu sekolah buat selalu makan 4 sehat 5 sempurna? Yup menu dengan komposisi nasi, lauk, sayur, buah dan susu sebagai penyempurna merupakan pedoman makan sehat yang selalu digembar-gemborkan. Namun seiring perkembangan ilmu gizi, saat ini menu 4 sehat 5 sempurna dianggap kurang apabila dijadikan sebagai acuan menu yang proposional, karena disitu hanya disebutkan pokok makanannya saja sedangkan takarannya tidak.

Gizi seimbang merupakan susunan pangan sehari-hari yang mengandung zat gizi dalam jenis dan jumlah yang sesuai dengan kebutuhan tubuh. Nah kebutuhan energi pada tubuh orang dewasa berkisar antara 1700-2250 kalori. Terdapat 4 prinsip yang harus diperhatikan untuk memenuhi pola makan gizi seimbang yaitu keanekaragaman pangan, melakukan aktivitas fisik (olahraga), perilaku hidup bersih dan memantau berat badan secara teratur dalam rangka mempertahankan berat badan normal untuk mencegah masalah gizi.

Untuk itu So Good yang beberapa waktu lalu melakukan launching logo baru, sekaligus melakukan sharing ilmu mengenai piring gizi seimbang. Diambil dari websitenya, www.sogood.id, Departemen Kesehatan RI menganjurkan agar seseorang perlu mengonsumsi aneka ragam makanan. Adapun yang dimaksud dengan keanekaragaman makanan adalah hidangan yang paling tidak terdiri dari 4 kelompok bahan makanan yaitu :

1. Satu jenis atau lebih karbohidrat 35% misalnya beras, jagung, gandum, ubi kayu, kentang, sagu, dan sebagainya.
2. Satu jenis atau lebih Protein 15% misalnya kacang-kacangan, tempe, tahu, telur, ikan, daging, dan sebagainya.
3. Satu jenis atau lebih makanan kelompok buah-buahan 15% + sayuran 35% sebagai sumber vitamin dan mineral misalnya buah pisang, apel, pepaya, jeruk, dan sebagainya. sayuran wortel, bayam, kangkung, dan sebagainya.

Sepertinya sangat gampang membuat menu dengan komposisi piring gizi seimbang, tapi ternyata prakteknya sulit juga, soalnya seringkali kebiasaan makan yang penting kenyang mampu melalaikan asupan sayur dan buah-buahan, serta protein dengan alasan perlu waktu untuk mengolahnya. Untuk itu aku perlu mensiasatinya. Bagiku menyiapkan makanan biasa dilakukan dipagi hari, setelah membereskan ASIP untuk si kecil barulah aku “bertempur” di dapur.

Olahan sayuran yang mudah dimasak adalah tumisan, tinggal dipotong-potong lalu dimasak. Bumbunya gak jauh-jauh dari bawang merah, bawang putih, cabe kalau mau pedas, bisa ditambahi bumbu aromatik seperti lengkuas atau diberi kecap, minyak wijen dan lainnya tergantung selera. Nah untuk olahan protein hewani yang mudah dimasak bagaimana? Untungnya saat ini sudah ada So Good, yang memiliki banyak pilihan produk olahan protein hewani yang memudahkan working mom sepertiku dalam menyiapkan menu piring gizi seimbang.

Sejak dulu So Good memang sudah dikenal dengan produk olahan ayam siap masak yang enak seperti chicken nugget, chicken katsu, chicken karage, bakso ayam dan lainnya. Lalu seiring berkembangnya waktu, Japfa sebagai produsen So Good berinovasi dengan mengeluarkan produk siap olah berupa ayam potong yang dikemas dalam bentuk frozen. So Good hadir dengan olahan ayam potong berbumbu dengan standar ASUH yaitu Aman, Sehat, Utuh, dan Halal. Selain sudah memiliki izim BPOM, ada juga loh logo Halal MUI nya bisa dilihat di kemasan depan bagian bawah So Good. Jadi tenang deh mengkonsumsinya.

Nah seperti yang sudah kusinggung diatas tentang olahan sayuran serta protein hewani yang praktis serta mudah disajikan maka berikut menu piring gizi seimbang ala aku yang sudah dilengkapi dengan buah naga merah yang segar.

And the last but not least, jangan lupa untuk mengkonsumsi 2 liter air dalam sehari untuk melengkapi gizi seimbang dalam memenuhi kebutuhan mineral. Oke !

Semoga bermanfaat ya informasinya.

Wassalamualaikum.

 

Let's write your opinion

%d bloggers like this: