Kesehatan | Review

Talkshow Infeksi Saluran Kemih pada Perempuan bersama Dr Oz Indonesia dan Prive Uricran

May 30, 2018

Assalamualaikum semua, sehat kan ?

Udah masuk pertengahan puasa nih, udah mulai kebayang-bayang gimana nanti rasanya mudik. Tahun lalu aku mudik dalam keadaan hamil. Lumayan capek ya apalagi aku juga sering anyang-anyangan. Sebenarnya udah gak kaget sih soalnya memang sedari awal kehamilan, dokter memvonisku terkena infeksi saluran kemih (ISK) jadi ya begitu sering anyang-anyangan yang bikin gak nyaman. Makin diperparah dengan rute mudikku dari Ujung Barat (Pandeglang) ke Ujung Timur (Probolinggo) yang bikin tenagaku terkuras ekstra.

Untuk itu tahun ini aku gak mau lagi dibuat gak nyaman dengan anyang-anyangan, aku sudah tutup buku dengan tragedi ISK selama kehamilan, perihal Nurani yang sempat kejepit saat didalam kandungan dan lain-lain akan menjadi pelajaran tersendiri untukku. Makanya pas ada acara talkshow tentang pencegahan infeksi saluran kemih pada perempuan dari Prive Uri-Cran yang dibawakan oleh salah satu host Dr Oz Indonesia yaitu dr. Boy Abidin, SPoG (K) aku sangat antusias mengikutinya.

Acara yang digelar di Smile Room Hotel Harris and Convention Kelapa Gading, dibuka oleh perwakilan Combiphar sebagai produsen Prive Uri-Cran dimana mereka sangat konsen dengan kampanye menjaga kesehatan bagi wanita terutama yang berkaitan dengan Infeksi Saluran Kemih, karena berdasarkan penelitian 5 dari 10 wanita pernah mengalami ISK yang ditandai dengan rasa ingin buang air terus menerus atau yang biasa disebut dengan anyang-anyangan.

 

Dokter Boy selaku narasumber sangat interaktif menyampaikan materinya, talkshow diawali dengan pertanyaan siapa yang pernah mengalami anyang-anyangan. Kebetulan aku berada di kursi paling depan dan mengacungkan tangan. Aku pun menceritakan kronologi ISK yang kualami secara berulang, yang pertama yaitu saat honeymoon sistisis, lalu ISK akibat menahab buang air saat perjalanan jauh, dan yang terakhir saat menjalani kehamilan. Karena aku merasakan begitu tidak enaknya mengalami ISK, pada kesempatan yang sama aku pun bertanya penyebab terjadinya ISK berulang yang kualami. Pertanyaanku menjadi pembuka talkshow yang memang mengambil tema “Pentingnya Menjaga Infeksi Saluran Kemih Pada Wanita”

Apa itu ISK ?

Infeksi akibat ada koloni kuman (e. coli) yang ada di saluran kemih yang masuk secara hematogen atau melalui aliran darah dan ascendi atau menjalar ke bagian atas.

Siapa saja yang bisa terkena ISK ?

Anak-anak, pria, wanita, wanita hamil dan menapouse, serta penderita diabetes. Namun mayoritas perempuan karena 5 dari 10 wanita mengalami anyang-anyangan.

Kenapa wanita lebih rentan terkena ISK ?

Terlihat dari gambar diatas bahwa sistem urinaria wanita begitu pendek berbeda dengan pria yang lebih panjang. Selain itu posisi pembuangan yang berdekatan dengan organ reproduksi dan lainnya yang seringkali juga menghasilkan kuman, kuman baik maupun kuman jahat. Oleh karena itu perempuan begitu rentan terkena ISK.

Apa penyebab ISK ?

  • Kurang minum, parameter minum air putih 8 gelas sehari bisa menjadi kurang jika dibalik menjadi minumlah sebelum haus dan selalu mengecek warna urin, jika pekat maka segera minum.
  • Sering menahan buang air kecil, urin merupakan kotoran berupa cairan sisa metabolisme yang memiliki banyak kuman, oleh karena itu dengan buang air kecil maka akan membantu proses membuang bakteri tersebut.
  • AKtifitas seksual, iritasi yang diakibatkan setelah berhubungan seksual juga dapat memicu timbulnya ISK.
  • Menopause, lanjut usia mempengaruhi sensitivitas saluran kemih yang kurang bisa menampung urin sehingga mengakibatkan rasa ingin buang air terus menerus atau anyang-anyangan
  • Diabetes, karena penderita diabetes memiliki kecenderungan sering buang air kecil jadi rentan melakukan menahan buang air, sehingga bisa menyebabkan ISK
  • Kehamilan, wanita hamil memang sering ingin buang air kecil karena terjadinya perubahan hormon, maka dari itu bisa menyebabkan anyang-anyangan. Apa yang membedakan wajar tidaknya ibu hamil selalu ingin buang air ? hal ini bisa dilihat melalui tes urin, jika terdapat bakteri yang menyertai artinya ibu hamil mengalami ISK. Untuk itu perlu segera ditangani, karena ISK pada ibu hamil menyebabkan bayi lahir prematur, bayi lahir dengan berat badan rendah, preklamsi dan lainnya.

Apa gejala ISK ?

Gejala ISK terbagi menjadi 2 yaitu bawah dan atas jika sudah menjalar parah

  • Untuk gejala ISK bawah meliputi rasa nyeri dan panas saat buang air kecil, lebih sering buang air di malam hari (nocturia) namu jumlah urin sedikit, tidak dapat menahan keinginan untuk selalu buang air kecil, buang air kecil tidak tuntas (anyang-anyangan), nyeri pada perut bawah dan demam ringan.
  • Sedangkan gejala ISK atas meliputi mual, demam hingga pusing, sakit dibagian perut dan pinggang.

Bagaimana Mencegah ISK ?

Karena ISK dapat terjadi berulang dan rentang terjadi pada wanita apalagi yang sedang hami makanya harus dicegah, dengan cara :

  • Minum air putih lebih dari 2 – 3 liter per hari, karena air putih dapat melunturkan bakteri melalui urin
  • Menjaga kebersihan organ intim, bagi wanita organ intim memiliki 3 fungsi yaitu tempat keluarnya darah menstruasi, sebagai organ seksual dan sebagai organ reproduksi alias jalan lahir bayi. Terdapat kuman baik dan kuman jahat yang menyebabkan terjadinya keputihan. Jika sudah berwarna, berbau dan jumlahnya banyak maka bisa jadi terjadi infeksi. Penggunaan sabun khusus bisa mejadi solusi namun harus dipastikan bahwa Ph Balance.
  • Hindari menahan buang air kecil, karena urin yang terlalu lama dalam kantong kemih dapat menyebabkan bakteri berkembang biak dan mengakibatkan infeksi.
  • Bersihkan atau basuh dari depan ke belakang setelah buang air kecil, pastikan air sebagai pembasuh bersih, jika ragu saat di toilet umum bisa menyedakan sendiri air bersih untuk membasuh, lalu lap hingga kering dan bersih, jangan sampai ada sisa tisu yang menempel.
  • Gunakan pakaian dalam berbahan katun supaya lebih nyaman dan tidak gampang berkeringat atau lembab. kalau bisa juga lap yang digunakan untuk mengeringkan juga terbuat dari kain katun.
  • Mengkonsumsi buah cranberry sebagai sumber vitamin c dan antioksidan yang dapat menghabat tumbuhnya bakteri dalam tubuh.

Khasiat Buah Cranberry

diambil dari wikipedia.org

Cranberry (Vaccinium oxycoccos) adalah tanaman jenis berry yang termasuk tanaman semak atau tanaman yang biasanya tumbuh liar dalam air.  Bentuknya mirip dengan blueberry namun warnanya merah. Mengandung 80% air dan 10% karbohidrat. Bahan aktif dalam cranberry dapat menghambat berkembangnya bakteri E. Coli di saluran kemih. Cranberry juga memiliki sifat anti-adhesi bakteri sehingga mencegah bakteri menempel di dinding kantong kemih.

Keuntungan utama produk pengobatan menggunakan Cranberry dibandingankan antibiotik kimiawi adalah tidak menimbulkan resistensi pada antibiotik, sehingga aman. Manfaat lainnya, cranberry dapat menjaga kesehatan jantung, kadar gula darah, pencernaan, dan sebagai antioksidan.

Mengenal Prive Uri-cran

Uri Cran merupakan produk dari perusahaan obat Combiphar berupa ekstrak buah Cran Berry yang berguna untuk mencegah dan mengatasi anyang-anyangan serta menjada kesehatan saluran kemih. Karena terbuat dari ekstrak buah makanya obat ini masuk dalam kategori herbal yang aman di konsumsi kapanpun dan dimanapun. Kandungan buah Cran Berry yang tinggi akan vitamin C berguna sebagai antioksidan yang mampu mencegah perkembangan bakteri. Sehingga bakteri tidak menempel ke saluran kemih dan mencegah infeksi yang diakibatkan bakteri.

Kebetulan aku mendapat resep Uri Cran dari dokter kandungan yang berbentuk tablet yang diminum sehari sekali dengan dosis 250 mg. Boleh juga sehari 2 tablet kalo saat itu aku merasa anyang-anyangan parah. Sampai saat ini aku minum 2 tablet cuma sekali dimana aku merasa anyang-anyangan parah karena jalan keluar rumah, selebihnya sesuai anjuran yaitu sehari 1 tablet saat anyang-anyangan menyerang. Namun Uri Cran juga memiliki sediaan yang lain berupa bubuk dengan komposisi : 375 mg Ekstrak Cranberry, 60 mg Vit C, 0.1 mg Lactobacillus Achidopillus, 0.1 mg Bifidobacterium bifidum. Ini lebih enak diminumnya karena memiliki rasa yang asam, manis dan segar cocok untuk ibu hamil yang seringkali merasakan mual. Bisa diseduh dengan air hangat namun paling enak dengan air dingin untuk lebih merasakan kesegarannya. Kapan lagi kan minum obat tapi rasanya enak.

 

Karena acara berlangsung saat bulan Ramadhan makan setelah talkshow dari Dokter Boy maka dilanjutkan dengan tausiyah yang temanya senada dengan acara tersebut yaitu pentingnya menjaga kebersihan badan, perintah untuk selalu menjaga kebersihan dan kesucian yang kemudian dibuat perumpamaan bahwa Kebersihan Sebagaian Dari Iman itu bukan main-main, mau hadas besar maupun kecil harus disucikan agar ibadahnya bisa diterima dengan baik.

Lalu saat adzan maghrib maka saat buka bersama, banyak sekali pilihan makanan yang disediakan saat acara, tak lupa terdapat Prive Uri-Cran yang berbentuk serbuk yang sudah diseduh sehingga bisa dicoba oleh para blogger yang datang. Aku cukup senang bisa merasakan uricran lagi setelah sekian lama, rasanya memang segar sekali pas dibuat buka puasa. Mungkin nanti persiapan pas mudik kali ya biar gak anyang-anyangan lagi, hehehe.

Nah diakhir acara ternyata terdapat undian doorprize yang hadiahnya berupa voucher belanja, sunggu Combiphar melalui tim Prive Uri-Cran benar-benar memabawa berkah Ramadhan, sudah dikasih ilmu, dijamu berbuka puasa eh ada doorprize juga. Dan ada juga hadiah bagi peserta yang upload foto di media sosial instagram, sungguh menjadi acara yang menyenangkan.

Yuk jaga kesehatan saluran kemihmu, Uri-cran datang, anyang-anyangan hilang !

Semoga bermanfaat,

Wassalamualaikum.

Let's write your opinion

%d bloggers like this: