Review

Purebaby Laundry Liquid : Sabun Cuci Baju Untuk Si Kulit Sensitif Nurani

June 7, 2018

Assalamualaikum, apa kabar ?

Kulit Nurani tuh sensitiiiiiiiiiiifffff banget, aku nulisnya panjang soalnya emang segitu sensitifnya kulit anakku. Gampang banget muncul ruam hingga bintik merah atau beruntusan di tubuhnya, terutama area wajah, leher, dada dan tangan. Kadang aku sampai gak ngerti gimana kok bisa begini. Masalahnya berdasarkan tes alergi, alhamdulillah sih Nurani gak ada alergi apa-apa, soalnya aku sama suami juga gak punya riwayat alergi. Aku makan udang, dia biasa aja, aku minum susu coklat, dia juga baik-baik aja. Tapi kalau udah dimandiin pakai sabun atau hobi “usek-usek” alias menggeliat gak jelas di sprei, bajunya, gorden dan lainnya merajalela. Udah deh muncul si merah-merah itu.

Sebenarnya aku bukan mommy rempong yang sangat pemilih dengan baby stuff, semenjak awal membeli perlengkapan bayi dulu sering tutup kuping sama sales sabun mandi dan sabun detergen bayi tentang pentingnya menjaga kulit bayi yang sensitif. Namun saat Nurani lahir lalu dimandikan dengan sabun mandi bayi yang sudah kubeli, ternyata gak cocok. Beruntusan merajalela terutama di area wajah. Sewaktu kontrol pertama, dokter sudah mengatakan kalau kulit Nurani masuk ke golongan sensitif. Dokter Yu juga ngomong gitu pas aku ajak Nurani kontrol pasca melahirkan. Untuk itu aku tidak diperkenankan menggunakan sabun mandi, toh kata dokter masih bayi belum terlalu banyak main-main kotor. Dokter pun memberikan resep pelembab untuk kulit sensitif ke Nurani.

Lalu dibulan-bulan berikutnya aku mulai gerah dengan keadaan yang ada, aku pengen Nurani juga pakai sabun mandi, soalnya tingkahnya sudah mualai banyak sehingga gampang berkeringat,  jadi kalau mandi tanpa sabun rasanya gimana gitu, seperti ada yang kurang. Makanya aku pun mencoba beberapa merek sabun. Nah sewaku belanja bulanan di AEON JGC, aku membeli sabun mandi Purebaby Wash, gak disangka-sangka eh cocok. Aku lihat beberapa hari perkembangannya alhamdulillah reaksinya baik-baik saja, 2 minggu berjalan dengan baik sampai aku pun tertarik juga dengan varian produk Purebaby lainnya yaitu Purebaby Laundry Liquid.

Mengenal Purebaby Laundry Liquid

Diambil dari website resminya www.purebaby.co.id,  Purebaby Laundry Liquid merupakan cairan pembersih pakaian bayi dengan formulasi bebas deterjen SLS alias (Sodium Lauryl Sulfate) sehingga tidak ada residu detergen yang memicu timbulnya iritasi kulit pada anak. Mampu Membersihkan dan mengangkat kotoran pada pakaian bayi dengan kandungan bahan mild. Dilengkapi dengan ekstrak Aloe Vera untuk melembutkan serta  Anti Bacterial dan Anti Fungi. Purebaby Laundry Liquid tersedia dalam kemasan 900 ml, 700 ml, dan 450 ml.

Ingredient

Purified Water, Alkyl Polygycoside 5%, Polyetilen Glycol, Acrylate Polimer, Sodium Hydroxide, Aloe Vera, Disodium EDTA, Fragrance, N-Alkylaminopropyl Glycine.

Bisa dilihat bahwa formula produk ini tanpa SLS meskipun sebagai pembersih pakaian. Cara bedain detergen yang masih memiliki kandungan SLS dan tidak sih gampang yaitu dari teksturnya yang lebih cair dan tidak berbusa.

Adanya (Alkyl Polygycoside), dengan bahan dasar alami yaitu dari minyak kelapa dan gula jagung inilah penggangti SLS yang berfungsi sebagai surfaktan atau agen pembersih noda pakaian sekaligus anti bakteri alami. Selain itu terdapat aloevera yang memang sudah terkenal berguna untuk melembutkan, termasuk melembutkan pakaian setelah dicuci menggunakan Purebaby Laundry Liquid.

 Purebaby Laundry Liquid Untuk Kulit Bayi Sensitif

Lalu seperti yang sudah tertulis di kemasan Purebaby Laundry Liquid, bahwa produk ini sudah Dermatologist Approved, artinya sudah teruji klinis oleh dermatologis atau dokter kulit. Adapula Hypoallergic yang maksudnya terbuat dari bahan-bahan yang tidak memicu alergi. Inilah yang membedakan Purebaby dengan merek lain yang belum tentu konsen dengan sensitifitas kulit anak. Kalau kulit anaknya aman-aman aja dipakaikan detergen biasa ya bersykurlah, tapi kalau seperti Nurani yang gampang banget beruntusan mendadak ya kudu mengandalkan Purebaby, baik itu sabun mandinya maupun sabun cuci pakaiannya.

Selain itu seperti yang tertulis di ingrediennya bahwa produk ini mengandung N-Alkylaminopropyl Glycine sebagai anti Mikroba (anti jamur dan anti bekteri) sehingga baju yang tidak kering sempurna tidak mudah bau apek dan berjamur, ini bisa mencegah iritasi akibat jamur atau bakteri yang akan menyerang kulit bayi. Kandungan ini merupakan desinfektan yang aman.

Pengalamanku menggunakan Purebaby Laundry Liquid

Jadi seperti yang kuceritakan, karena aku gerah dengan keadaan kulit Nurani yang gak bisa kena sabun aku mulai mencoba berbagai merek, sampai aku coba Purebaby Wash beli di AEON, 2 minggu terlihat hasil yang bagus aku pakai juga sabun cuci bajunya, soalnya sebelumnya aku pakai Sleek dan pas mau repurchase kok susah, di AEON sama Lulu yang deket rumah gak ada, jadi biar sama semua aku ganti ke Purebaby aja. Dan aku baru ngeh, kalau di Hermina tempat Nurani imunisasi ada stand Purebaby. Duh aku kemana aja yak selama ini gak sadar sama brand ini.

So far, aku suka produk ini, karena beberapa hal :

1. Wanginya, aku suka dengan aroma sabun ini yang begitu soft. Gak wangi-wangi banget sih tapi awet beda sama merk yang aku pake sebelumnya, wangi banget pas nyuci tapi hilang sedikit demi sedikit.

2. Hasil Cucian Lembut, enaknya waktu kering pakaian anak jadinya gak kering kasar gitu, tapi lembut kayak dikasih softener, mungkin kandungan Aloe Vera nya itu yang membuat Purebaby Laundry Liquid ini hasilnya lembut.

3. Hemat Air, ini karena busanya sama sekali gak ada, aku sih tipikal orang kalau pakai sabun emang gak suka yang banyak busa-busanya, karena semenjak konsen sama ingridient skincare dan bodycare semenjak hamil emang kurang bagus walau gak menghindari sama sekali sih. Nah karena Purebaby Laundry Liquid gak ada busanya jadi hemat air untuk bilas. Jadi ramah lingkungan juga sih karena residu detergennya sedikit atau mungkin gak ada.

4. Cocok dengan Kulit Nurani yang Sensitif, ini yang paling jadi konsenku saat memakai Purebaby Laundry Liquid, ya karena Dermatologist Approved dan cocok sama Nurani. Makanya aku juga pakai untuk mencuci sprei, baju dasterku yang biasanya dipakai tidur sama Nurani, Nursing Cover dan beberapa pakaian lain yang kemungkinan bersentuhan sama Nurani. Untungnya harganya masih worth to buy,  untuk yang aku pakai 900 ml itu sekitar 50 ribuan, tapi seringnya promo sih kalau beli online atau pas di Hermina, hehehe.

Well, itu aja sih sharing kali ini, semoga berguna ya. Selamat mencoba ^_^

Wassalamualaikum

 

 

 

 

 

 

    1. Aamiin… aku sedih kalau beruntusannya banyak gitu, hiks. Makanya aku kudu siasatin bajuku, spreinya juga dicuci pakai sabun non SLS, takutnya juga jadi pemicu.

  1. Kulit bayi itu emang rentan banget bruntusan ya.. Dulu Raya kl panas, keringetan langsung deh bruntus, dan emang sabun cuci baju bayi harusnya emang beda sama detergen dewasa. Semoga nurani cepet kuat & ngga sensitif lagi kulitnya 😀

Let's write your opinion

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: