Blogging | Self Reflection

Cara Mengembalikan Semangat Menulis Blog ala Mirna

March 21, 2019

Assalamualaikum. Bagiku menulis blog itu seperti self healing dimana semua uneg-uneg yang ada di dalam hati keluar. Namun belakangan aku suka insecure kalau mau nulis blog, aku merasa tulisan yang akan ku share sebenarnya sudah ada jadi setiap mau posting rasanya seperti gak penting dan mending aku simpan sendiri. Karena kesibukan dan pemikiran yang seperti itu, lama-lama jadinya kebawa males deh update blog.  Tapi sekarang aku mau mengembalikan semangat menulis blog lagi. Aku gak mau blogku jadi url unfaedah penuh debu hehehe.

Seperti kehidupan yang pasang surut, semangat menulis blog pun kadang suka mengendur, kalau gak disiasati yang makin gak bergairah buat nulis lagi. Sebenernya ada banyak faktor yang bikin aku jadi males nulis. Apalagi kalau bukan (sok) sibuk, hehehe. Makanya aku salut sama para working mom blogger yang produktif banget, salah satunya seperti Mba Sandra di blognya www.mykidneybean.com

Jadi kalau biasanya aku masih bisa meluangkan waktu buat nulis blog di kantor pas jam istirahat atau pas malem disaat anak udah tidur, ini udah gak bisa sama sekali. Secara, Maret itu closing fiscal year dimana aktivitas kantor jadi sibuk, belum lagi persiapanku menjelang berangkat traveling jauh bareng keluarga besar, dan Nurani juga sempat sakit kena bakteri. So, let’s say good bye with blog !

But now, i will comeback !!! Miris banget ngeliatin PV yang turun atau lebih tepatnya terjun bebas, makanya pas heboh DA PA blog turun, apa kabar aku yang emang udah jarang update blog ? Makanya untuk kembali pun aku butuh effort biar semangatnya bener-bener membara untuk nulis blog lagi. Well, aku punya beberapa tips buat mengembalikan semangat nulis blog yang mulai padam. Apa aja itu ?

Tulis Ide Apapun Itu

Mungkin aku pernah nyentil masalah ini pas dulu aku gak posting sama sekali dalam sebulan. Yup tulis lagi ide-ide yang sedang dipikirkan. Karena aku sempat insecure dengan diriku sendiri yang ngerasa tulisanku sudah banyak yang bahas juga, jadi aku bener-bener gali lagi tentang pemikiranku, apa yang aku rasakan, dan sudut pandang apa yang mungkin berbeda atau lebih orang butuhkan. Tapi Kalau kata suamiku, baiknya tulis aja semua ide. Meski keliahatan sama tapi kan tiap Blog itu pasti berbeda, Blog itu unik sesuai dengan yang punya atau karakter blogger itu. Makanya tulis semua ide gak usah dibatasi. Thanks nasehatnya ayah Nurani !

Baca Blog List

Sebagai blogger, tentu kita juga memiliki teman blogger lain yang blog nya patut dibaca. Biasanya beberapa memang sudah kita follow kan, baik itu wordpress maupun blogspot pasti ada fitur follow atau subscribe. Nah, sudah tentu juga list tersebut adalah pilihan yang kita suka dengan begitu kita pun enjoy membacanya. Kenapa baca blog mereka ? Biar kita juga update bahasan yang lagi happening itu apa. Dan setidaknya bisa memicu diri kita untuk nulis juga. Kayak gini, “Hai mir mereka udah nulis banyak loh, tulisanmu mana ?” Jadi muncul pertanyaan gitu ke diriku, aku pun jadi semangat lagi deh nulis blog.

Hunting Lomba Blog

Dengan ikut lomba, kita jadi lebih tahu bakalan nulis apa. Secara lomba blog kan sudah dijembrengin tema yang harus dibahas. Nah ini sangat membantu kalau udah semangat nulis tapi bingung nulis darimana atau tentang apa. Lalu, siapa sih yang gak kepingin dapet hadiah ? Makanya ikutan lomba blog bikin semangat nulis mungkin bisa naik 2 kali lipat, soalnya ada tujuannya yaitu jadi pemenang. Tapi ya intinya memotivasi dan memudahkan kita saat tak tau arah mau nulis blog buat apa.

Ikut Blogger Gathering

Bertemu langsung dengan blogger-blogger lain membuat euforia nulis blog pun lebih terasa. Karena apa ? Kalo ketemu pasti setelah saling bertanya kabar tentu bahasannya tentang konten blog dan segala hal yang baru terjadi di dunia per blogger an. Dengan begitu semangatnya jadi tertular sempurna menurutku. Jadi memang ikut event itu selain mempererat tali silaturahmi juga menyemangati diri. Makanya buat yang belum gabung komunitas blog alangkah baiknya segera bergabung agar ikut rajin nulisnya. Banyak kok komunitas blogger saat ini yang bisa diikuti. Beberapa sudah ada di bannerku sebelah kanan, hehehe.

Daftar atau Ambil Job Paid Posting

Nah, kalau udah ikutan komunitas blog biasanya sering diajak kerjasama dengan brand tertentu. Biasanya mereka membuka pendaftaran atau langsung menghubungi blogger yang bersangkutan. Dengan begitu mau gak mau kita harus menulis soalnya kan sudah berhubungan dengan pekerjaan, jangan sampai klien yang dalam hal ini brand atau komunitas blogger itu kecewa dengan kita. Enak kan nulis lagi dapet duit pula ! Tapi tetep kualitas konten dan dateline harus jadi pertimbangan ya jangan sampai agar dapet uang tapi nulisnya semabarangan, no no no !

Cari Tempat Baru Buat Nge Blog

Well, kebetulan pas nulis ini aku lagi ada di Starbuck AEON JGC. Awalnya aku gak kepikiran bakal ngopi dulu karena niat awalnya kesini cuma mau beli popok Nurani yang habis. Terus keinget aku punya kartu Starbuck dari Jenius waktu event lalu, yauda aku pake deh dan yauda lanjut duduk dan nulis ini.

Mungkin tempat menulisku itu sudah terlalu membosankan yang bikin aku gak produktif. Secara nulis di kantor itu gak enak kan apalagi pas atasan lewat dikira aku gak fokus bekerja. Terus tempatku nulis di rumah itu ya di kamar soalnya meja kerjaku ditaruh di kamar, baru aja dipindah keluar biar kalo lagi kerja beneran fokus gitu gak tergoda leyeh-leyeh dulu yang seringnya malah ketiduran , hehehe.

Jadi cari tempat nulis baru bisa menjadi alternatif untuk melancarkan ide dan tentunya bikin mood lebih baik.

Okey, mungkin itu dulu tips dari aku yang merupakan blogger angin-anginnya yang semoga semangat nulisnya saat ini gak ketiup angin #apasihmir.

Semoga bermanfaat ya ! Semangat Menulis !

Wassalamualaikum.

Let's write your opinion

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: