Kesehatan | Parenting

Perawatan Kulit Kering dan Sensitif si Kecil Pakai Aveeno Baby Gentle Moisturizing Daily Care Set

June 19, 2019

Hai everyone! Kulit si kecil Nurani memang sering bermasalah karena kering dan sensitif. Makanya aku tidak terlalu kaget kalo kulitnya jadi super kering, bersisik dan pecah-pecah setelah diajak umroh. Untungnya aku dapet kiriman paket Aveeno Baby untuk dicoba ke Nurani. Ada Aveeno Baby Daily Moisture Wash and Shampoo dan Aveeno Baby Daily Moisture Lotion yang merupakan Aveeno Baby Gentle Moisturizing Daily Care Set.

Mengenal Aveeno Baby

Aveeno merupakan brand toiletries yang mengembangkan produk perawatan kulit dari bahan alami untuk melembabkan dan menyehatkan kulit. Aveeno menjamin formula produknya teruji secara klinis dan dikemas sesuai standar terbaik. Aveeno Baby sendiri merupakan varian produk yang fokus pada perawatan kulit bayi dan anak-anak, dan merupakan salah satu dari group Johnson and Johnson sehingga tidak perlu diragukan kualitasnya untuk si kecil.

Manfaat Oats Bagi Kulit

Aveeno Baby diproduksi dengan memilih bahan baku utama Active Natural Oats, hal ini berdasarkan peneliatian bahwa oats memiliki banyak manfaat bagi kulit terutama yang memiliki kulit kering dan sensitif, seperti :

1. Membuat Kulit Tetap Lembab

Bagimu yang memiliki kulit kering, oats merupakan kandungan yang paling ampuh mengatasinya. Sari pati dalam oats dapat menarik air ke lapisan teratas kulit dan membentuk lapisan penghalang atau pelindung yang membantu menjaga tingkat kelembaban kulit lebih sehat. Kulit yang kasar dan bersisik bisa lebih halus ketika kita menggunakan produk yang memiliki kandungan oats.

2. Memberikan Manfaat Antioksidan

Oat mengandung polifenol yang disebut avenanthramides yang memiliki manfaat antioksidan alami dan anti-inflamasi.Terdapat penelitian yang menunjukkan bahwa lotion yang mengandung oats secara signifikan memperbaiki kulit kering. Beberapa dari polifenol itu bahkan bisa memberikan sedikit perlindungan UV untuk menjaga kulit tetap sehat dan awet muda.

3. Membantu Menghilangkan Rasa Gatal

Ketika kondisi kulit terlalu kering tak jarang muncul rasa gata. Oats yang memiliki avenanthramide yang disebutkan di atas dapat membantu mengurangi rasa gatal dan tidak nyaman akibat kulit kering.

4. Mengurangi Iritasi dan Kemerahan

Manfaat lain dari avenanthramides yang terdapat pada oats dapat membantu mengurangi iritasi. Nah jika ada lotion atau balsem penghilang gigitan serangga, cari yang ada kandungan oats nya karena bisa mengurangi iritasi yang ditimbulkan. Setelah peradangan dan iritasi keluar dari biasanya kemerahan akan membaik

5. Membersihkan Kulit dengan Baik

Saponin yang terkandung dalam gandum dapat membantu membersihkan pori-pori di dalam kulit. Untuk itu sabun yang memiliki kandungan oats memiliki manfaat yang baik terutama bagi yang memiliki jerawat karena lebih membersihkan dengan baik.

Merawat Kulit si Kecil dengan Aveeno Baby

Paket Aveeno Baby yang aku coba merupakan Gentle Moisturizing Daily Set. Produk dalam set ini merupakan langkah awal untuk melindungi kulit si kecil supaya tidak kering yang bisa menyebabkan iritasi dengan klaim yang bisa dipakai setiap hari. Ada juga sih set lain seperti Shooting Relief, Calming Comfort, Protecting, dan Eczema. Terhitung sejak awal Mei 2019 aku pakai produk Aveeno Baby untuk Nurani, so aku pengen share review tentang produk ini.

Aveeno Baby Daily Moisture Wash and Shampoo

Klaim

Help keep baby’s skin and hair healthy with this daily baby care set. The AVEENO® Baby Wash & Shampoo is allergy-tested with a rich lather that rinses clean, leaving a soft, fresh fragrance.

Jadi kita bisa menjaga kesehatan kulit dan rambut bayi dengan rangkaian perawatan bayi hariandari AVEENO® Baby Wash & Shampoo yang sudah lulus uji alergi dengan busa yang melimpah, bersih, serta meninggalkan aroma lembut dan segar.

Kemasan

Bentuknya botolnya bulat tapi melebar pipih sehingga enak digenggam, dilengkapi dengan tutup flip samping yang menurutku ide yang bagus banget karena bisa lebih aman, gak gampang tumpah, dan nyaman kalo dimasukkan ke dalam tas, berbeda dengan produk sabun bayi yang biasanya menggunakan pump. Terdapat informasi produk yang jelas pada bagian belakang botol.

Kandungan

Menurut websitenya bahan aktif set ini adalah Natural Collodial Oatmeal dan dipastikan untuh Aveeno Baby Wash and Shampoo ini tear-free, phathalate-free and paraben-free. Berikut kandungan lebih lengkapnya :

Water, Cocamidopropyl Betaine, Sodium Lauroamphoacetate, Glycerin, Coco-Glucoside, Sodium Chloride, Citric Acid, Acrylates/C10-30 Alkyl Acrylate Crosspolymer, Sodium Benzoate, Glyceryl Oleate, Sodium Hydroxide, Fragrance, Polyquaternium-10, Guar Hydroxypropyltrimonium Chloride, Butylene Glycol, Avena Sativa (Oat) Kernel Extract.

Tekstur dan Wangi

Tekturnya kental tapi ringan pas awal-awal tapi makin kesini menurutku jadi lebih kental lagi, mungkin setelah kena udara teksturnya berubah lebih padat, aku sih nyimpennya di kamar mandi jadi kurang tahu kalau di tempat lain. Tapi enak sih cuma sekali pencet, kira2 sebiji kopi bisa buat seluruh badan dan rambut. Kalo mau sambil main-main bisa ditaruh di bak mandi dan bikin busanya karena busanya banyak tapi aman gak bikin perih mata. Baru setelah itu bilas pakai air bersih.

Wanginya super sooooofftt… iya selembut itu. Wangi sih wangi, ada wanginya tapi lembut, walaupun pakainya banyak juga sama sih lembut banget gak teralu menyengat. Aku suka sih wanginya calming. Cuma yang terbiasa dengan wangi harum banget mungkin Aveeno Baby wash and shampoo tidak bisa seperti itu

Pengalaman dan penilaianku pada Aveeno Baby Daily Moisture Wash and Shampoo

So far so good, tidak ada reaksi tertentu di kulit si kecil, untuk kelembapan setelah pemakaian pun aku bisa kasih nilai 6.5 dari 10. Entah ini karena kulit Nurani yang super kering atau gimana jadi cuma lembut aja pas dipakai sih. Terus gak keluar merah-merah seperti akibat ketidak cocokan jadi masih aman dipakai Nurani. Aveeno Baby Wash and Shampoo ini juga bisa melembutkan rambut ketika dipakai keramas. Lalu wanginya terlalu lebut jadi hilang ketika badan sudah kering, lagipula ini non fragrance sih lebih aman juga kan ya. Overall Nurani cocok memakai Aveeno Baby Daily Moisture Wash and Shampoo walaupun aku berekspetasi bisa melembabkan pasca pemakaian. Tapi gak usah sedih sih karena ada Aveeno Baby Lotion yang bisa membantu.

Aveeno Baby Daily Moisture Lotion

Klaim

AVEENO® Baby Daily Moisture Lotion blends natural Colloidal Oatmeal with rich emollients to nourish and protect baby’s delicate skin. Helps prevent and temporarily protects chafed, chapped or cracked skin.

Aveeno Baby Daily Moisture Lotion ini terbuat dari Natural Collodial Oatmeal yang kaya emolien untuk memberi nutrisi dan melindungi kulit bayi dengan lembut. Membantu mencegah dan melindungi kulit lecet dan pecah-pecah.

Kemasan

Dikemas dalam tube yang ada tutup dan pelindung di dalamnya, jadi ketika dipakai pertama kali harus dibuka dulu pelindung tersebut. Menurutku tidak ada yang spesial di kemasan. Sama dengan lotion bayi pada umumnya. Cuma memang warnanya putih dan biru memberi kesan “anak-anak” banget.

Kandungan

Memiliki kandungan Dimethicone 1.2% (skin protectant) dan Natural Collodial Oatmeal. Sama seperti Aveeno Baby Wash, Lotion ini hypoallergenic, fragrance- free and alcohol-free.

Water, glycerine, distearyldimonium chloride, petrolatum, isopropyl palmitate, cetyl alcohol, avena sativa (oat) kernel flour, benzyl alcohol, allantoin, sodium chloride.

Tekstur dan Wangi

Teksturnya padat kental namun lembut ketika diusap, mudah meresap ke kulit dan tidak meninggalakan bekas putih. Kesan lembut dan lembab langsung terasa sejak awal pemakaian, mungkin karena ada Glyceryn yang juga bisa bikin kulit lembab.

Wangi, tetap ada aromanya walaupun soft tapi menurutku lebih wangi daripada Aveeno Baby Wash and Shampoo yang ketika kering tidak meninggalkan wangi apapun. Meski non fragrance tapi aroma oats enak juga untuk bayi.

Pengalaman dan penilaianku pada Aveeno Baby Daily Moisture Lotion

Suka, suka, dan suka. Lebay ya ? Tapi emang bagus sih dan langsung suka sama awal pemakaian, jujur yang pakai duluan itu aku hahaha.

Ceritanya aku mau test, di aku bagus gak ya walaupun tetep sih kulit anak dan orang dewasa itu berbeda. Soalnya gini, Nurani pernah dikasih pelembab yang ternyata malah bikin kulitnya jamuran. Jadi Nurani habis main di playground yang ada di Mall untuk pertama kalinya. Pulang-pulang eh muncul ruam di punggung, awalnya sedikit tapi makin hari makin menyebar. Karena kasihan lihatnya, aku bawa ke dokter anak di klinik deket rumah, soalnya lagi males antri lama di RS Hermina. Sayangnya bukannya sembuh eh malah tambah banyak. Jadi dokternya ngasih pelembab kulit sensitif yang kurang cocok ke Nurani. Kata dokter anak langganan di RS Hemina, yang ada malah tumbuh banyak jamur, begitu. Jadilah ini Aveeno Moiture Lotion aku test dulu.

Nah awal pemakaian, aku oles tipis-tipis di sekitar punggung ke bawah dan telapat kaki. Karena kedua spot tersebut yang bermasalah pecah-pecah dan bersisik. Hasilnya sama langsung lembut dan lembab. Aku apply tiap sehabis mandi dan sebelum tidur. Dan hasilnya bagus banget di kulit Nurani. Kulitnya jadi halus dan sehat, karena tadi ngasih kesan lembab dan karena masih bayi, kalo di Nurani bisa kelihatan kenyal gitu kulitnya. Lotion ini akhirnya dipakai juga sama aku dan uyut yang merasakan kulit kering pasca umroh. Untuk wanginya juga enak di badan. Aku bisa rekomendasiin 8.5 dari 10.

Well, kedua produk ini memang dikirimkan ke aku tapi aku benar-benar menjelaskannya berdasarkan yang aku alami ya.. Info lebih lengkap bisa cari tahu di @Aveeno_id dan untuk membeli bisa langsung cek di  akun https://www.tokopedia.com/johnsonnjohnson   mumpung lagi banyak promo dan ada blunding sama Aveeno untuk ibunya hehehehe.

Semoga reviewnya bisa membantu, terutama yang memiliki anak dengan kulit kering dan sensitif

Bye.

 

  1. Kirain oat itu cuma enak dimakan dan banyak zat gizinya, ternyata juga punya banyak manfaat buat kulit. Jadi pengen cobain juga biar kulit ga kering di musim kemarau gini. Buat dewasa bisa ga ya?

  2. Wah, ternyata produk baby juga ada yang pakek oats ya. AKu selama ini ya kadang pakek buat scrub. Karena selain butirannya yang gak terlalu kasar, efek setelahnya emang lembut banget, cocok buat kulit mukakku yang sensitif. Produk bayi semakin macam-macam saja. Semakin bagus juga kandungannya dan tentu saja semakin aman ya, Mbak. Tambah tenang Emak-emaknya.

    1. Selama ini saya tahunya kalau oats itu enak dimakan. Tapi, kandungannya ternyata bagus juga untuk kulit.

      Waah Aveeno ini produknya Johnson juga ya? Kalau begitu, biasanya kualitas produknya tidak perlu diragukan lagi.

  3. Baru gneh produknya Johnsons. Produk produk bayi memang ngegemesin, aku masih suka pakai produk bayi loh, pakai lotionnya. Jadi sekarang kulit Nurani sudah gak kering dan makin seger ya Nak

  4. Khasiat oats beneran bikin kulit terasa lembut ya. Emang sih kalau produk baby harus dites dulu kira-kira reaksinya di badan kayak gimana. Takutnya kan ntar malah memicu alergi atau jamur seperti baby Nurani kan ya.

  5. Oats ternyata gak cuma bermanfaat buat kesehatan aja ya akalu dimakan, tapi untuk bahan pembuat perawatan kulit berguna juga untik kelembaban kulit.
    Aveeno baby lengkap juga ya produk perawatannya buat bayi.

  6. Kalo produk dari Johnsons jelas jaminannya nomer satu ya, sejak jaman anak-anak baby pun pakai produk ini. Duhh jadi membayarngkan aroma Aveeno kalo diaplikasikan di kulit baby, harumnya alami yaa

    1. Baru tahu bahan oat bagus untuk merawat kulit bayi. No fragrance pula. Saya nggak suka produk bayi yang terlalu wangi soalnya. Bau bayinya bisa tersamarkan. Selain untuk bayi bisa untuk dewasa pula. Enak nih. Paket irit hehe.

  7. Idem nih sama Mba Travlingku.
    Biasanya, tahu oat untuk menu sarapan karena tinggi serat.
    Ternyata eh ternyata bisa juga jadi bahan produk perawatan bayi ya.

    Kalau produk JohnsonnJohnson mah, Insya Allah, sudah bisa diandalkan ya, mba
    Pemain lama dan memang spesialis di bisnis ini!

  8. Nah aku baru baca dan dengar brand ini
    Mau cobain ah nanti buat dedeknya Salfa kalau sudah lahir selamat

  9. pernah lihat sekilas produk ini di drugstore, ternyata sebagus itu ya buat perawatan kulit bayi dan jujur baru tahu kalau kandungan oat bagus buat kulit.

  10. Halo Nurani, giginya bagus rapi banget deh. Seneng ya mandi pakai Aveeno Baby apalagi klo cocok di kulit. Btw, klo sabunnya wangi gitu Nurani bakalan ogah selesai gak Mak ?

Let's write your opinion

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: