Beauty Review

Review Pemakaian Bio Oil Gel Kulit Kering

October 31, 2019

Andai aku bisa memiliki kulit yang benar-benar sehat, ideal, dan tanpa cela pasti rasanya nyaman dan menyenangkan. Tapi tak ada yang sempurna sih di dunia ini, semua pasti punya kekurangan termasuk dengan kondisi kulit, yang perlu dilakukan ya merawatnya. Yup, merawat kulit kering yang senantiasa membuatku gatal, pecah-pecah dan kusam. So, aku berusaha menjaga hidrasi tubuhku agar tidak kekurangan cairan tubuh dan menggunakan produk skincare yang tepat untuk perawatan kulit kering.

 

Penyebab Kulit Kering

Sebenarnya faktor penyebab kulit kering itu beragam, bisa dari dalam tubuh namun lebih banyak dari luar. Hal ini karena kulit sebenarnya sudah memiliki lapisan minyak yang berasal dari hasil metabolisme untuk melembabkan kulit. Namun ada beragam faktor yang membuat kulit menjadi kering, antara lain :

 

Cara Merawat Kulit Kering

Supaya kulit tetap sehat dan tidak kering, langkah pertama dimulai dari dalam tubuh sendiri dengan menerapkan pola hidup sehat seperti makan makanan bergizi dan cukup minum air putih sekitar 2 liter atau setara 6-8 gelas per hari. Dengan begitu metabolisme akan berjalan dengan baik serta badan atau kulit dapat terhidrasi dengan baik.

Selain itu sebagai upaya pencegahan sekaligus perawatan terhadap faktor eksternal yang mampu menyembabkan kulit kering adalah tidak sering menggunakan sabun mandi dengan kadar anti bakterial tinggi, memilih bahan pakaian yang nyaman dengan kulit, dan menggunakan pelembab secara teratur setelah mandi agar kulit langsung terlindungi.

Baru-baru ini aku menemukan pelembab berbentuk gel yang nyaman digunakan untuk merawat kulit kering di sekitar siku, kaki, dan bibir yang kualami. Sudah 1 minggu lebih aku rutin memakai Bio Oil Gel Dry Skin atau Bio Oil Gel Kulit Kering yang secara resmi dirilis di Indonesia sejak September 2019 lalu.

Mengenal Bio Oil Gel Kulit Kering

Bio-Oil® Dry Skin Gel is a new way to treat dry skin. Traditional dry skin products such as creams, lotions and body butters are made primarily from water. Most of this water simply evaporates when coming into contact with your skin. It’s often what causes the cold sensation that you feel when applying these products. Bio-Oil® Dry Skin Gel is made from oil, so feels “warm” on application. In a user trial conducted on dry skin sufferers, the majority said it was better than anything they had used before for dry skin.

 

Setelah 30 tahun Brand Bio Oil sukses dengan produk tunggalnya berupa minyak Bio Oil yang terkenal untuk menghilangkan stretch mark, maka di tahun 2019 ini mereka merilis produk terbaru berupa Bio Oil Dry Skin atau Bio Oil Kulit Kering. Produk ini merupakan inovasi terbaru untuk produk perawatan kulit kering dimana formula gel tersebut oil-based berbeda dengan produk dipasaran yang water-based. Dengan inovasi ini, Bio Oil meyakini produknya lebih bisa menjaga kelembapan karena minyak dapat bertahan melindungi kulit daripada air yang mudah menguap.

Review Bio Oil Gel Kulit Kering

Klaim

Bio-Oil Dry Skin Gel is a revolutionary oil-based formula from the makers of the world’s best-selling Bio-Oil Skincare Oil.
Our breakthrough formula replenishes the skin’s barrier and deeply moisture. The unique gel-to-oil texture absorbs easily creating a protective film to resist moisture loss and restore the hydration within the skin.

 

Bener sih kalau Bio Oil Gel Kulit Kering bisa bekerja dengan baik untuk skin’s barrier. Untuk kelembapannya pun langsung terasa sejak awal dibaurkan. Gel yang memang berasal dari emollent itu lambat laun meleleh dan melembabkan. Mengingat bahwa minyak pula yang sebenarnya bekerja melembapkan kulit secara alami dari metabolisme. Jadi menurutku minyak dari dalam tubuh bertemu produk yang berasal dari minyak pula sehingga keduanya saling mengikat dan mempertahankan kelembapan kulit.

 

Kemasan

Produk ini dikemas dengan jar tanpa menggunakan box tambahan. Jar yang digunakan terbuat dari plastik berwarna putih dengan tambahan stiker mengenai informasi produk, cara pemakaian dan tanggal kadaluarsa. Sayangnya tidak terdapat keterangan mengenai komposisi produk yang menurutku itu penting. Karena sebagai skincare junkie, aku konsen pada kandungan produk yang aku pakai. Tapi saat untungnya sudah ada SkinCarisma dan CosDNA untuk cari tahu. Di official website Bio Oil juga ada sih informasi lebih detail produknya.

Terdapat 3 kemasan yang bisa dipilih sesuai kebutuhan yaitu 50 ml dengan harga 60-75 ribuan, 100 ml dengan harga 100-130 ribuan, dan 200 ml dengan harga 200-220 ribu. Ketiga ukuran dari Bio Oil Gel ini sudah tersedia di drug store terdekat seperti Guardian atau Watson dan di beberapa supermarket, tinggal cari mana yang lagi promo.

Komposisi

Paraffinum Liquidum, Isopropyl Palmitate, Triisononanoin, Cetearyl Ethylhexanoate, Glycerin, Butyrospermum Parkii Butter, Aqua, Isopropyl Myristate, Urea, Caprylic/Capric Triglyceride, Isostearyl Isostearate, C26-28 Alkyl Dimethicone, Sodium Lactate, Gluconolactone, Sodium PCA, Sodium Hyaluronate, Octyldodecyl PCA, Sucrose Laurate, Sucrose Stearate, Lactic Acid, Lanolin, Butylene Glycol, Dimethicone/Vinyl Dimethicone Crosspolymer, Bisabolol, Helianthus Annuus Seed Oil, Silica, Glycine Soja Oil, BHT, Retinyl Palmitate, Tocopheryl Acetate, Niacinamide, Linoleic Acid, Linolenic Acid,Tocopherol, Anthemis Nobilis Flower Oil, Calendula Officinalis Extract, Rosmarinus Officinalis Leaf Oil, Lavandula Angustifolia Oil, Parfum, Farnesol, Limonene, Linalool, CI 17200

Bio Oil Gel Kulit Kering memiliki komposisi air yang cukup rendah sekitar 3% secara keseluruhan namun memiliki kanudngan emollent yang cukup tinggi seperti shae butter dan humectants yaitu glycerine dan urea sangat tinggi. Terdapat beberapa kandungan lainnya yang berfungsi untuk menenangkan sekaligus melembabkan seperti vitamin B atau Niacinamide. Berdasarkan analisa di web SkinCarisma, berikut manfaat kandungan Bio Oil Gel :

Aroma dan Tekstur

Aroma Bio Oil Gel Kulit Kering ini hampir tidak ada, kalo boleh lebay ya super duper soft. Aromanya kemungkinan berasal dari Chamomile karena kesan saat dicium seperti wangi bunga dan daun. Tapi untuk untuk mengetahuinya beneran harus dicium atau dihirup baru kentara. Jadi meski Bio Oil Gel terbuat dari minyak namun aromanya tidak yang aneh-aneh tetap nyaman saat dipakai.

Secara tektur sudah ketahuan sih dari namanya yaitu gel yang menurutku memiliki fiskositas yang cukup kental dan berat. Dari warnanya yang merah muda namun ketika diaplikasikan menjadi transparan. Lama kelamaan jika didiamkan akan memutih dan meleleh sehingga mudah diblend. Tapi meski kesannya kental dan berat namun tetap mudah saat diambil.

Progress dan Kesimpulan Pemakaian Bio Oil Gel

Sebenarnya tidak ada panduan khusus saat menggunakan Bio Oil Gel Kulit Kering, mungkin lebih ke saran aja untuk dipakai sedikit demi sedikit. Hal ini karena ketika gel mulai meleleh maka rasanya begitu banyak. Menurutku ini gak bikin greasy cuma licin dan terlihat shiny aja. Ketika dicoba ditangan dan ditunggu 1-2 menit untuk terserap maka yang dirasakan adalah lembut dan lembab, kulit benar-benar terasa nyaman.

Produk ini bekerja dengan baik sejak awal pemakaian. Progres yang paling kentara di aku sebenarnya di siku. Kerutan dan warna gelap di siku perlahan membaik. Jujur, ini mengingatkanku saat aku menggunakan lotion merek Perancis yang harganya jauh lebih mahal, namun ternyata kinerja Bio Oil Gel ini sama baiknya dalam mengatasi kulit kering di daerah yang susah ditangani.

Karena aku berkerudung, aku tidak bisa memuat progres yang ada di siku. Aku menyertakan foto progres pemakaian Bio Oil Gel Kulit Kering yang diaplikasikan di bibir. Perubahannya cukup signifikan, Bio Oil Gel mampu melembabkan, memperbaiki kondisi kulit, dan mengembalikan warna bibir menjadi lebih cerah dan sehat. Aku pakai sehari 2 kali dan hasilnya memang terasa dengan baik. Dalam foto tersebut aku tidak memakai lipstik atau semacamnya, aku hanya menggunakan Bio Oil Gel dan itu sudah terlihat bagus.

Jadi kesimpulan menggunakan Bio Oil Gel Kulit Kering adalah :

Plus

– Nyaman digunakan setiap hari

– Bekerja dengan baik untuk Skin Barrier

– Tidak hanyak melembabkan tapi juga melembutkan dan memperbaiki kulit yang sudah rusak

– Untuk harga bagiku masih worth to buy mengingat pemakaiannya yang cukup sedikit saja dengan manfaat yang banyak

Minus

– Bentuk kemasan jar membuat produk ini kurang higienis, mungkin bisa ditambhkan kemasan box dan disertakan aplikator untuk mengambil produk supaya kebersihannya tetap terjaga.

Well, sekian review bio oil kulit kering atau kalau di luar negeri lebih dikenal bio oil dry skin skin dariku. Kalian bisa juga kepoin produk ini di instagram Bio Oil Indonesia @biooilidn Semoga bermanfaat dan dapat menjadi referensi buat kalian yang butuh pelembab yang bisa dipakai dari wajah hingga kaki. Well, aku juga membuat review di youtube supaya kalian lebih jelas lagi mengenal Bio Oil Kulit Kering ini. Let’s say #NoMoreDrySkin with #BioOilDrySkinGel !

Thank you

 

  1. Jadi bisa dipakai buat daerah tubuh yang kering ya. Kupikir buat wajah aja. Bio Oil karena udah lama 30 tahunan, gak khawatir ya sama komposisi dan lainnya

  2. Aih baru tau kalau bio oil ini ada yang teksturnya seperti ini mba. Setauku yang oil gitu. Nih kayaknya aku harus nyoba deh karena memang kulit aku kering banget mba. Ini harganya juga terjangkau

  3. Harganya berapaan, Mbak? Ini bisa untuk siku, berarti bisa untuk tumit yang pecah-pecah juga ya? Multi purpose gitu?

  4. Wah mbaak lengkap! Sukak! Asli sekarang ini kulit tumit itu kok terkelupas, kering sekali. Padahal sudah minum air 8 gelas plus vitamin. Jadi mau coba dah bio oil gel ini. Juga mau baget pakai di bibir.

  5. wah reviewnya lengkap sekali nih, jadi aku paham ada 3 kemasan yang bisa dipilih sesuai kebutuhan yaitu 50 ml dengan harga 60-75 ribuan, 100 ml dengan harga 100-130 ribuan, dan 200 ml dengan harga 200-220 ribu. Ketiga ukuran dari Bio Oil Gel ini sudah tersedia di drug store terdekat seperti Guardian atau Watson dan di beberapa supermarket, tinggal cari mana yang lagi promo.

    1. “Bio Oil Gel Kulit Kering bisa bekerja dengan baik untuk skin’s barrier. Untuk kelembapannya pun langsung terasa sejak awal dibaurkan”. Noted. Aku catat baik-baik ya Kak soalnya pas nih kulitku kering.

  6. Aku suka banget pake bio oil. tapi baru tahu kalau sekarang sudah ada yang model gel gini yaa..
    Lebih enak nih aplikasiin di bagian kulit2 kering kalau model gel.
    Aku banyak banget area keringnya di badan, padahal minum juga banyak. hihi

  7. Kulit kering memang banyak penyebabnya dan suka bikin sebel. Jadi pemakaian Bio Oil Gel ini bisa mengikat oil yang ada di dalam kulit kita dan menjadikan kulit kita lembab, ya. Itu tampak banget perubahan yang di bibir. Sebelumnya kering, setelah dipakaikan bio oil gel jadi lebih bagus bibirnya. Dan tampak lembab.

  8. Kulit kering saya kayaknya berasal dari salah penggunaan sabun mandi, deh! Memang udah waktunya ganti ke produk yang mengandung minyak. Jadi bakal nyatu kalau pakai Bio Oil Gel ya, sama-sama mengandung minyak.
    Eh ternyata bisa dipakai di bibir juga, wah komplit!

  9. Sebenarnya kulitku enggak kering-kering banget, tetapi beberapa bagian seperti siku, lutut, jari kaki biasanya mmg lebih kering.
    Nah, selama ini aku pakek yang bentuk cream tp ternyata minyaknya nggak gampang meresap, jauh kelihatan lebih light dan cepat menyatu Bio Oil ini. Dari segi harga yang worth to buy. Jadi kepengin deh

  10. Bisa buat bibir juga. Hore. Enak nih nggak cuma buat badan saja. Selama musim kemarau kulitku jadi kering banget. Sampe perih kalau habis keluar rumah. Bisa coba bio oil gel nih.

  11. Ini masih satu saudaraan sama bio oil yang minyak2 apa tu hehe. Kebetulan blm pernah makai produknya.
    Btw ternyata selain buat kulit juga bisa buat bibir yaaa, sama serbagunanya kyk minyaknya 😀
    Kebayang wanginya dan bisa melembabkan gtu jd pengen nyobain 😀

Let's write your opinion

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: