Pregnancy Story

Cerita Melahirkan Nurani

By on December 29, 2017

Assalamualaikum readers, apa kabar semua? ^_^

Alhamdulillahirabbil ‘alamin, puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah memberi rizky sekaligus amanah untukku dan suami berupa seorang putri cantik yang lahir pada 29 November 2017 pukul 12.15 di RS. Hermina Bekasi melalui proses persalinan normal yang kami beri nama Aisyah Nurani Darsono. Harapannya dia akan menjadi puteri yang sholeha seperti istri Nabi yaitu Aisya binti Abu Bakar, selalu diberi jalan yang terang, bercahaya dan baik hati.  Aamiin.

Sungguh puncak dari proses kehamilan adalah melahirkan. Dan yang paling diidam-idamkan banyak perempuan ialah bisa melahirkan melalui proses normal. Aku pun demikian. Namun sayangnya proses itu lumayan menjadi “PR” bagiku karena aku tidak mengalami mules sama sekali padahal posisi bayi sudah di jalan lahir. Rahimku sama sekali tidak ada tanda-tanda kontraksi. Dari prediksi obgyn yang mengira aku bisa melahirkan di minggu ke 38 dan keinginanku supaya bisa melahirkan tanggal 17 November nyatanya tidak bisa direalisasikan.

Dari prediksi obgyn itu aku mengambil cuti kantor sejak 6 November dengan segala planning kegiatan persiapan melahirkan. Seperti mencuci semua perlengkapan bayi yang akan digunakan kayak baju, sarung tangan dan segala perintilannya, lalu mengikuti kelas senam hamil yang emang dapet jatah 2 kali gratis dari RS Hermina Bekasi dengan mendaftar persalinan lebih awal di sana, dan tentunya memperbanyak jalan kaki serta ngepel jongkok rumah 2 lantai. Semua itu diharapkan dapat memicu kontraksi agar segera melahirkan. Tapi apa daya, dengan segala aktifitas itu nyatanya tidak memiliki dampak yang signifikan. Bahkan kalsium tambahan dari obgyn yang diberi saat week ke 38 pun tidak mempengaruhi tubuhku untuk kontraksi.

Dan tibalah tanggal 28 November 2017 dimana aku harus balik cek ke obgyn karena pas HPL (Hari Prediksi Lahir) alias 40 week sesuai perhitungan obgyn yang mirip dengan aplikasi kehamilan yang aku pakai. Setelah dicek semuanya, ternyata tetap sodara-sodara. Belum ada kontraksi apalagi pembukaan. Obgyn menyarankan untuk menunggu seminggu lagi nanti dikasih obat, tapi pas balik ditanya ke aku, gimana mirna? aku bilang aja kalau aku maunya lahiran secepetnya, induksi juga gak apa-apa. Yes aku sudah menyiapkan mental dan lagipula aku belum ngerasain mules, meski semua temen yang pernah melahirkan bilang kalau induksi itu lebih sakit ketimbang mules alami tapi dasar aku anaknya “tambeng” jadi ya sudahlah terima aja.

Continue Reading

Pregnancy Story | Review

Jadi Bumil Zaman Now Pakai Aplikasi Teman Bumil

By on December 13, 2017

Hai… Assalamualaikum..

Kehamilanku merupakan momen yang paling ditunggu, setelah penantian yang kurang lebih setahun lebih  2 bulan dan sempat mencicipi program hamil yang pernah ku tulis di postingan sebelumnya. Untuk itu aku begitu berhati-hati untuk menjalani kehamilan ini. Gak bisa dipungkiri kalau rasa khawatir sering menghampiri. Apalagi ditrimester pertama. Bukan cuma mual yang aku rasakan, tapi juga kecemasan yang kadang tiba-tiba membuatku menangis sendiri. Semua ini dikarenakan aku kurang bisa memonitoring kehamilanku dengan baik, jadinya cuma mengira-ngira saja tanpa tahu informasi yang sebenarnya. Sampai akhirnya aku memanfaatkan aplikasi kehamilan.

Kebetulan Selasa mingu lalu saat-saat tergalau lantaran kehamilanku sudah masuk HPL tapi nyatanya aku belum merasakan mules, hanya kontraksi palsu. Sebagai “Bumil Zaman Now” aku pun curhat di instastory dengan capture aplikasi hamil yang menyatakan kehamilanku sudah 40 week. Eh ga lama, banyak yang DM nanya aku pake aplikasi apa, ya aku jawab kalo aku mengandalkan aplikasi “A” saat hamil tapi sayangnya aplikasi terserbut berbayar dan menggunakan Bahasa Inggris yang kadang bikin aku sendiri gak paham. hahaha #KetawaMiris

Tentang Aplikasi Teman Bumil

Beruntung buat “Bumil Zaman Now” yang masih hamil saat ini, terutama temen-temenku yang emang lagi banyak yang hamil, hehehe. Soalnya Kamis minggu lalu (29/11) bertempat di hotel Grand Hyatt ada peluncuran aplikasi kehamilan baru bernama Teman Bumil. Aplikasi persembahan GueSehat ini sangat cocok digunakan selama memantau kehamilan daripada aplikasi sejenisnya sehingga nyaman untuk menggunakannya. Hadir pula Ajeng Raviando, Psi., sebagai Psikolog, dr Ardiansjah Dara Syahruddin (dr Dara), Sp.OG, sebagai kObgyn dan aktris Sandra Dewi sebagai Ambassador. Dokter Dara dan Ajeng ingin memastikan para bumil bahwa dukungan dan support juga bisa didapat dari para ahli seperti mereka. Sedangkan Sandra Dewi yang sedang hamil anak pertama, mengakui bahwa ibu hamil butuh teman untuk membantu menjalani kehamilan dengan lebih nyaman dan menyenangkan.

Continue Reading

Pregnancy Story | Weekly Diary

Cerita Kehamilan di Minggu ke 32

By on October 8, 2017

Assalamualaikum semua

Welcome to October 2017, welcome to 32 weeks of pregnancy. Yay !!!

Alhamdulillah selalu bersyukur dalam pencapaian per minggunya. Apa yang dirasakan sekarang sungguh penuh nikmat dari yang Kuasa. Dijalani, dinikmati, dan disyukuri karena memang ini yang dinanti. Rasanya memang campur aduk memasuki kehamilan di minggu ke 32 ini. Tapi lebih banyak senangnya sih karena di masa ini kondisiku cukup stabil. Mengingat trimester pertama, aku dihantui dengan ISK jadi baru bisa menikmati kehamilan dengan indah di trimester ke 2 dan 3. Justru di trimester ke 3 ini aku jadi banyak maunya macem kamera mirrorles dan agak mual-mual kayak orang hamil beneran, hehehe.

Continue Reading

Pregnancy Story | Review

Nyicil Perlengkapan Menyusui

By on September 17, 2017

Halo readers, Assalamualaikum ^_^

Alhamdulillah wa syukurillah kandunganku sudah masuk bulan ke 7 atau kalau berdasarkan minggu sudah ke 29 week. Senang dan gak sabar pengen lihat bayi ini terlahir. Soalnya doi suka jedag jedug dalem perut jadi penasaran kalo nanti sudah keluar apakah tingkahnya bakalan banyak macam mamak bapaknya juga, wkwkwk. Kalo tingkahnya banyak tentu asupan makanannya juga perlu banyak kali ya, secara bayi butuh energi untuk terus bergerak, tentu sumber utamanya berasal dari ASI  alias Air Susu Ibu. Jadi kalau beneran itu terjadi, aku harus mulai bersiap untuk menyusui sedari dini. Toh aku juga memiliki keinginan untuk bisa memberikan ASI Eksklusif selama 6 bulan dan dilanjutan hingga 2 tahun.

Proses menyusui itu memang tidak mudah, ya bisa dibilang gampang-gampang susah, aku pun mulai bertanya kepada teman-teman yang sudah berpengalaman, tak ketinggalan baca berbagai referensi seputar ibu menyusui. Setiap ibu memang berbeda “drama” yang dihadapi, apalagi bagi ibu menyusui yang bekerja, tentu butuh persiapan yang matang untuk bisa terus menyusui setelah berakhirnya cuti maternity. Nah untuk mencegah permasalahan yang kemungkinan bakal terjadi selama proses menyusui bagi ibu bekerja maka ibu bisa melakukan hal-hal sebagai berikut :

Continue Reading

Kuliner | Pregnancy Story | Review

Ngemil Sehat Saat Hamil dengan Mola Granola

By on September 11, 2017

Assalamualaikum semua, apa kabar ? semoga selalu sehat ya.

Siapa disini yang doyan ngemil ??? Aku yakin pasti banyak buanget yang hobinya ngemil. Ngemil sambil nonton tv, sambil nunggu macet, sambil ngobrol, sambil kerja, atau sambil kepoin instagram mba yaya dan bang hamis, hehehe. Apalagi aku yang lagi hamil, sukanya dikit-dikit ngemil soalnya kalau langsung “makan berat” rasanya perut jadi penuh dan begah. Makanya lebih suka ngemil alias snacking.

Tapi ngemil berlebihan gak baik juga buat kesehatan, apalagi kalo ngemilnya gorengan atau cookies yang manis gak ketulungan. Bisa-bisa kena hipertensi, kolesterol, diabetes, obesitas dan lainnya. Apalagi menginjak usia kandungan ke 29 minggu ini total pertambahan berat badanku sudah mencapai 10 kg. Jadi mau ngemil pun aku harus mikir lagi biar gak over control sama berat badan. Obgyn juga ngasih tahu kalau berat badan baby selalu diatas grafik dari usianya.

Belum lagi aku suka baper kalo dikatain gendutan, hehehe padahal ya sebenernya wajar sih wong lagi hamil. Tapi mau diet juga suami gak setuju. Obgyn ngasih saran lebih mengatur pola makan, dengan mengurangi porsi karbohidrat diganti dengan daging merah dan ditambah ngemil sehat seperti buah dan kacang-kacangan untuk mengatasi rasa lapar yang suka melanda. Ngomong-ngomong cemilan sehat saat hamil, kebetulan temen ngenalin aku sama Granola.

Continue Reading

Parenting | Pregnancy Story

Mengasah Kemandirian Anak Sejak Bayi

By on August 21, 2017

Assalamualaikum readers, hai hai apa kabar?

Memasuki usia kandungan 25 week tentunya banyak informasi yang banyak aku cari terutama mengenai tumbuh kembang anak. Konsentrasi untuk menyiapkan pendidikan di 1000 hari pertama kehidupan anak memicuku untuk mengetahui apa saja sih yang bisa diajarkan kepada anak agar dia bisa mandiri walaupun masih seorang bayi.

Mandiri sejak bayi

Awalnya aku sempat ragu dan merasa sebagai calon ibu yang “tega” dengan memiliki keinginan agar anak mandiri sejak bayi. Tapi toh perkembangan dunia parenting masa kini banyak mencontohkan kemandirian anak sejak dini.

Beberapa informasi yang aku dapat menyatakan bahwa bayi 5 bulan bisa mulai dilatih untuk melakukan hal-hal sederhana pada dirinya asal orang tua mampu berkomunikasi dengan baik. Komunikasi bisa dimulai sejak bayi dalam kandungan diusia 7 bulan dimana janin sudah bisa mendengar suara-suara dari luar. Untuk menstimulasinya kita bisa mengajak ngobrol sembari mengusap perut secara perlahan. Bisa juga dengan memberikan bunyi-bunyian seperti didengarkan ayat suci Al – Qur’an atau musik klasik yang konon katanya bisa mencerdaskan anak.

Continue Reading